Apa Itu Marketing Online? dan Bagaimana Mengukur Efektivitas Kinerjanya?

Banya klien saya yang menanyakan tenang Apa Itu Marketing Online? Seberapa jauh kinerja dan efektivitas marketing online untuk bisnis Anda? Website dan social media menjadi marketing tool yang sudah sangat terbukti banyak digunakan baik oleh individu, institusi swasta, organisasi dan bahkan pemerintahan. Harapannya menggunakan media ini adalah untuk dapat memberikan dampak yang positif, baik secara image (citra), partisipasi juga untuk peningkatan omzet. Masalah yang kemudian mundul adalah, sudahkah marketing online yang Anda lakukan tersebut terukur?

apa itu marketing online

Apa Itu Marketing Online dan Bagaimana Mengukur Efektivitas Kinerjanya?

Banyak yang ketika saya tanya tentang target marketing online, ternyata hanya bertujuan untuk meningkatkan omzet. Yang terpenting adalah penjualan meningkat dan dapat banyak uang. Sesederhana itu kah? Banyak yang ketika ditanya tentang apakah ada alat ukur untuk menentukan kesuksesan sebuah marketing online? Ternyata banyak yang tidak memilikinya. Dan disinilah yang biasa disebut sebagai prasangka belaka. Seharusnya ketika Anda melakukan marketing online, Anda harus memiliki alat-alat yang logis dan dapat dijadikan evaluasi.

Berikut beberapa alat ukur dari yang sederhana hingga yang canggih.

Nomor Telepon Berbeda

Secara offline mungkin Anda memiliki nomor telpon yang sudah dikenal masyarakat, maka untuk marketing online maka sediakan nomor berbeda. Tujuannya adalah agar ketahuan darimana komunikasi itu berasal. Setelah setahun Anda dapat monitor incoming dan outgoing call atau komunikasi lain seperti SMS, WhatsApp dan lainnya. Jika lalu lintas komunikasinya banyak, maka bisa di simpulkan marketing online tersebut berhasil.

Alamat Email Berbeda

Cantumkan email berbeda pada materi marketing online Anda. Setiap komunikasi melalui email berbeda adalah hasil marketing online. Teruslah berkomunikasi menggunakan email berbeda tersebut. Jika ada komunikasi melalui email berbeda maka marketing online dapat disimpulkan membawa hasil.

Catatan

Tugaskan seseorang secara khusus untuk menangani komunikasi pelanggan baru dari online. Setiap transaksi yang datang ke toko offline Anda, tanyakan dari mana tahu tentang toko Anda. Bila perlu buat pembukuan berbeda atas hasil marketing online tersebut.

Gunakan Google Analytics

Google memiliki satu layanan analisis yang komprehensif yang sistemnya mampu melacak aktivitas pengguna pada website Anda. Dalam hitungan menit, Google Analytics dapat memberitahukan kepada Anda tentang jumlah kunjungan website Anda, demografi pengguna, bagaimana mereka sampai ke website Anda, serta berapa lama mereka mengakses serta mendownload konten website Anda. Jika semakin lama jumlah kunjungan website Anda meningkat, maka bisa dianggap marketing online membawa hasil.

Klout Score

Website klout.com ini akan mengukur kemampuan Anda dan mendorong untuk melakukan tindakan dalam jaringan sosial serta dapat meningkatkan ketenaran di dunia nyata. Klout akan memberitahukan berapa banyak audience yang dapat Anda pengaruhi, serta seberapa banyak Anda mampu mempengaruhi dan pengaruh dalam jaringan seluruh platform social media Anda. Anda dapat memonitor akun FB, Twitter, Instagram, LinkedIn, Foursquare dan Google+. Cukup lengkap untuk dapat merekam aktivitas marketing online Anda.

Pertanyaan tentang Apa Itu Marketing Online dan cara mengukur kinerjanya bisa dilihat dari pembahasan tersebut di atas yang merupakan alat ukur marketing online yang bisa Anda lakukan dari tingkatan yang sederhana hingga canggih serta dapat terukur secara digital. Semoga Anda bisa mengoptimalkan marketing online Anda. Bali web Design menyediakan berbagai layanan terkait dengan Jasa Pembuatan website hingga promosi bisnis Anda.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.