10 Cara Meminta Testimoni ke Pelanggan !

Bagaimana cara meminta surat rekomendasi dari klien? Anda dapat meminta surat rekomendasi dari setiap klien dalam beberapa cara. Bisnis ini berhubungan langsung dengan cara Anda berkomunikasi dengan pelanggan, sehingga mereka dengan senang hati melakukannya. Lihat informasi lebih lanjut tentang desain web Bali di bawah ini agar Anda dapat memahaminya dengan lebih baik.

Cara Meminta Testimoni ke Pelanggan

Total ada 10 cara untuk meminta testimoni ke pelanggan. Masing-masing cara menggunakan langkah yang berbeda-beda. Tentu saja, Anda harus memahami setiap metode untuk memilih yang paling cocok.

1. Minta Pada Waktu yang Tepat

Kapan waktu yang tepat? Paling tepat adalah pada saat pelanggan telah mendapatkan manfaat dari produk atau layanan Anda yang mereka gunakan. Jadi mereka lebih dari senang untuk memberikan kesaksian. Juga, akhir musim bisa menjadi pilihan yang tepat. Ketika akhir kuartal tiba, laporan rekomendasi dapat digunakan untuk melaporkan kepada manajemen.

2. Lebih Baik Manual atau Otomatis?

Anda dapat menggunakan opsi mengirimkan permintaan testimoni secara manual atau otomatis. Semuanya tergantung dari kebutuhan Anda sendiri. Jika jumlah konsumen termasuk banyak, maka mereka dapat menggunakan fungsi otomatis. Namun, jika Anda ingin memberi konsumen rasa yang lebih dekat, pendekatan manual jauh lebih bijaksana.

3. Gunakan Hadiah

Banyak konsumen yang malas mengisi testimoni karena mereka merasa tidak akan mendapatkan benefit apa-apa. Situasi ini dapat diubah dengan memberi mereka hadiah. Berikan gift card atau hadiah lain yang menurut Anda akan menarik bagi konsumen sehingga mereka dapat menawarkan referral.

4. Berikan Beberapa Opsi

Ada beberapa opsi testimoni yang dapat diberikan kepada konsumen agar mereka dapat memilih sesuai keinginan. Misalnya menulis 2-3 paragraf, membuat video di media sosial, atau wawancara langsung dengan tim. Semua pilihan yang tersedia dapat dicoba dan dihadirkan kepada konsumen sehingga mereka dapat melihat sisi menarik dari penawaran rekomendasi ini.

5. Gunakan Pertanyaan Simple Namun Berkesan

Apa saja pertanyaan simple yang dimaksud di sini? Contohnya Anda bertanya, “Apa alasan yang membuat Anda menggunakan produk kami?”.Itu juga bisa berupa pertanyaan seperti “Bagaimana pengalaman Anda dengan produk kami?”

Pertanyaan seperti ini dapat menghadirkan kesan bagus dari sisi jawaban konsumen sehingga testimoni yang mereka berikan lebih berkesan lagi.

6. Ada Laman Website Khusus Testimoni

Siapkan laman website khusus untuk menaruh testimoni dari setiap konsumen. Hal ini dapat membuat konsumen lebih bersedia memberikan testimoni seperti yang ditampilkan di website bisnis Anda. Menarik, bukan?

7. Meminta Referral

Ya, meminta referral setelah mendapatkan testimoni positif dari konsumen sangat bisa dilakukan. Anda dapat meminta konsumen untuk merekomendasikan atau merekomendasikan seseorang yang dapat menggunakan produk tersebut. Hanya dengan $3, Anda bisa mendapatkan lebih banyak penjualan.

8. Backlink

Backlink yang dimaksud di sini dapat digunakan oleh Anda dengan memasukkan akun media sosial atau website dari konsumen sendiri. Hal ini sangat membantu untuk semakin memperkuat otentisitas dan kredibilitas testimonial.

9. Berikan Opsi Testimoni Lebih Pendek

Terkadang ada saja konsumen yang memberikan testimoni terlalu panjang. Sebaiknya Anda memberikan beberapa syarat untuk mengisi testimoni, seperti maksimal 240 karakter atau dapat menggunakan emoji untuk menggambarkan pengalaman mereka terhadap produk tersebut.

10. Buat Email yang Lebih Personal

Membuat permintaan testimoni melalui email dengan lebih personal dapat Anda pilih. Misalnya, dengan memasukkan nama konsumen di dalamnya dan menyebutkan produk yang mereka gunakan. Hal ini dapat membuat konsumen lebih bersedia mengirimkan rekomendasi karena merasa diperhatikan.

Berikut penjelasan cara meminta surat referensi dari klien. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Bali Web Design hadir hari ini untuk membantu bisnis Anda berkembang secara online dengan memanfaatkan strategi pemasaran digital terbaik dan tepercaya.Hubungi Bali Web Design untuk membuka peluang bisnis secara tepat dan efektif sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *