perbedaan seo dan sem

Perbedaan SEO dan SEM: Mana Lebih Baik untuk Bisnismu?

Apa perbedaan SEO dan SEM? Seperti yang kita ketahui bersama, Search Engine Optimization (SEO) fokus pada pengoptimalan situs website untuk mendapatkan lalu lintas / traffic berdasarkan hasil pencarian organik di mesin pencari seperti Google.

Sebaliknya, Search Engine Marketing (SEM) lefih fokus untuk menghasilkan lalu lintas kunjungan / traffic melalui hasil pencarian berbayar. Ya, SEM memang pondasinya dari SEO, akan tetapi tetap perlu didukung dengan iklan online atau PPC (Pay Per Click).

Kami sepenuhnya mengeksplorasi perbedaan antara keduanya di bawah ini.

Perbedaan SEO dan SEM

SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) adalah dua teknik pemasaran digital yang biasa digunakan untuk meningkatkan visibilitas dan lalu lintas situs web.

Meskipun keduanya bertujuan untuk mencapai hasil yang sama, yaitu meningkatkan peringkat situs web di halaman hasil pencarian, keduanya berbeda dalam strategi, taktik, dan waktu yang diperlukan untuk melihat hasilnya.

Pada artikel ini, kami akan membahas perbedaan antara SEO dan SEM secara mendetail, sehingga Anda dapat memilih strategi yang tepat untuk bisnis Anda dan memaksimalkan ROI (Return on Investment) Anda dalam pemasaran digital.

SEO vs SEM: Fitur-Fitur Utama

Penting memahami fungsi utama dari SEO dan SEM agar Anda bisa lebih memahami perbedaan antara keduanya.

Optimisasi “Search Engine” menggunakan algoritma Google untuk meningkatkan lalu lintas ke situs website Anda. Ada beberapa kategori yang harus dioptimalkan dalam mengoptimasi sebuah situs website, yaitu optimasi on-page, dan optimasi off-page.

  • On-page SEO : Anda mengoptimalkan website Anda menggunakan kata kunci yang dicari konsumen target Anda di berbagai mesin pencari seperti Google. Lalu Anda bisa memasukan kata kunci pada judul, meta description, dan tentu harus memasukkan konten yang relevan di dalamnya.
  • SEO di luar situs: SEO di luar situs berfokus untuk mendapatkan kepercayaan dari situs web lain. Salah satunya adalah mendapatkan backlink dari website berkualitas. Situs web ini ingin menyertakan tautan ke situs web Anda dalam konten mereka. Ini memaksimalkan otoritas situs web Anda.

Teknis SEO: Anda harus memastikan  Google dan Search Engine lainnya bisa mengindeks semua halaman website Anda. Semakin baik teknis SEO, semakin cepat pula proses crawling dan indexing dilakukan.

User Interaction Signals: 

Cara pengguna Internet berinteraksi dengan situs web Anda juga diperhatikan oleh Google. Saat rasio pentalan tinggi, Google dapat menurunkan situs Anda di hasil penelusuran. Alasannya karena halaman website Anda dianggap tidak memberikan jawaban atas kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.

Sebagaimana dijelaskan di atas, SEO merupakan bagian dari SEM. Namun bukan hanya terbatas pada SEO, akan tetapi juga PPC. Di sini, kami akan menjelaskan fitur-fitur utama SEM dalam hal PPC.

  • Penawaran: Iklan berbayar di hasil pencarian selalu tentang penawaran. Dengan PPC, Anda dapat fokus pada kata kunci tertentu. Jadi ketika seseorang mencari kata kunci tersebut, iklan Anda akan muncul. Semakin tinggi biaya kata kunci ini, semakin tinggi posisi iklan Anda.
  • Angka Mutu : Angka Mutu adalah metrik Google Ads yang sangat penting. Metrik ini pada dasarnya adalah cara Google untuk mengetahui apakah iklan Anda cocok dengan yang dicari seseorang. Skor gabungan ini dimulai dengan kualitas halaman landing, CTR, dan akun Google Ads Anda sendiri. Jika iklan Anda memiliki skor tinggi, Anda akan mendapatkan diskon untuk setiap klik.
  • Copywriting: Menulis salinan untuk iklan adalah bagian penting dari PPC karena semakin baik tulisannya, semakin tinggi rasio klik-tayang. Skor kualitas yang diberikan juga lebih tinggi. Di sisi lain, jika copywriting buruk, iklan Anda juga tidak akan efektif.
  • Grup Iklan dan Pengelolaan Akun: Fitur ini memungkinkan pengoptimalan yang lebih baik dari semua data akun Google Ads Anda.

SEO vs SEM: Berapa Lama Hasilnya?

Salah satu perbedaan utama antara SEO dan SEM adalah kecepatan. Bahkan, SEO memakan waktu lebih lama daripada SEM menggunakan PPC.

Proses analisis, pencarian kata kunci, pembuatan konten, penerapan dan menunggu efek akhir memakan waktu lebih lama. Sekalipun sudah waktunya untuk menempati posisi pertama, mungkin perlu beberapa tahun!

Tapi ingat, tidak semua orang seperti itu. Ada juga optimasi website yang bisa mencapai nomor satu dalam beberapa bulan. Ini semua tentang kata kunci yang dioptimalkan dan langkah yang tepat.

SEM, di sisi lain, memberikan hasil langsung. Jika Anda mulai beriklan di pagi hari, Anda dapat melihat lalu lintas dan konversi di malam hari. Cepat, bukan? Oleh karena itu, SEM jauh melampaui SEO dalam hal kecepatan mendapatkan hasil.

Di sisi lain, jika Anda memfokuskan upaya SEM Anda pada PPC, Anda dapat langsung melihat hasilnya.

SEO vs SEM: Mana yang Lebih Mahal?

Untuk mengatakan mana yang lebih mahal, mari kita lihat aspek SEO terlebih dahulu. Banyak orang mulai menerapkan strategi SEO karena dianggap gratis. Bahkan, SEO bisa dijalankan secara gratis. Tapi bisakah itu mencapai level pertama? tidak perlu.

Bahkan, dibutuhkan banyak uang, waktu dan tenaga untuk mendapatkan tempat pertama. Anda harus belajar SEO, dan kemudian jika Anda tidak ingin belajar SEO sendiri, Anda harus mempekerjakan seseorang yang ahli di dunia ini.

Lalu ada penggunaan berbagai alat berbayar, biaya bulanannya cukup besar. Semuanya perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil akhir yang positif dari SEO.

Di sisi lain, PPC dari SEM sendiri juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan dengan biaya ini, Anda harus membelanjakannya setiap bulan.

Bagaimana jika Anda berhenti membayar? Jelas, arus lalu lintas akan hilang. Tidak ada yang namanya PPC terus menerus saat Anda berhenti membayar. Dibandingkan dengan SEO, itu masih bisa mendapatkan lalu lintas, meskipun biayanya lebih murah untuk memulai.

SEO atau PPC: Mana yang Lebih Baik?

Ada beberapa kriteria yang bisa dilihat jika ingin fokus pada SEO, yaitu:

  • Tidak memiliki banyak anggaran
  • Dapat fokus pada kata kunci informatif yang berguna bagi pengguna internet
  • Mau sabar nunggu hasilnya
  • Ingin terus berusaha dalam menjalankan strategi ini

Bagi mereka yang ingin fokus pada PPC di SEM, ingatlah hal-hal berikut:

  • Memiliki jumlah anggaran yang konsisten
  • Dapat menyiapkan akun Google Ads
  • Memiliki kemampuan untuk membangun halaman arahan

Nah, dengan semua kriteria di atas, mana yang lebih baik untuk Anda, dengan segala usaha dan pengorbanan?

Kesimpulan tentang Perbedaan SEO dan SEM

Perbedaan antara SEO dan SEM terletak pada fokus dan strateginya. SEO lebih menekankan pada optimasi organik untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari, sedangkan SEM melibatkan iklan berbayar untuk mendapatkan visibilitas segera.

Dapatkan manfaat maksimal dari kombinasi SEO dan SEM untuk meningkatkan visibilitas dan hasil bisnis Anda secara keseluruhan.

Hubungi kami sekarang untuk konsultasi dan strategi pemasaran digital yang efektif!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *