viral marketing

Viral Marketing: Pengertian, Manfaat, & Strategi Membuatnya

Dalam era digital yang penuh gebrakan ini, salah satu tujuan paling didambakan dalam dunia pemasaran adalah menciptakan fenomena “viral.” Viral Marketing telah menjadi tonggak utama dalam strategi pemasaran, dengan kemampuan untuk menghadirkan pesan, konten, atau produk kepada jutaan orang dalam hitungan jam.

Namun, bagaimana sebenarnya kita dapat memahami dan memanfaatkan kekuatan pemasaran viral ini? Artikel ini adalah panduan eksklusif ke dalam dunia Viral Marketing, yang akan membantu Anda menjelajahi konsepnya, mengungkap rahasia dibalik kampanye sukses, dan memberikan wawasan tentang bagaimana Anda juga dapat menciptakan gelombang kesuksesan dalam strategi pemasaran Anda.

Karena banyaknya media sosial, kini masyarakat bisa dengan mudah membuat konten pemasaran yang viral. Dan ternyata hal ini bisa Anda jadikan sebagai strategi pemasaran yang disebut dengan viral marketing.

Viral marketing merupakan suatu bentuk pemasaran yang memanfaatkan teknik pemasaran untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimilikinya sehingga berdampak pada bisnis atau merek yang dimilikinya.

Namun apa yang dimaksud dengan viral marketing dan apa itu strategi viral marketing? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Viral Marketing?

Viral marketing adalah suatu teknik atau strategi pemasaran yang menyangkut kecepatan penyebaran pesan atau konten, dimana informasi ini biasanya tersebar dari mulut ke mulut. Namun kini masyarakat bisa dengan mudah menyebarkan informasi tersebut karena media sosial

Oleh karena itu, konten yang dibuat harus mampu menarik perhatian agar masyarakat mau membagikannya kepada orang lain.

Strategi ini tentunya berguna untuk meningkatkan brand awareness sekaligus popularitas bisnis online Anda.

Salah satu tip pemasaran viral yang sukses adalah fokus pada psikologi audiens daripada penjualan. Apalagi saat ini banyak orang yang dengan mudah saling berbagi informasi. Daripada berfokus pada penjualan, Anda perlu mengetahui alasan mengapa orang membagikan informasi ini daripada mencoba meyakinkan mereka untuk membeli suatu produk.

Strategi pemasaran ini juga mempunyai tujuan, adapun fungsi dari viral marketing yaitu mendorong seseorang untuk menyampaikan kembali informasi yang didapatnya tentang produk tersebut secara berkelanjutan dan berkala.

Dengan begitu, penjelasan mengenai produk yang Anda miliki dapat tersampaikan kepada audiens khususnya target konsumen. Jika konten yang dibuat sudah viral, maka tidak menutup kemungkinan produk atau jasa yang Anda miliki bisa lebih mudah populer.

Nah salah satu contoh viral marketing yang banyak diketahui orang adalah akun opticalunett yang menjadi viral karena konten yang mereka buat berkaitan dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Meskipun merek ini menjual produk kacamata, namun tidak fokus pada produknya.

Kelebihan dan Kekurangan Viral Marketing

Penerapan strategi pemasaran apa pun tidak mungkin dipisahkan dari kelebihan dan kekurangannya, dan hal yang sama berlaku untuk strategi pemasaran viral. Jika Anda menerapkan hal ini pada bisnis, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan dan kerugian, antara lain:

Kelebihan viral marketing

  1. Dapat meningkatkan kesadaran merek terhadap produk dan merek.
  2. Konsumen dapat mengundang atau merekomendasikan teman atau rekannya untuk berbelanja.
  3. Perusahaan yang menggunakan program pemasaran ini akan dipertahankan oleh konsumennya, hal ini dikarenakan konsumen sudah merasa menjadi bagian dari perusahaan tersebut.
  4. Viral marketing akan mengurangi biaya promosi karena pengiklan akan menjadi konsumen. Strategi pemasaran ini tidak akan merugikan konsumen karena konsumen merasa bukan merupakan bagian dari dunia kerja. Jadi Anda tidak perlu merasakan beban atau beban moral apa pun dengan melakukannya.

Kekurangan dari viral marketing

  1. Kemampuan penerima informasi dalam menangkap pesan, dan tidak semua konsumen mampu menerima pesan yang disampaikan dengan baik.
  2. Tidak ada ukuran, apakah strategi konten yang digunakan dapat berhasil atau tidak.

Strategi Membuat Viral Marketing untuk Bisnis Online

Atau mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara membuat viral marketing? Bagi Anda yang masih ragu dalam menentukan strategi, kami punya beberapa tips yang bisa diikuti. Yuk, simak penjelasannya.

1. Pahami Audiens

Tips penting yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah mengetahui dan memahami karakteristik audiens Anda. Mulai dari konten apa yang dicari penerimanya, format konten, hingga kata kunci yang digunakan.

Karena hampir semua media sosial saat ini menerapkan yang namanya SEO di setiap platformnya untuk memudahkan pengunjung menemukan konten.

2. Manfaatkan Tren yang Sedang Berkembang

Strategi selanjutnya adalah beradaptasi dengan tren yang sedang trending atau sedang banyak dicari orang sebagai konten promosi. Apalagi media sosial seperti TikTok ditandai dengan tren yang selalu berubah.

3. Buat Konten yang Relevan dengan Audiens

Membuat konten yang mudah dibagikan kepada banyak orang akan meningkatkan peluang penyebarannya di Internet.

Viral marketing tidak hanya menjadi populer. Kunci sukses viral marketing adalah kemampuannya membangkitkan emosi audiens.

Buatlah konten yang memiliki jalan cerita yang menarik dan menyentuh. Audiens Anda akan lebih menyukai konten Anda dan dapat membagikannya lagi.

4. Pastikan Konten Mudah Dibagikan

Karena peran audiens sangat penting dalam viral marketing, maka sangat penting untuk membuat konten yang relevan, mudah dipahami, dan mudah dibagikan.

Demikian penjelasan mengenai viral marketing.Jika Anda ingin menerapkan strategi ini, pastikan strategi tersebut dirancang dengan baik untuk memenuhi harapan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *