Pengertian Backlink, Jenis dan Fungsi-Fungsi yang Anda di Dalamnya

Apa sih Pengertian Backlink itu? Backlink adalah sebuah link balik ke arah website yang berfungsi mengarahkan link kembali ke website Anda dari website atau blog lain. Sebuah backlink terkait erat dengan proses optimasi SEO. Backlink biasanya digunakan untuk meningkatkan trust sebuah website dengan jaringan website lainnya. Untuk mendapatkan backlink bisa dilakunan dengan menanamkan link pada saat kita berkomentar dari sebuah website lain yang relevan dengan website atau blog kita. Ini merupakan salah satu cara yang digunakan untuk penanaman backlink pada blog lain.

Backlink pertama kali dikenalkan oleh Matt cuts dan Jason shellen pada tahun 2005 untuk membantu para webmaster untuk membangun sebuah SEO yang baik. Backlink sendiri mempunyai dua jenis yaitu Nofollow dan Dofollow.

pengertian backlink

Pengertian Backlink dan Jenis-jenisnya

Backlink NoFollow

Sebuah backlink dengan tipe nofollow tidak akan di crawl oleh Google bot. Misalnya Anda sedang berkomentar pada sebuah blog atau website dengan menyisipkan link atau url yang mengarah ke website Anda atau blog lain, maka google akan melewati link tersebut untuk di index.

Backlink DoFollow

Jenis Backlink DoFollow merupakan backlink yang akan di indeks oleh google. Google bot akan mengikuti kemana arah link tersebut mengarah. Backlink DoFollow akan membantu meningkatkan Google Pr dan Alexa rank

Sebenarnya semua backlink akan terindex tetapi tidak semua backlink no follow akan terindex oleh mesin pencari di karenakan sifatnya yang NoFollow atau tidak mengikuti. Dari segi kualitas backlink DoFollow lebih unggul karena sifatnya yang mengikuti tersebut akan di indeks dan dirayapi oleh google sehingga website atau blog anda akan mengalami peningkatan rank dan trafik karena backlink DoFollow merupakan sebuah jembatan penghubung untuk bisa sampai ke blog atau website anda.

Fungsi Backlink

Backlink mempunyai beberapa fungsi berikut ini

  • Mencipatakan popularitas untuk web atau blog.
  • Meningkatkan SEO situs anda
  • Mendatangkan trafik pada situs atau blog anda
  • Meningkatkan pagerank situs anda karena banyaknya backlink yang anda sebar

Adapun cara-cara untuk meningkatkan backlink sehingga backlink anda dapat terindeks oleh google secara maksimal dan mendatangkan sejumlah fungsi-fungsi diatas. Berikut cara-caranya

  • Berkomentar di blog dengan meninggalkan backlink
  • Mendaftar di berbagai directory
  • Bertukar link

Dengan melakukan berbagai metode tersebut di atas yang juga dilakukan penyedia jasa seo bali dalam melakukan layananya, Anda akan mendapat banyak keuntungan sesuai fungsi backlink tersebut. Dengan sering menebar backlink secara konsisten pada website yang relevan dengan website Anda akan meingkatkan kepopuleran website Anda sehingga website Anda akan berpotensi untuk berada di halaman terdepan search engine.

Demikian pembahasan tentang Pengertian Backlink yang dapat aplikasikan pada website atau blog Anda dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.