cara mengubah whatsapp ke akun bisnis dengan praktis

Cara Mengubah WhatsApp ke Akun Bisnis dengan Praktis

Apakah Anda memiliki bisnis yang sedang berkembang dan ingin menjalin komunikasi yang lebih efisien dengan pelanggan Anda? Pertanyaan ini muncul ketika kita mempertimbangkan langkah-langkah untuk mengoptimalkan penggunaan WhatsApp sebagai alat komunikasi bisnis.

Mengubah WhatsApp menjadi akun bisnis bisa menjadi keputusan strategis untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan profesionalisme dalam berinteraksi dengan pelanggan.

Sebagai penyedia jasa pembuatan website berpengalaman, kami tidak hanya memberikan pertanyaan, namun juga memberikan solusi untuk merancang dan mengintegrasikan fitur akun WhatsApp bisnis di website Anda.

Bagaimana kita dapat memanfaatkan potensi WhatsApp sebagai platform komunikasi yang lebih efektif dan terstruktur untuk bisnis kita?

Pada artikel kali ini kita akan membahas langkah-langkah mengubah WhatsApp menjadi akun bisnis dan manfaat yang bisa didapat dari perubahan tersebut.

Mulai dari menambahkan informasi bisnis hingga fitur pesan otomatis, kami akan memandu Anda melalui proses ini dengan tujuan memberikan panduan praktis bagi pemilik bisnis yang ingin meningkatkan kualitas komunikasi melalui WhatsApp.

Sebagai mitra dalam pengembangan online, tim kami siap membantu Anda mengintegrasikan fitur WhatsApp bisnis ke situs web Anda, membuka peluang untuk meningkatkan keterlibatan dan mendukung pertumbuhan bisnis Anda dengan lebih baik.

Bagaimana cara ganti whatsapp ke akun bisnis ?

1. Cadangkan Semua Obrolan dan Data Penting WhatsApp

Sebelum mengubah WhatsApp menjadi akun bisnis, backup terlebih dahulu seluruh chat dan data penting di aplikasi WhatsApp biasa yang Anda gunakan. Langkah ini penting dilakukan jika tidak ingin data atau chat penting terhapus saat berganti akun. Bagi Anda yang belum mengetahui caranya, Anda bisa melihat tutorial backup chat WhatsApp pada artikel sebelumnya.

Proses backup membutuhkan waktu, lamanya proses backup tergantung dari banyaknya data yang perlu dibackup. Begini caranya agar tidak ada chat dan data yang terhapus.

  • Buka aplikasi WA Messenger, kemudian masuk ke Menu Settings (Pengaturan).
  • Pilih menu Chat, lalu scroll untuk mencari opsi Chat Back Up.
  • Pilih Chat Back Up, setelah itu ketuk Back Up Now (Cadangkan Sekarang).
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Data dan obrolan berhasil dicadangkan.

Sebelum melakukan backup, pastikan smartphone Anda masih memiliki banyak ruang penyimpanan. Anda juga dapat memilih data apa yang akan dicadangkan. Jika tidak ingin terlalu besar, ambil saja opsi backup chat, tidak perlu menyertakan media seperti foto dan video.

Tidak perlu menghapus aplikasi WA biasa. Anda tetap dapat menggunakannya di perangkat yang sama namun dengan nomor berbeda.

2. Unduh Aplikasi WhatsApp Business

Setelah melakukan backup pesan, langkah selanjutnya untuk mengubah WhatsApp biasa menjadi akun bisnis adalah dengan mendownload aplikasi WhatsApp Business. Perlu diketahui, ini adalah aplikasi tersendiri karena berbeda dengan versi biasa.

WA Business dapat diunduh baik melalui perangkat berbasis iOS (App Store) maupun Android (Play Store) yang sedang Anda gunakan. Ukurannya pun tidak terlalu besar sehingga dipastikan tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan di ponsel Anda.

