Apa itu Komunikasi Pemasaran (MarCom)? Pada dasarnya, komunikasi pemasaran merupakan ilmu yang penting dan kompleks dalam menjalankan strategi pemasaran bisnis atau perusahaan. MarCom dapat digambarkan sebagai semua informasi dan media yang digunakan bisnis untuk berkomunikasi dengan pasar.
Komunikasi pemasaran meliputi periklanan, pemasaran langsung, branding, pengemasan, pemasaran online, iklan cetak, kampanye PR, presentasi penjualan, sponsor, pameran dagang, dan banyak lagi.
Mari mengenai konsep dasar marketing communication dan informasi penting lainnya bersama Bali Web Design di bawah ini.
Tujuan Marketing Communication
Marketing communication memiliki dua tujuan. Salah satunya adalah menciptakan dan mempertahankan permintaan dan minat produk. Yang kedua adalah memperpendek siklus penjualan dan memungkinkan konsumen untuk segera membeli. Berikut penjelasannya.
1. Menciptakan minat produk
Menciptakan minat produk seringkali menjadi usaha jangka panjang yang menggunakan berbagai channel pemasaran untuk membantu memposisikan produk atau perusahaan Anda di pikiran target konsumen.
Memposisikan dan membangun merek membutuhkan waktu dan membutuhkan tingkat konsistensi yang tinggi. Tidak hanya dalam hal komunikasi, tetapi juga elemen inti lainnya seperti produk, harga dan distribusi. Untuk itu komunikasi pemasaran perlu dilakukan dengan komitmen yang kuat dari perusahaan.
Ingat, menciptakan minat produk dengan membangun merek dapat memengaruhi pangsa pasar, keuntungan, dan bahkan memungkinkan Anda menjangkau calon karyawan. Komunikasi pemasaran telah terbukti memberikan nilai jangka panjang bagi bisnis.
2. Memperpendek siklus penjualan
Mempersingkat siklus penjualan berarti membantu tenaga penjualan Anda mengidentifikasi, melibatkan, dan mengirimkan produk kepada konsumen. Memahami proses pembelian konsumen menjadi informasi penting tentang bagaimana memperpendek siklus penjualan.
Proses yang dilalui seorang pembeli saat membeli suatu produk cukup panjang. Melalui riset pasar dan diskusi dengan departemen penjualan, departemen MarCom harus menentukan bagaimana hal itu dapat membantu mempercepat proses.
Misalnya dalam penggunaan teknologi tinggi untuk menjual produk terbaru. Sebagai proses awal, siklus penjualan harus memberikan banyak informasi kepada konsumen tentang barang tersebut. MarCom harus memenuhi kebutuhan informasi ini dengan berfokus pada produksi, pengemasan, dan komunikasi kepada pembeli selama proses pengadaan.
Pada akhirnya, keterampilan komunikasi yang digunakan untuk memperpendek siklus penjualan harus lebih taktis daripada yang digunakan untuk membangun merek. Namun, strategi Anda untuk mencapai dua tujuan MarCom harus seimbang. Jika tidak, tujuan perencanaan Anda tidak akan terlalu kuat jika hanya satu tujuan yang diprioritaskan. d Anda harus bekerja sama dengan departemen penjualan dan departemen lain yang berhubungan langsung dengan konsumen untuk mencapai keseimbangan ini.
Di atas adalah deskripsi singkat tentang komunikasi pemasaran. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda untuk memahami apa itu komunikasi pemasaran. Bali Web Design hadir hari ini untuk membantu bisnis Anda berkembang secara online dengan memanfaatkan strategi pemasaran digital terbaik dan tepercaya. Hubungi Bali Web Design untuk membuka peluang bisnis secara tepat dan efektif sekarang juga.