cara kerja dan tips menyiasati algoritma tiktok

Cara Kerja dan Tips Menyiasati Algoritma Tiktok Bisnis Anda

Tiktok merupakan platform media sosial yang saat ini sedang digandrungi oleh anak muda. Hingga September 2021 saja, Tiktok sudah mencapai 1 miliar pengguna. Ini adalah angka yang luar biasa, jadi dalam strategi pemasaran Anda, Anda harus mempertimbangkan TikTok sebagai salah satu saluran pemasaran digital Anda.

Untuk melakukannya, pelajari cara kerja algoritme TikTok agar konten video Anda sering ditampilkan di garis waktu audiens target merek/bisnis Anda.

Algoritme TikTok agak membingungkan karena di timeline, Anda tidak bisa begitu saja melihat video kreatif orang yang Anda ikuti.

Mengingat TikTok mulai berpotensi menarik lebih banyak pelanggan, memahami algoritma TikTok akan sangat membantu mencapai tujuan KPI social media marketing yang diinginkan. Soalnya, algoritma rekomendasi konten TikTok agak rumit. Beberapa konten yang terlihat kurang berkualitas secara visual telah menjadi viral di TikTok.

Di sisi lain, beberapa konten terlihat sangat bagus dan menjanjikan, namun gagal mendapatkan like dan komentar yang tinggi.

Bagaimana Cara Kerja dan Tips Menyiasati Algoritma Tiktok Bisnis Anda?

Lalu bagaimana sebenarnya TikTok memilih video untuk ditampilkan kepada para penggunanya?

Algoritma TikTok pada dasarnya menggunakan sistem jejaring sosial terbuka. Dalam sistem ini, pengguna dapat melihat berbagai unggahan yang direkomendasikan dari pengguna lain, asalkan tidak disetel ke pribadi.

contoh home tiktok
Tab For You TikTok

Ada dua jenis tab yang disediakan oleh TikTok. Tab pertama adalah Ikuti, di mana pengguna dapat melihat berbagai postingan dari orang yang mereka ikuti.

Yang kedua adalah tab FYP (For You Page), yang berisi video-video kreatif yang telah di-tweak sesuai keinginan Anda.

Penentu Rekomendasi Video di Home TikTok

1. Pengaturan Akun

Ingat apa yang Anda lakukan saat mendaftarkan akun di TikTok? Anda diminta untuk memilih topik yang Anda suka.

Nah, di sini, TikTok merekomendasikan berbagai video tentang topik tersebut.

Jika Anda merasa tidak ada variasi video yang cocok dengan preferensi Anda, kemungkinan Anda telah memilih preferensi tersebut secara acak, yang memengaruhi saran TikTok untuk Anda.

2. Interaksi Pengguna

Pengaturan akun awal bukan satu-satunya yang memengaruhi rekomendasi video di feed FYP. Di atas panggung, ada hal lain yang sangat penting, yaitu video yang dikomentari, disukai, dan dibagikan.

Misalnya, jika pengguna sering menyukai video tentang mobil, halaman FYP pengguna akan diisi dengan TikTok terkait mobil. Skemanya mirip dengan algoritma browsing di Instagram, dimana pengguna akan melihat foto dan video yang sesuai dengan yang mereka suka.

Selain dua tag tersebut, TikTok juga memiliki halaman hashtag. Di sana, pengguna juga bisa menonton video berdasarkan tag yang mereka gunakan. Semakin banyak suka dan dilihat, semakin tinggi unggahan di halaman tagar.

Bahkan lebih unik dari TikTok, pengguna juga dapat mencari melalui filter untuk posting paling populer. Jika pengguna melihat postingan di FYP mereka dan mengklik filter, pengguna akan melihat berbagai orang yang menggunakan filter tersebut.

3. Tingkat Penyelesaian

Tentu saja, algoritma rekomendasi konten TikTok dirancang untuk menyediakan konten yang disukai pengguna.

Untuk mencapai hal tersebut, TikTok juga mempertimbangkan tingkat penyelesaian video sebagai salah satu pertimbangan kualitas konten. Semakin banyak pengguna menonton video hingga selesai, semakin menarik, semakin besar peluang video untuk mendapatkan dampak yang lebih besar.

Melihat sistem algoritma yang digunakan TikTok, tidak mengherankan jika banyak perusahaan menggunakan jejaring sosial ini untuk mempromosikan bisnisnya.

Selain itu, perusahaan-perusahaan ini dapat menggunakan AR (augmented reality) dan filter untuk membuat kampanye menjadi viral.

Kiat untuk Menyesuaikan Strategi dengan Algoritma TikTok

Algoritma TikTok tentunya akan terus mengalami perubahan dan peningkatan agar mampu menyajikan konten yang relevan bagi para penggunanya.

Oleh karena itu, tidak ada formula baku untuk mengadaptasi strategi pemasaran TikTok dan algoritma TikTok. Namun, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar TikTok memprioritaskan konten di akun Anda.

1. Buat akun TikTok Pro

TikTok menawarkan dua akun pro, yaitu akun kreator dan akun bisnis.

Memiliki akun pro tidak langsung memasukkan video Anda ke FYP. Namun, memiliki akun profesional tetap penting untuk menyesuaikan strategi konten Anda dengan algoritme TikTok.

Pasalnya, dengan memiliki akun pro, Anda bisa mengakses metrik dan insight yang bisa sangat membantu dalam meningkatkan strategi pemasaran TikTok Anda.

Mengetahui siapa audiens Anda, kapan mereka aktif, dan jenis konten apa yang mereka minati penting untuk mengetahui apakah akan membuat konten viral.

2. Posting secara konsisten

Banyak yang berpendapat bahwa membanjiri umpan TikTok Anda dengan banyak konten adalah ide yang bagus.

Namun, sebagian orang menganggap bahwa berbagi 1-2 kali sehari sebenarnya sudah cukup.

Pertimbangkan bahwa TikTok adalah platform media sosial yang popularitasnya masih terus meningkat. Gunakan platform ini sebagai alat untuk mencoba konten video baru untuk melihat bagaimana reaksi audiens Anda.

Melakukannya dapat membantu Anda membangun akun TikTok yang populer jika Anda melakukannya secara konsisten.

3. Berinteraksi dengan TikTokers

21% pengguna TikTok merasa merasa lebih dekat dengan merek yang meninggalkan komentar di postingan akun lain.

Selain itu, interaksi pengguna juga menjadi salah satu pertimbangan algoritma rekomendasi TikTok.

Selain membalas komentar, TikTok menawarkan banyak fitur lain yang bisa Anda gunakan untuk berinteraksi dengan pengikut Anda, seperti Duets dan Stitch.

4. Buat konten yang bisa mendapatkan tingkat penyelesaian yang tinggi

Video dengan durasi lebih pendek (10-15 detik) rata-rata akan memiliki performa yang lebih baik di platform ini karena tingkat penyelesaiannya cenderung lebih tinggi.

Video pendek dan pemirsa akan menontonnya sampai selesai, yang merupakan sinyal bagus untuk algoritma rekomendasi TikTok.

Kesimpulan Cara Kerja dan Tips Menyiasati Algoritma Tiktok Bisnis Anda

TikTok adalah salah satu platform media sosial yang memiliki potensi besar untuk bisnis Anda. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda, Anda harus melihat saluran pemasaran apa yang dapat Anda gunakan untuk mencapai tujuan Anda.

Namun, menjadi terkenal di TikTok membutuhkan banyak waktu dan kreativitas.

TikTok lebih sulit dioperasikan dibandingkan media sosial lainnya seperti Instagram dan Facebook. TikTok membutuhkan selera video yang bagus, dan algoritme sebenarnya agak sulit dipahami.

Selain itu, untuk bisa membuat kampanye populer di TikTok, Anda juga harus bersaing dengan jutaan pembuat video yang sudah memiliki banyak pengikut.

TikTok sendiri mengusung sisi yang lebih playful dalam unggahannya dibandingkan dengan Instagram yang lebih mengutamakan estetika visual. Postingan yang disukai biasanya berisi cerita yang kreatif, lucu, atau humoris.

Hashtag dan kutipan yang Anda gunakan juga penting untuk meningkatkan kesadaran merek dan potensi untuk dilihat oleh banyak orang.

Anda tidak perlu khawatir tentang perubahan waktu dan perubahan di media sosial. Jika Anda ingin menjalankan saluran seperti pemasaran TikTok, Anda dapat menghubungi kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *