Jika Anda ingin menentukan berapa banyak pemirsa yang terlibat dengan konten atau posting Instagram, maka Anda perlu tahu cara memeriksa tingkat keterlibatan akun Instagram Anda.
Engagement rate di instagram mengacu pada angka rata-rata dari berbagai interaksi audience dengan postingan Anda seperti comments, likes, post saves, dan shares.Tingkat keterlibatan dapat menunjukkan seberapa sukses strategi pemasaran Instagram Anda dalam terhubung dengan audiens Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengawasi tingkat keterlibatan akun Instagram Anda.
Di sini, kami telah memberikan informasi tentang beberapa cara Anda dapat memeriksa tingkat keterlibatan akun Instagram Anda.
Cara Cek dan Menghitung Engagement Rate Instagram
1. Menggunakan Rumus Engagement Rate
Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui engagement rate akun Instagram adalah dengan menghitungnya secara manual menggunakan rumus engagement rate.
Tingkat keterlibatan dapat dihitung dengan menjumlahkan jumlah total interaksi yang didapat postingan dan membaginya dengan jumlah pengikut Anda. Kemudian, kalikan hasil bagi dengan 100 untuk mendapatkan nilai persentase.
Contoh:
ER = (400 likes + 20 comments) / 2,500 followers x 100
ER = 16.8%
Pada contoh di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa postingan tersebut memiliki engagement rate sebesar 16.8%.
Anda dapat membandingkan tingkat keterlibatan untuk setiap posting nanti untuk melihat jenis konten apa yang paling disukai audiens Anda.
Perlu Anda ketahui juga bahwa membagi jumlah interaksi dengan jumlah pengikut hanyalah salah satu dari banyak rumus untuk menghitung tingkat keterlibatan lainnya.
2. Menggunakan Tools Social Media Management
Sebagai alternatif dari menghitung manual engagement rate dari setiap postingan, Anda juga dapat menggunakan berbagai tools social media marketing untuk mengetahui besaran engagement rate dari akun Instagram Anda.
Beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk menentukan tingkat keterlibatan akun Instagram Anda adalah Social Blade dan Phlanx. Dengan kedua alat tersebut, Anda hanya perlu memasukkan nama pengguna akun Instagram Anda atau akun Instagram pesaing Anda.
Setelah memasukkan nama pengguna Anda, alat yang Anda gunakan akan menampilkan data kunci dari akun Anda, seperti jumlah pengikut, rata-rata suka dan komentar yang diterima per posting, termasuk tingkat keterlibatan akun.
Konklusi
Demikian beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk cek atau menghitung engagement rate akun Instagram Anda.Keterlibatan Instagram adalah metrik yang sangat penting untuk mengukur efektivitas posting organik dan berbayar Anda di Instagram.
Informasi atau data terkait keterlibatan ini dapat digunakan untuk mengatur ulang atau meningkatkan strategi pemasaran Instagram Anda di masa mendatang.
Jika Anda memerlukan bantuan pemasaran Instagram untuk bisnis Anda, Meson siap membantu dengan layanan manajemen pemasaran media sosial kami.
Meson adalah agensi digital Jakarta dengan pengalaman merancang dan menjalankan strategi pemasaran Instagram untuk berbagai bisnis di semua industri.