Mobile Friendly Sangat Penting Untuk Website Anda? Ketahui 8 Alasan Berikut ini

Sudahkah website bisnis Anda mobile friendly? Ketika Anda membaca tulisan di website, artinya kemungkinan besar Anda akan atau sedang terjun di bisnis internet. Internet menawarkan peluang ekspansi bisnis yang menjanjikan. Satu hal yang wajib Anda miliki sebagai faktor modal utama yaitu website. Apakah dengan memiliki website saja sudah cukup? Tentu tidak. Yan peru diperhatikan adalah Website Anda harus mobile friendly.

Website mobile friendly berbeda dengan website website mobile (tanpa kata ‘friendly’). Kedua website ini jika dibandingkan memang sama-sama bisa diakses dari perangkat mobile. Hal utama yang akan membedakan yaitu website dengan mobile-friendly memiliki alamat yang sama dengan website versi desktopnya, sementara website mobile yaitu website akan berbeda dari website ‘utama’ Anda.

mobile friendly

Oleh karena itu, website mobile friendly dipilih dikarenakan lebih ringkas, artinya Anda tidak harus memiliki dua versi website (desktop & mobile) untuk dapat diakses dengan baik dari kedua jenis perangkat tersebut. Sehingga secara sederhana dapat disimpulkan bahwa website mobile friendly akan menjamin tampilan website sempurna pada seluruh perangkat mobile ataupun desktop tanpa harus melupakan kemudahan dalam mengaksesnya.

Kami menyarankan Anda memiliki website mobile friendly karena akan ada banyak keuntungan yang belum pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Berikut 8 alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Website Mobile Friendly.

1. Penggunaan Perangkat Mobile sedang Meningkat

Alasan pertama mengapa Anda harus memiliki website yang mobile-friendly adalah penggunaan piranti mobile saat ini sedang meningkat. Popularitas mobile saat ini sangat tinggi. Di Indonesia pengguna internet yang datang dari smartphone melebihi dari pengguna desktop. Angka ini terus tumbuh sangat pesat. Perhatikan di sekitar Anda, bahkan hampir semua menggunakan smartphone. Nah, inilah pangsa pasar potensial bagi website mobile friendly Anda, dan kami yakin Anda tidak akan menyia-nyiakan peluang ini.

2. Tren Belanja Online sedang Berlangsung

Belanja online pun saat ini sedang tren karena lebih mudan dan praktis. Anda hanya perlu membuka websitenya dari smartphone, memilih barang, lakukan pembayaran, lalu barang akan dikirim langsung ke rumah Anda. Dari hasil statistik PewInternet.org, lebih dari 80% pengguna menggunakan smartphone untuk melakukan transaksi online. Ketika mereka belanja ke toko pada hari libur, 70% user tetap menggunakan smartphone dan biasanya mereka hanya sekedar mencari informasi. Jika Anda memiliki sebuah website yang mobile friendly, bisa jadi website Anda yang akan diakses mereka.

3. Media Sosial Menjaring Pengunjung Mobile

Ke mana pengunjung akun media sosial Anda harus diarahkan? Anda perlu mengarahkan visitor social media Anda ke website yang sudah mobile friendly. Saat ini lebih dari 55% penggunaan media sosial dilakukan dari pada perangkat mobile. Ketika mereka mengakses link website yang Anda share menggunakan smartphone, maka akan dihitung sebagai visitor mobile. Jangan sia-siakan peluang ini karena mereka bisa jadi langsung akan keluar ketika desain website Anda belum responsive.

4. Website Mobile-Friendly Turut Menaikkan Peringkat di Mesin Pencari

Traffic yang masuk ke website Anda dapat menaikkan peringkat website Anda pada mesin pencari. Bagaimana bisa terjadi? Ketika website Anda memiliki hanya satu URL, pengunjung dari smartphone tetap dihitung sebagai visitor website Anda. Selain itu, website yang mobile friendly akan membuat Anda up-to-date dengan algoritma search engine terbaru, sehingga website Anda bisa tampil lebih baik di search engine.

5. Tampil di Perangkat Mobile & Desktop dengan Baik

Dengan website mobile friendly yang dapat ditampilkan sempurna di semua perangkat, mobile dan desktop maka hal ini akan meningkatkan trust. Tampilan yang menarik akan memberikan pengalaman pengunjung lebih baik bagi visitor website Anda.

6. Lebih Mudah Mengurus Satu Website

Menggunakan website yang responsive artinya Anda cukup mengurus satu website. Ya, hanya satu website untuk semua device karena dapat ditampilkan pada perangkat apapun dengan baik. Tentunya hal ini berbeda dengan website mobile.

7. Pengalaman Pengguna Lebih Baik

Website mobile friendly menawarkan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. Pengunjung tidak perlu melakukan zoom in, zoom out, atau menggeser ke kanan atau ke kiri untuk mendapatkan informasi pada website mobile friendly Anda. Hasilnya, pengalaman pengunjung yang baik ini bisa meningkatkan konversi website dan mengurangi rasio bounce rate.

8. Smartphone Digunakan dalam Aktivitas Apapun

Ini terkait dengan trend pengguna smartphone yang meningkat sangat tajam dalam kurun waktu belakangan ini. Saat ini orang-orang cenderung memiliki kecenderungan menggunakan smartphone untuk aktivitas apapun. Ketika sedang nongkrong dengan teman misal, sesekali mereka terdiam dan asik menggunakan smartphone masing-masing. Mengapa tidak memanfaatkan hal ini untuk mempermudah dalam bisnis Anda? Kemungkinan saja mereka malah mengakses website mobile friendly Anda, dan bukan yang lain.Jadi sangat menguntungkan bukan.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk meredesign website Anda, Bali Web Design bisa membantu Anda.

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.