Apa itu Backlink? dan Seberapa Penting Untuk SEO?

Apa itu Backlink dan seberapa penting backlink untuk SEO website Anda? Tidak ada habisnya jika kita membahas tentang internet, banyak sekali hal – hal apapun yang dapat di bahas mengenai internet. Entah itu mengenai website, jenis-jenis website, Blog, SEO, dan lain sebagainya. Salah satu hal yang jarang di dengar di internet oleh kebanyakan masyarakat yakni Backlink. Apa itu Backlink, manfaat dan fungsi-fungsinya, serta apa saja jenis – jenis backlink tersebut? Nah, untuk menjawab semua itu, mari kita bahas mengenai Backlink.

Sebelum kita masuk ke pokok bahasan tentang apa itu backlink, mari kita memahami hal dasar dari Backlink terusebut, yaitu sebuah link yang mengarahkan seseorang atau pengunjung pada situs website atau blog kita dari situs lain. Dengan kata lainnya, backlink ini ialah sebuah tautan link yang mampu meningkatkan posisi SERP di Google. Jumlah Backlink yang dipunyai situs merupakan nilai popularitas dari situs tersebut.

apa itu backlink

Apa itu Backlink dan Manfaat yang didapat dari Backlink?

  • Mampu Memberikan Pondasi yang Kuat
  • Dapat Meningkatkan posisi SERP
  • Dapat Mengecilkan alexa rank
  • Mampu Mempertahankan Rangking Blog
  • Membangun otoritas sebuah situs Blog

Secara umum, Backlink dapat dibedakan menjadi 4 macam, yakni :

1# One Way Backlink

One Way Backlink terjadi apabila blog A memasang sebuah link untuk menuju ke blog B. Ini pun berarti jika blog B mempunyai satu inbound link. Link satu arah tersebut lah yang paling mampu diandalkan untuk membuat suatu search engine agar melirik blog kita. Jika suatu blog mempunyai banyak link seperti itu maka, Google pun juga akan menganggap blog itu merupakan sebuah blog yang berkualitas.

2# Two Way Backlink

Link dua arah atau Two Way Backlink ini dapat membuat kita bertukar link. Misalnya, Blog A memasang link untuk menuju blog B, sedangkan blog B tersebut juga memasang link untuk menuju blog A. Link dua arah ini pun dapat dikatakan menguntungkan bagi kita, namun bisa juga merugikan. Ketika dua buah blog yang memiliki kualitas yang imbang (PageRank) maka itu tidak akan terjadi masalah.

3# Three Way Backlink

Khusus untuk link yang satu ini, mungkin kebanyakan dari Anda belum pernah melakukannya. Pada Three Way Backlink tersebut prosesnya ialah apabila blog A dan blog B merupakan milik dari satu orang, contohnya seperti si D. Si D ini meminta kepada pemilik blog C agar memasangkan sebuah link untuk menuju ke blog A dan B, dan untuk gantinya si D tersebut memasang juga sebuah link untuk menuju ke blog C.

4# Links Ring

Hal tersebut terjadi apabila empat situs blog atau lebih, saling memasang kan sebuah link dengan cara berurutan. Misalnya Blog A memasang sebuah link untuk menuju ke blog B, blog B ini memasang link untuk ke blog C, blog C tersebut memasang link untuk ke blog D dan akhirnya blog D tersebut pun juga memasangkan sebuah link untuk kembali ke blog A.

Cara Membuat Sebuah Backlink :

Membuat sebuah Backlink tidakah sulit, jika Anda memakai platform blogging misalnya seperti blogger, wordpress, dll. Anda dapat membuat sebuah backlink yang langsung bisa di menu postingan. Jadi, Anda tidak dibuat repot untuk membuat sebuah backlink. Berikut ini, beberapa kode HTML yang wajib Anda ketahui untuk membangun backlink.

<b><a href=”http://www.domainanda.com”>Kata Kunci</a></b>
<a href=”http://www.domainanda.com”>Kata Kunci</a>
<a href=”http://www.domainanda.com” title=”Kata Kunci” rel=”nofollow”>Kata Kunci</a>
<a href=”http://www.domainanda.com” title=”Kata Kunci”>Kata Kunci</a>

Khusus untuk Anda yang sedang mencari penyedia jasa seo bali, Anda bisa menggunakan layanan kami untuk membantu mengoptimasi website bisnis Anda. Segera konsultasikan kebutuhan promosi Anda kepaka kami.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.