Nantinya jika aplikasi WA Business berhasil diunduh, tap untuk masuk ke aplikasi tersebut. Setelah itu akan ditampilkan ketentuan penggunaan layanan di WhatsApp Business. Mungkin terlihat sepele, namun ada baiknya dibaca terlebih dahulu sebelum memberikan persetujuan

Kebanyakan pengguna yang baru beralih ke akun bisnis belum memahami kondisi dan layanan dalam aplikasi. Sehingga Anda merasa bingung bagaimana cara menggunakannya untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Lanjutkan pemberian persetujuan dengan tap “Setuju dan Lanjutkan” untuk melanjutkan proses setelah Anda selesai membacanya. Pastikan Anda memahami layanan WhatsApp Business.

3. Daftarkan Nomor Telepon Khusus Bisnis

Setelah WhatsApp Business terinstall, langkah selanjutnya adalah mendaftar dengan mendaftarkan nomor telepon yang sebelumnya digunakan di WA biasa.

Berapapun nomor yang ingin digunakan, pastikan kartu SIM sudah tertanam di perangkat yang sudah terinstall WhatsApp Business agar prosesnya lebih cepat. Jika kartu SIM dipasang di perangkat lain, nomor ponsel perlu dimasukkan secara manual termasuk kode negaranya.

Pastikan kode negara sudah benar, jika di Indonesia maka pilih +62. Pastikan sinyal seluler bagus karena nantinya WhatsApp Business akan mengirimkan kode OTP melalui SMS atau panggilan telepon untuk memverifikasi pengguna.

Setelah mendapatkan kode OTP, langsung masukkan dan usahakan jangan memberitahu pihak lain karena bersifat rahasia. Proses verifikasi telah berhasil dilakukan. Anda tidak dapat menggunakan nomor ini secara bersamaan di WhatsApp Messenger versi (reguler).

4. Buat Akun kemudian Lengkapi Profil Bisnis

Setelah verifikasi nomor ponsel berhasil dilakukan, Anda dapat mengembalikan data yang telah dibackup sebelumnya. Hal ini berlaku jika Anda menggunakan nomor pribadi lalu menggunakannya kembali untuk akun bisnis.

Sebelum melengkapi profil, pulihkan dulu data dari cadangan. Proses ini memerlukan waktu untuk menyesuaikan jumlah data yang dicadangkan. Jika Anda menyertakan video, proses pemulihan mungkin memerlukan waktu lebih lama.

Jika Anda sudah selesai memulihkan data, Anda dapat melanjutkan prosesnya dengan melengkapi profil WhatsApp Business Anda. Dengan menggunakan WhatsApp Business, profil akun bisnis dapat digambarkan lebih maksimal. Pasalnya, dibandingkan WA versi biasa, WhatsApp Business memiliki batasan karakter yang lebih banyak untuk penulisan deskripsi profil perusahaan.

Selain fitur-fitur tersebut, WhatsApp Business juga menyediakan banyak fitur lain yang dapat menunjang operasional bisnis. Beberapa di antaranya menyertakan fitur balasan otomatis atau katalog.

5. Aktifkan Fitur Balas Pesan Otomatis dan Atur Isi Pesannya

Setelah berhasil mengubah WhatsApp biasa menjadi akun bisnis, cobalah menguji beberapa fitur penting di dalamnya. Salah satu fitur untuk memudahkan komunikasi dengan pelanggan adalah auto reply atau membalas pesan secara otomatis.

Fitur WA Business ini bisa diandalkan, karena membantu merespons pesan lebih cepat, terutama di luar jam operasional. Jenis pesan otomatis berikut ini dapat digunakan untuk membalas chat pelanggan.

  • Greeting Message. Fungsinya untuk memberikan sapaan atau salam kepada customer. Pesan ini muncul ketika pertama kali customer mengakses profil bisnis Anda.
  • Away Message. Fungsinya untuk memberitahukan customer bahwa layanan konsumen saat ini masih tidak tersedia karena sedang istirahat ataupun di luar jam operasional. Pesan otomatis ini sengaja dibuat dengan harapan customer mau menunggu.
  • Quick Reply. Fungsinya untuk membalas pesan konsumen lebih cepat apabila mereka memasukkan kata kunci tertentu.

Atur balasan pesan otomatis sesuai kebutuhan. Sebagai referensi, Anda bisa menggunakan template wording auto reply yang telah kami buat pada artikel sebelumnya.

Kemudian untuk mengaturnya, Anda tinggal masuk ke menu Business Settings lalu aktifkan fitur tersebut. Setting pesan otomatis itu sangat penting, karena tidak selamanya Anda selalu membalas chat dari pelanggan selama 24 jam bukan?

6. Akun WhatsApp Bisnis Siap Digunakan

Selesai. Akun WhatsApp Business siap digunakan untuk menjangkau pelanggan secara lebih profesional. Coba uji apakah tampilan dan fiturnya sesuai atau belum dengan kebutuhan bisnis Anda, mulai dari pengecekan balasan pesan otomatis, profil perusahaan dan layanan lainnya.

Akun bisnis biasa sangat efektif jika digunakan untuk perusahaan skala kecil karena jumlah pelanggannya tidak terlalu banyak. Namun, jika pelanggannya banyak sehingga sulit membalas pesan, sebaiknya beralih ke WhatsApp Business API.

Manfaat Menggunakan WhatsApp API untuk Bisnis

WhatsApp Business API merupakan aplikasi WhatsApp pendukung bisnis berbasis website yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih efektif dan efisien. Manfaat untuk layanan pelanggan antara lain sebagai berikut.

  • Meminimalisir percakapan langsung dengan pelanggan menggunakan fitur chat bot.
  • Broadcast tanpa terkena banned.
  • Broadcast dapat menyesuaikan target konsumen.
  • Data konsumen tersimpan secara otomatis.
  • Lebih mudah mengelompokkan customer berdasarkan kategori atau label tertentu.

WhatsApp Business API merupakan layanan berbayar yang cocok untuk bisnis skala menengah hingga besar. Selain memiliki banyak manfaat untuk menunjang kebutuhan perusahaan, juga memungkinkan bisnis Anda mendapatkan centang hijau atau tanda verifikasi untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Untuk mendapatkan akses, Anda dapat menghubungi WhatsApp Business Solution Provider (BSP) resmi seperti ShopKey. Layanan berlangganan ShopKey WABA bisa didapatkan mulai dari 375 ribu hingga 1,1 juta rupiah per bulannya.

ShopKey merupakan penyedia terpercaya yang dapat membantu menjawab kebutuhan bisnis Anda, salah satunya melalui WABA untuk memudahkan layanan pelanggan. Jadi tunggu apa lagi, yuk diskusikan kebutuhan bisnismu sekarang bersama ShopKey!

Kesimpulan: Mengubah WhatsApp ke Akun Bisnis

Optimalisasi WhatsApp sebagai alat komunikasi bisnis melalui transformasi ke akun bisnis membuka peluang baru untuk meningkatkan interaksi dan memperkuat profesionalisme dalam bisnis.

Artikel ini telah membahas langkah-langkah praktis untuk mengubah WhatsApp menjadi akun bisnis, memberikan panduan berguna bagi pemilik bisnis yang ingin meningkatkan kualitas komunikasi mereka.

Sebagai penyedia layanan jasa pembuatan website berpengalaman di bali, kami memahami bahwa website bukan sekadar wajah online, namun juga alat strategis untuk meningkatkan efisiensi komunikasi bisnis Anda melalui integrasi fitur WhatsApp bisnis yang tepat.

Penawaran Layanan: Kami mengundang Anda untuk bermitra dengan kami dalam mengoptimalkan penggunaan WhatsApp untuk bisnis melalui situs web yang dirancang khusus.

Layanan kami meliputi integrasi fitur WhatsApp bisnis, desain responsif, dan pengembangan fungsionalitas yang mendukung komunikasi lebih efektif dengan pelanggan.

Hubungi kami sekarang untuk konsultasi gratis dan temukan bagaimana situs web yang dioptimalkan dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan bisnis Anda.

Dengan dukungan kami, ciptakan situs web yang tidak hanya menarik perhatian, namun juga secara strategis membantu Anda memanfaatkan potensi penuh alat komunikasi bisnis seperti WhatsApp.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *