Laris Berdagang dengan Memanfaatkan YouTube Channel

Sebagai seorang entrepreneur menggunakan YouTube Channel yang hingga saat ini masih dipahami banyak pihak merupakan hal yang sulit menjadi  proses yang perlu pertimbangan. Di USA sendiri hanya 9% UMKM yang sudah memiliki akun YouTube dan digunakan secara aktif untuk membantu pertumbuhan bisnis mereka.

Jika kita menggabungkan statistik tersebut dengan sebuah fakta bahwa YouTube mampu menjangkau orang dengan usia 18-34 dan 18-39 tahun lebih banyak dibandingkan dengan tv langganan manapun di USA. Dan cukup mengherankan bahwa tidak ada entrepreneur membanjiri pasar potensial tersebut.

youTube channel

Platform YouTube sampai saat ini masih belum banyak digeluti dalam dunia ecommerse, meski sepertiga pengguna internet aktif di platform tersebut. Jadi jika Anda memulai lebih awal bisa memberikan keuntungan lebih besar dibandingkan dengan pesaing Anda.

Berikut Cara Membuat YouTube Channel Untuk Membantu Bisnis Anda Tumbuh Lebih Cepat.

1# Buatlah Akun YouTube

Buat akun YouTube adalah suatu langkah mudah. Saat kita membuat akun YouTube dengan tujuan bisnis ecommerse, maka kita akan dihadapkan dengan dua pilihan: Apakah membuatnya dengan account google yang sudah ada ataukan mulai semuanya dari awal.

Jika pilihannya menggunakan account google yang sudah ada, silahkan Anda langsung masuk ke halaman YouTube dan klik tombol “sign in” yang ada di bagian pojok kanan atas. Setelah masuk, pilih menu “setting”. Di halaman ini, Anda bisa mengakses informasi akun Anda. Pilih “create a Channel” di sebelah email Anda.

Pada langkah ini Anda akan dihadapkan dengan pilihan apakah membuat akun personal atau akun YouTube bisnis. Untuk memastikannya gunakan YouTube sebagai tool bisnis, tekan atau pilih “use a business or other name” dan lengkapi informasi detilenya.

Selanjutnya Anda diminta memilih tipe bisnis dari account YouTube Anda. Lalu account akan dibuat dan langsung bisa digunakan.

2# Desain yang menarik YouTube Channel Anda

YouTube Channel merupakan jelmaan dari toko Anda, jadi sangat penting untuk tampil dengan desain yang menarik, profesional, dan menyenangkan sebagai cerminan bisnis Anda.

Ada dua aspek penting yang perlu diperhatikan dari desain YouTube Channel yang harusnya jadi pemikiran Anda, yaitu Channel art dan Channel icon.

Channel art merupakan fitur desain utama yang mirip seperti foto cover Facebook. Saat Anda mendesain Channel art, Anda seharusnya  mengacu pada merek Anda atau lingkup niche.

Menampilkan gambar yang ukurannya lebih kecil dari Channel art. Ini akan sangat tepat disini dengan logo Anda.

Bagi yang masih belum percaya diri denan membuat desain sendiri, bisa menggunakan jasa desain grafis kami.

3# Buatlah Konten Video Menarik Pada YouTube Channel

Membuat video bisa menjadi aktifitas yang menyenangkan, dan ini akan membuka kesempatan bagi Anda untuk menampilkan konten kepada pelanggan potensial Anda. Namun yang perlu diingaat bahwa konten video Anda harus mempunyai tujuan utama seperti, meningkatkan brand Anda, mempromosikan produk / layanan Anda, dan tentunya membantu bisnis Anda lebih berkembang.

Jika Anda membuat video promosi untuk produk / layanan terbaru Anda, tunjukkan kepada visitor kegunaan produk tersebut. Anda dapat membuat konten video yang aspirasional dan memperlihatkan kepada orang bagaimana hidup mereka dapat lebih baik jika menggunakan produk Anda.

Jangan lupa pelajari keberadaan pesaing Anda di YouTube Channel, dan analisa tiap video yang mereka buat. Periksa kesuksesan setiap video mereka, dan fokus pada bagaimana cara membuat konten video yang lebih baik. Setelah membuat video dan mempublikasikannya di YouTube Channel, review dan analisa performa video-video Anda.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.