optimalkan interaksi whatsapp business api untuk bisnis

Optimalkan Interaksi: WhatsApp Business API untuk Bisnis

Pernahkah Anda memikirkan sejauh mana WhatsApp bisa menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kinerja bisnis Anda? Di era komunikasi yang semakin digital, penggunaan WhatsApp sebagai saluran bisnis tidak lagi sebatas pesan pribadi.

Pertanyaannya sekarang adalah, sejauh mana Anda memahami potensi WhatsApp Business API untuk membawa bisnis Anda ke level berikutnya? Artikel ini akan membahas secara mendalam kelebihan dan strategi efektif “Using WhatsApp Business API for Business” sebagai langkah cerdas menuju interaksi dengan pelanggan yang lebih efisien dan terukur.

WhatsApp Business API membuka peluang baru dalam berkomunikasi dengan pelanggan, namun bagaimana kita bisa memanfaatkannya secara optimal? Dari otomatisasi pesan hingga peningkatan layanan pelanggan, artikel ini akan memberikan wawasan komprehensif tentang cara mengintegrasikan WhatsApp Business API ke dalam strategi bisnis Anda.

Dengan fokus pada efisiensi dan personalisasi, langkah ini dapat membantu mengoptimalkan interaksi pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan pada gilirannya, meningkatkan kesuksesan bisnis secara keseluruhan.

Cara Menggunakan WhatsApp Business API untuk Bisnis

1. Siapkan nomor WhatsApp khusus perusahaan

Salah satu kelebihan menggunakan WhatsApp API adalah Anda dapat menggunakan satu nomor perusahaan saja untuk berbagai chat berbeda. Oleh karena itu, sebelum mendaftar menggunakan aplikasi ini, sebaiknya siapkan nomor khusus perusahaan, agar pesan bisnis dan pesan pribadi tidak tercampur dan lebih mudah diatur.

2. Pilih Penyedia Solusi Bisnis Terbaik

Jika Anda ingin menggunakan WhatsApp API untuk bisnis, langkah selanjutnya adalah mendaftar ke WhatsApp Business Solution Provider (BSP) resmi di Indonesia. Berbeda dengan WhatsApp Business biasa yang bisa diunduh secara gratis karena umumnya WhatsApp API dilengkapi dengan fitur-fitur khas dari Penyedia Solusi Bisnis.

WhatsApp Business API (WABA) dari ShopKey Chat misalnya, dilengkapi dengan fitur Hotkeys yang memungkinkan Anda mengetahui dan mengirimkan biaya pengiriman dengan mudah dan cepat.

Selain itu WABA juga dilengkapi dengan webstore yang dapat menjadi katalog online produk Anda dan dapat diakses oleh agen-agen yang bekerja pada Anda.

3. Verifikasi Manajer Bisnis Facebook

Salah satu platform yang wajib Anda miliki ketika ingin menggunakan WhatsApp API adalah Facebook Business Manager. Dengan platform ini, Anda tidak hanya bisa mengakses WhatsApp API, tapi juga mengelola iklan di Facebook dan Instagram.

Namun untuk mendapatkan verifikasi ini ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Pertama, bisnis Anda tidak boleh termasuk dalam bisnis yang ditentukan oleh Facebook, seperti bisnis narkoba atau bisnis kencan.

Kedua, Anda harus mengirimkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses verifikasi, seperti nama perusahaan, website resmi perusahaan, email dan TDP, SIUP atau dokumen sah lainnya.

Proses verifikasi ini memakan waktu 10-14 hari kerja. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ShopKey akan membantu melakukan proses verifikasi ini.

4. Masuk menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang diberikan

Setelah proses verifikasi selesai, Anda dapat login menggunakan username dan password yang diberikan. Kemudian jelajahi aplikasinya agar Anda dapat menggunakannya dengan lebih nyaman dan aman. Jangan lupa untuk mengganti username dan password aplikasi ini sesuai keinginan anda.

5. Buat pengaturan khusus

Ada beberapa fitur WhatsApp API yang perlu disesuaikan secara khusus dengan kebutuhan perusahaan. Misalnya jam buka layanan, pesan balasan otomatis, aktivasi survei skor kepuasan pelanggan (CSAT), pengaturan chabot dan jenis pengaturan alokasi agen.

Dalam hal ini, pastikan Anda mengatur akun WhatsApp Business API (WABA) sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Misalnya dengan membuat pesan balasan otomatis yang sesuai dengan gaya bahasa perusahaan, hingga jumlah agen yang dapat mengakses aplikasi ini.

Perlu diingat bahwa pengaturan ini hanya dapat diakses melalui tampilan dashboard supervisor, sehingga dashboard untuk supervisor sering kali berbeda dengan dashboard untuk agen.

6. Latih karyawan untuk menggunakan aplikasi ini

Setelah berhasil membuat template pesan, kini saatnya Anda melatih tim admin di perusahaan Anda untuk menggunakan aplikasi ini. Ada beberapa hal yang perlu Anda sampaikan kepada mereka, seperti cara mengirim pesan template, cara mengirim pesan siaran, dan cara menambahkan hashtag pada setiap pesan pelanggan.

Dalam hal ini Anda juga tidak perlu khawatir. Sebab, ShopKey sebagai Penyedia Solusi Bisnis akan membantu Anda untuk melatih karyawan dalam menggunakan aplikasi ini. Caranya mudah, Anda cukup membuka website goshopkey.com dan klik ikon WhatsApp di kanan bawah.

7. Aplikasi siap digunakan

Jika proses pembekalan dan pelatihan penggunaan aplikasi oleh karyawan sudah selesai, kini saatnya Anda menggunakan aplikasi WhatsApp Business API. Jangan lupa untuk menghubungkan akun WhatsApp Business Anda dengan media sosial dan aplikasi online marketplace lainnya, agar pelanggan dapat dengan mudah menghubungi perusahaan Anda ketika perlu membeli sesuatu atau memberikan kritik dan saran.

8. Manfaatkan fitur tag dengan baik

Dengan menggunakan WhatsApp Business API (WABA) dari ShopKey Chat, Anda dapat “menempelkan” 100 tag ke setiap pesan pelanggan. Tag ini berguna untuk mengelompokkan pesan dari pelanggan tersebut.

Misalnya, seorang pelanggan menyampaikan keluhan mengenai masalah teknis pada suatu pembelian. Jika Anda hanya dapat menggunakan 1 tag, maka Anda hanya dapat menggunakan tag #complaint, sehingga pesan dari pelanggan hanya masuk dalam kategori keluhan umum.

Namun jika Anda dapat menggunakan 100 tag, Anda dapat menggunakan #complaint, #technical,dan #purchase sekaligus. Artinya, Anda dapat lebih mudah mengetahui berapa banyak pelanggan yang mengeluhkan masalah teknis pembelian dan mengambil keputusan perbaikan berdasarkan pesan-pesan tersebut.

9. Manfaatkan data pesan dengan baik

Keunggulan utama WhatsApp Business API adalah Anda bisa mendapatkan wawasan dari pesan pelanggan melalui dashboard laporan. Di menu laporan ini, Anda bisa mengetahui berapa banyak pesan yang masuk setiap bulannya, apa temanya, dari mana pelanggan mengirimkannya dan lain sebagainya.

Data seperti ini bisa Anda jadikan bahan untuk mempersiapkan keputusan perusahaan di masa depan. Misalnya saja untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat, mengetahui permasalahan pada layanan perusahaan yang perlu diperbaiki, mengetahui kinerja agen atau tim admin dan lain sebagainya.

Data yang tersedia pada WhatsApp API akan membuat kinerja admin dan tim pemasaran perusahaan Anda lebih terukur, sehingga target perusahaan kedepannya dapat ditetapkan dengan lebih baik.

Tingkatkan Penjualan dengan WhatsApp Business API ShopKey

Inovasi terbaru dari WhatsApp ini dapat digunakan oleh bisnis dari sektor apa pun, mulai dari fashion dan barang konsumsi hingga perbankan. Sebab, aplikasi ini tidak hanya dapat menghubungkan Anda dengan pelanggan namun juga partner, sehingga cocok digunakan jika perusahaan Anda bekerjasama dengan banyak partner, baik distributor maupun agen pemasaran di lapangan.

Dapatkan aplikasi ini dengan mudah dan legal melalui WhatsApp Business API dari ShopKey! Dapatkan 1.000 percakapan gratis dengan pelanggan setiap hari, webstore khusus perusahaan Anda dan berbagai fitur menarik dengan menggunakan WhatsApp API melalui ShopKey! .

Kesimpulan: WhatsApp Business API untuk Bisnis

Dengan berbagai kemajuan dalam dunia komunikasi bisnis, penggunaan WhatsApp Business API menjadi strategi yang sangat relevan untuk mengoptimalkan interaksi dengan pelanggan.

Dari otomatisasi pesan hingga personalisasi layanan pelanggan, langkah ini bukan hanya suatu keharusan, namun merupakan investasi cerdas untuk kesuksesan bisnis Anda.

Dengan memanfaatkan potensi WhatsApp Business API, komunikasi yang lebih efisien, peningkatan kepuasan pelanggan, dan pada akhirnya pertumbuhan bisnis yang signifikan dapat tercapai.

Sebagai penyedia jasa pembuatan website di bali berpengalaman, kami memahami betapa pentingnya mengintegrasikan teknologi terkini dalam strategi bisnis.

Layanan kami mencakup penerapan WhatsApp Business API ke dalam desain situs web Anda, memastikan bahwa bisnis Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya fitur-fitur canggih ini.

Dengan pendekatan yang berfokus pada kebutuhan unik bisnis Anda, kami siap membantu Anda menjembatani kesenjangan komunikasi dan meningkatkan kinerja bisnis Anda secara keseluruhan.

Hubungi kami sekarang untuk memulai perjalanan Anda menuju interaksi pelanggan yang lebih baik dan kesuksesan bisnis yang berkelanjutan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *