Cara Kerja dan Tips Menyiasatinya

Algoritma TikTok

Tiktok merupakan salah satu platform media sosial yang saat ini sedang digandrungi oleh anak muda.

Hingga September 2021 saja, Tiktok telah mencapai 1 miliar pengguna.

Ini adalah angka yang luar biasa, jadi dalam strategi pemasaran Anda, Anda harus mempertimbangkan TikTok sebagai salah satu saluran pemasaran digital Anda.

Untuk melakukannya, pelajari cara kerja algoritme TikTok sehingga konten video Anda sering ditampilkan di linimasa audiens target merek/bisnis Anda.

Algoritma TikTok agak membingungkan karena di timeline, Anda tidak bisa hanya melihat video kreatif dari orang yang Anda ikuti.

Mengingat TikTok mulai memiliki potensi untuk menarik lebih banyak pelanggan, memahami algoritma TikTok akan sangat membantu mencapai tujuan./KPI social media marketing yang diinginkan.

Masalahnya, algoritme rekomendasi konten TikTok agak rumit. Beberapa konten yang secara visual terlihat kurang berkualitas menjadi viral di TikTok.

Di sisi lain, beberapa konten terlihat sangat bagus dan menjanjikan, tetapi gagal mendapatkan suka dan komentar yang tinggi.

Bagaimana Cara Kerja Algoritma TikTok?

Lalu bagaimana sebenarnya cara TikTok memilih sebuah video agar ditampilkan ke para user-nya?

Algoritma TikTok pada dasarnya menggunakan sistem open social network. Dalam sistem ini, pengguna dapat melihat berbagai unggahan yang direkomendasikan dari pengguna lain, selama tidak disetel ke pribadi.

Contoh home TikTok
Tab For You TikTok

Ada dua jenis tab yang diberikan oleh TikTok. Tab pertama adalah Follow, dimana pengguna dapat melihat berbagai postingan dari orang yang mereka ikuti.

Yang kedua adalah tab FYP (For You Page), yang berisi video kreatif yang telah di-tweak sesuai keinginan Anda.

Faktor Penentu Rekomendasi Video pada Home TikTok

1. Pengaturan Akun

Ingatkah apa yang Anda lakukan pada saat mendaftarkan akun di TikTok? Anda diminta untuk memilih apa saja topik yang disukai.

Nah, di sini, TikTok merekomendasikan berbagai video untuk topik tersebut.

Jika Anda merasa tidak ada variasi video yang sesuai dengan preferensi Anda, kemungkinan Anda telah memilih preferensi tersebut secara acak, yang berdampak pada saran TikTok kepada Anda.

2. User Interaction

Pengaturan pada akun di awal bukan satu-satunya yang berpengaruh pada rekomendasi video di feed FYP. Di atas panggung, ada hal lain yang sangat berpengaruh, yaitu video yang dikomentari, disukai, dan dibagikan.

Misalnya, jika pengguna sering menyukai video tentang mobil, halaman FYP pengguna akan diisi dengan TikToks terkait mobil.Skemanya mirip dengan menjelajahi algoritma di Instagram, di mana pengguna akan melihat foto dan video yang sesuai dengan apa yang mereka sukai.

Selain dua tag tersebut, TikTok juga memiliki halaman tagar. Di sana, pengguna juga dapat menonton video berdasarkan tag yang mereka gunakan.Semakin banyak suka dan tampilan, semakin tinggi unggahan di halaman tagar.

Bahkan lebih unik dari TikTok, pengguna juga dapat mencari melalui filter untuk unggahan paling populer.Jika pengguna melihat unggahan di FYP mereka dan mengklik filter, pengguna akan melihat berbagai orang yang menggunakan filter itu.

3. Completion Rates

Tentu saja, algoritme rekomendasi konten TikTok dirancang untuk memberi pengguna konten yang mereka sukai.

Untuk mencapainya, TikTok juga mempertimbangkan tingkat penyelesaian video sebagai salah satu pertimbangan kualitas konten.Semakin banyak pengguna yang menonton video hingga selesai, semakin menarik, semakin besar peluang video tersebut mendapatkan dampak yang lebih besar.

Melihat sistem algoritme yang digunakan TikTok, tidak mengherankan jika banyak perusahaan menggunakan jejaring sosial ini untuk mempromosikan bisnis mereka.

Selain itu, perusahaan-perusahaan ini dapat menggunakan AR (augmented reality) dan filter untuk membuat kampanye menjadi viral.

Tips Menyesuaikan Strategi dengan Algoritma TikTok

Algoritma TikTok tentunya akan terus mengalami perubahan dan penyempurnaan agar mampu menghadirkan konten yang relevan kepada penggunanya.

Oleh karena itu, tidak ada formula pasti untuk mengadaptasi strategi pemasaran TikTok dan algoritma TikTok. Namun, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat TikTok memprioritaskan konten di akun Anda.

1. Membuat akun TikTok Pro

TikTok menawarkan dua akun pro yaitu untuk para creator dan akun bisnis.

Memiliki akun pro tidak langsung memasukkan video Anda ke FYP. Namun, memiliki akun profesional tetap penting untuk menyesuaikan strategi konten Anda dengan algoritme TikTok.

Ini karena dengan memiliki akun pro, Anda dapat mengakses metrik dan wawasan yang sangat membantu dalam meningkatkan strategi pemasaran TikTok Anda.

Mengetahui siapa audiens Anda, kapan mereka aktif, dan jenis konten apa yang mereka minati penting untuk mengetahui apakah akan membuat konten viral.

2. Posting secara konsisten

Banyak yang berpendapat bahwa membanjiri TikTok feed Anda dengan konten yang sebanyak-banyaknya adalah ide yang baik.

Namun, beberapa orang berpikir bahwa berbagi 1-2 kali sehari sebenarnya sudah cukup.

Pertimbangkan bahwa TikTok adalah platform media sosial yang masih tumbuh dalam konteks popularitasnya. Jadikan platform ini sebagai alat untuk mencoba konten video baru guna melihat bagaimana reaksi audiens Anda.

Melakukannya dapat membantu Anda membangun akun TikTok yang populer jika Anda melakukannya secara konsisten.

3. Berinteraksi dengan TikTokers

21% TikTokers berpendapat bahwa mereka merasa lebih dekat dengan brand yang meninggalkan komentar pada postingan akun lain.

Selain itu, interaksi pengguna juga menjadi salah satu pertimbangan algoritma rekomendasi TikTok.

Selain membalas komentar, TikTok menawarkan banyak fitur lain yang dapat Anda gunakan untuk berinteraksi dengan pengikut Anda, seperti Duets dan Stitch.

4. Buat konten yang bisa mendapatkan completion rate tinggi

Video dengan durasi yang lebih pendek (10-15 detik) secara rata-rata akan memiliki performa yang lebih baik pada platform ini karena completion rate-nya akan cenderung lebih tinggi.

Videonya pendek dan penonton akan menontonnya sampai habis, yang merupakan sinyal bagus untuk algoritme rekomendasi TikTok.

Konklusi

TikTok adalah salah satu platform media sosial yang amat potensial untuk bisnis Anda.Jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda, Anda harus melihat saluran pemasaran apa yang dapat Anda gunakan untuk mencapai tujuan Anda.

Namun, menjadi terkenal di TikTok membutuhkan banyak waktu dan kreativitas.

TikTok lebih sulit dioperasikan daripada media sosial lain seperti Instagram dan Facebook. TikTok membutuhkan selera video yang bagus, dan algoritme sebenarnya agak sulit dipahami.

Selain itu, untuk dapat membuat kampanye populer di TikTok, Anda juga harus bersaing dengan jutaan pembuat video yang sudah memiliki banyak pengikut.

TikTok sendiri mengusung sisi yang lebih playful dalam unggahannya dibandingkan Instagram yang mengutamakan estetika visual. Postingan yang disukai biasanya berisi cerita yang kreatif, lucu, atau lucu.

Tagar dan kutipan yang Anda gunakan juga penting untuk meningkatkan kesadaran merek dan potensi untuk dilihat oleh banyak orang.

Anda tidak perlu khawatir dengan perubahan zaman dan perkembangan di media sosial. Jika Anda ingin menjalankan saluran seperti pemasaran TikTok, Anda dapat menghubungi Meson Digital Agency.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.