strategis membangun brand awareness efektif

Panduan Strategis Membangun Brand Awareness Efektif

gimana cara panduan untuk membangun Brand Awareness ? Pernahkah Anda terpikir bagaimana sebuah brand bisa begitu dikenal luas, bahkan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari? Inilah misteri yang melibatkan konsep “Brand Awareness”.

Pada artikel ini, kita akan mengkaji konsep ini secara menyeluruh, mengeksplorasi bagaimana sebuah merek dapat menembus benak konsumen dan masyarakat secara luas.

Bagaimana kesadaran merek dapat mempengaruhi keputusan pembelian, membangun loyalitas konsumen, dan memberikan keunggulan kompetitif? Mari kita telusuri bersama untuk memahami esensi dan strategi dibalik kesuksesan sebuah brand yang dikenal banyak orang.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, kesadaran merek bukan sekedar kata-kata, namun merupakan landasan utama yang menjadikan suatu merek relevan dan terdepan.

Pemahaman mendalam mengenai cara menciptakan dan mengelola brand awareness akan menjadi kunci untuk mengangkat brand image Anda di mata konsumen.

Bagaimana perusahaan besar mencapai ketenaran yang begitu besar? Artikel ini akan mengungkap rahasia di balik kesadaran merek yang sukses dan memberikan wawasan berharga bagi mereka yang ingin memperkuat jejak merek mereka di pasar.

Memahami Brand Awareness

Brand awareness adalah tingkat kesadaran konsumen atau masyarakat terhadap suatu merek dari merek tertentu. Sederhananya, kesadaran merek mengukur sejauh mana masyarakat mengetahui suatu merek atau produk. Apakah orang-orang mengingat produk Anda saat mereka membutuhkannya?

Ketika seseorang mengetahui brand Anda, maka ketika mereka membutuhkan suatu barang, otomatis mereka akan membeli atau mencoba produk tersebut. Entah karena penasaran, karena brandingnya sukses, atau karena kualitas produknya bagus banget.

Membangun brand awareness dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari kampanye iklan, pemasangan plakat di jalan, aktif di media sosial dan masih banyak lagi.

Contoh brand awareness yang sukses bahkan bagi seluruh warga dunia adalah apa yang dilakukan Apple. Perusahaan Apple mempunyai brand awareness yang tinggi, mereka menciptakan logo yang sangat khas yaitu buah apel yang sudah digigit pada salah satu bagiannya.

Jadi ketika seseorang melihat logo ini, pikirannya pasti tertuju pada produk Apple meski tanpa branding tersebut.

Jika Apple merupakan perusahaan yang memiliki brand awareness tinggi di bidang teknologi, maka di industri kopi yang terkenal hingga ke seluruh dunia adalah Starbucks.

Dari logonya yang berwarna hijau, semua orang sudah mengetahui bahwa kopi tersebut adalah merek Starbucks. Artinya kesadaran merek konsumen terhadap merek Starbucks sangat tinggi.

 

Indikator Kesadaran Merek

Setelah mengetahui pengertiannya, kini saatnya Anda memahami indikatornya. Sama halnya dengan strategi pemasaran, kesadaran merek juga menjadi indikasi yang dapat menilai apakah upaya yang dilakukan berhasil. Berikut indikator brand awareness yang wajib Anda ketahui!

1. Tingkat pengenalan logo

Indikator kesadaran merek yang pertama adalah tingkat pengenalan logo. Logo adalah representasi visual yang mencerminkan suatu merek, perusahaan, atau organisasi. Bisa berupa animasi binatang, simbol, huruf atau kombinasinya. Seseorang yang bertugas membuat logo akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuatnya unik dan mudah diingat.

Perusahaan yang dikenal bahkan dari logonya berarti brand awareness yang diterapkannya berhasil. Masyarakat dengan mudah mengenali dan membeli produk saat mereka membutuhkannya. Contohnya seperti Starbucks dan Apple yang telah dijelaskan sebelumnya.

2. Tingkat pengenalan slogan atau tagline

Indikator kesadaran merek lainnya adalah tingkat pengenalan slogan dan slogan. Anda pernah mendengar tagline ‘Lebih dan lebih maju’. Pastinya ketika mendengar tagline atau slogan ini, Anda akan dengan mudah mengenalinya sebagai produk Yamaha.

Atau jika Anda mendengar slogan ‘Inspirasi Cantik’, maka Anda akan dengan mudah mengetahui bahwa produk ini merupakan produk Wardah. Tingkat pengenalan suatu slogan atau tagline merupakan indikator yang dapat digunakan setelah tingkat pengenalan logo.

3. Kesadaran Puncak Pikiran

Selanjutnya indikator yang dapat digunakan adalah top of mind awareness. Top of mind awareness adalah suatu kondisi dimana suatu merek atau produk menjadi hal pertama yang terpikirkan ketika menyebutkan kategori produk.

Misalnya saja jika memikirkan pasta gigi, mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia akan memikirkan merek Pepsodent. Contoh lainnya adalah ketika memikirkan kategori air mineral, mungkin yang terlintas di benak Anda adalah merek Aqua. Itulah yang disebut kesadaran pikiran atas.

4. Kehadiran media sosial

Terakhir, indikator keberhasilan brand awareness adalah kehadiran di media sosial. Brand yang memiliki banyak pengikut, banyak berinteraksi dengan konsumen dan banyak dicari di mesin pencari berarti brand tersebut berhasil melakukan upaya brand awareness.

 

Tujuan Kesadaran Merek

Belajar tentang brand awareness, Anda mungkin masih bertanya-tanya apakah tujuannya hanya untuk menyadarkan konsumen bahwa merek Anda ‘hadir’. Eh nggak hanya itu saja, berikut tujuan brand awareness yang wajib kamu ketahui.

1. Tingkatkan kepercayaan

Tujuan pertama dari kesadaran merek adalah untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Ketika kepercayaan konsumen kuat, maka Anda akan lebih mudah meningkatkan penjualan. Calon konsumen biasanya akan membeli produk yang sudah dikenal, karena produk tersebut lebih dapat dipercaya.

Tidak mengherankan jika pemasar berusaha meningkatkan kesadaran merek. Karena kenyataannya di lapangan, produk baru dengan merek yang belum dikenal sangat sulit untuk dijual.

2. Menghasilkan loyalitas konsumen

Tujuan dari kesadaran konsumen selanjutnya adalah untuk membangkitkan loyalitas. Ketika konsumen loyal terhadap suatu produk, maka mereka akan lebih mudah untuk membeli suatu produk berulang kali.

3. Dapatkan promosi dari mulut ke mulut

Dampak loyalitas konsumen yang didapat dari brand awareness adalah promosi dari mulut ke mulut. Atau mengarahkan review produk dari orang-orang yang loyal terhadap suatu produk kepada orang lain.

Misalnya saja ada orang tua yang menggunakan suatu produk, maka biasanya anggota keluarga atau orang yang datang ke rumah akan direkomendasikan untuk menggunakan produk tersebut. Dengan memberikan ulasan yang baik tentang produk.

4. Lebih mudah dalam pemasaran

Terakhir, tujuan kesadaran merek membuat pemasaran lebih mudah. Jika Anda mempunyai brand yang sudah dikenal masyarakat, maka ketika ada produk baru, mereka mungkin akan sangat antusias untuk mencobanya. Karena brand Anda sudah menjadi favorit mereka.

 

Cara MeningkatkanKesadaran Merek untuk Bisnis

Kesadaran merek sangat penting sehingga banyak pemasar berusaha meningkatkannya. Berikut cara meningkatkan brand awareness bagi bisnis.

1. Manfaatkan promosi berbayar di media sosial

Jika Anda sudah membuat konten berkualitas di media sosial namun awareness belum terbentuk, maka hal yang harus Anda lakukan adalah memanfaatkan promosi berbayar di media sosial.

Menggunakan promosi berbayar atau iklan tidak hanya selalu meningkatkan penjualan. Namun hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek.

Daripada repot pasang iklan sendiri, Anda bisa menggunakan layanan ShopKey+. ShopKey+ menyediakan layanan periklanan di Instagram dan Facebook sehingga Anda dapat lebih mudah meningkatkan brand awareness produk Anda di media sosial.

Sudah banyak testimoni peningkatan brand awareness dan penjualan dengan beriklan di media sosial melalui ShopKey+. Periklanan lebih efektif dan efisien!

2. Buat konten yang ramah

Konten yang SEO Friendly adalah konten yang dioptimasi agar mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google. Ini melibatkan sejumlah faktor teknis dan kualitatif yang bekerja sama untuk meningkatkan peringkat konten dalam hasil pencarian.

Identifikasi kata kunci yang relevan dengan topik konten Anda. Gunakan alat pencarian kata kunci untuk menemukan kata kunci dengan volume pencarian yang baik dan persaingan yang sesuai.

3. Berpartisipasilah dalam acara

​​Berpartisipasi dalam event atau acara tertentu bisa menjadi strategi efektif untuk meningkatkan brand awareness Anda. Acara memberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan pemirsa Anda.

Hal ini memungkinkan Anda membangun hubungan pribadi, mengajukan pertanyaan, dan memberikan penjelasan lebih lanjut tentang produk atau layanan Anda.

Dengan hadir secara fisik maupun virtual di sebuah acara, Anda bisa mengekspos brand Anda ke banyak orang sekaligus. Logo, spanduk, dan materi promosi lainnya dapat ditempatkan di tempat yang strategis agar dapat dilihat oleh peserta acara. Anda bisa mengikuti acara sosial, kemerdekaan, pemerintahan, sponsor acara dan lain sebagainya.

Nah berikut pengertian, indikator, tujuan dan cara perbaikannya. Setelah mengetahui pentingnya brand awareness, kini saatnya Anda meningkatkan iklan di media sosial dengan ShopKey+ sekarang juga!

Kesimpulan : Strategis Membangun Brand Awareness

Memperkenalkan dan memperkuat brand awareness merupakan sebuah langkah strategis yang tidak bisa diabaikan begitu saja dalam dunia bisnis yang terus bergerak maju. Artikel ini telah mengkaji secara mendalam konsep “Brand Awareness” dan strategi efektif untuk membangunnya.

Memahami bagaimana sebuah merek dapat tumbuh menjadi entitas yang diakui adalah kunci untuk menciptakan dampak positif dan memenangkan hati konsumen.

Dalam menghadapi persaingan bisnis yang ketat, berinvestasi dalam mengembangkan kesadaran merek dapat menjadi pendorong utama kesuksesan jangka panjang.

Sebagai mitra dalam membangun dan mengelola brand awareness, kami sebagai penyedia jasa pembuatan website  di bali berpengalaman siap membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda.

Layanan kami meliputi pembuatan situs web yang dirancang khusus untuk memperkuat identitas merek Anda, optimasi SEO untuk meningkatkan visibilitas online, dan integrasi strategis dengan media sosial.

Kami tidak hanya menawarkan solusi teknis, namun juga berkomitmen untuk membangun pengalaman pengguna yang menarik dan relevan. Hubungi kami sekarang untuk mendiskusikan bagaimana kami dapat menjadi bagian dari perjalanan Anda dalam membangun kesadaran merek yang kuat dan berkesan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *