tips menjalankannya tiktok

Tips Menjalankannya Tiktok di Tahun 2022

TikTok berhasil mendominasi tren media sosial di tahun 2020 dan 2021 dengan video pendeknya yang adiktif dan berbagai tantangan viral. Sejauh ini, lonjakan pertumbuhan aplikasi tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

Pada Februari 2019, TikTok berhasil mengunduh 1 miliar pengguna. Per April 2020, aplikasi video pendek terpopuler ini telah mencapai 2 miliar unduhan di Apple App Store dan Google Play Store. Dengan kata lain, TikTok berhasil menggandakan basis penggunanya hanya dalam satu tahun.

Jika angka-angka itu masih belum cukup untuk mengungkapkan kekuatan TikTok secara meyakinkan, lihat statistik berikutnya. Pada kuartal pertama tahun 2020, TikTok menerima 315 juta unduhan di seluruh dunia. Dengan angka tersebut, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh dalam satu kuartal.

Bagi pemasar, pertumbuhan pesat aplikasi TikTok menarik. Melihat tren ini, pemasar yang baik harus mulai mempertanyakan bagaimana menggunakan popularitas TikTok untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

Tips menjalankannya tiktok di tahun 2022

Ada tiga cara yang biasa digunakan oleh sebuah brand dalam memasarkan produknya melalui TikTok, yaitu:

  1. Merek dapat membuat akun saluran mereka sendiri dan mengupload konten video secara teratur di saluran tersebut.
  2. Merek dapat bekerja sama dengan influencer untuk menyebarkan konten produk atau layanan mereka ke audiens yang lebih luas.
  3. Merek dapat menjalankan Iklan TikTok.

Apa yang Membuat TikTok Berbeda dari Platform Pemasaran Lain?

Sekilas, penggunaan TikTok sebagai sarana promosi tampak tidak berbeda dengan platform berbasis video lainnya seperti YouTube. Namun, keunikan TikTok dapat diketahui dengan meneliti lebih lanjut konten yang tersedia.

Di aplikasi TikTok, konten dan meme tantangan populer sering disertai dengan tagar populer. Dengan bentuk konten (tantangan dan meme) ini, merek memiliki kesempatan untuk menggunakan tren saat ini untuk berinteraksi dengan konsumen dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif.

TikTok dikenal sebagai platform media sosial untuk mencari hiburan dan berbagi ide. Karakter unik inilah yang menjadi salah satu alasan TikTok semakin populer di masa pandemi seperti ini.

Seperti platform lainnya, influencer bisa menjadi pilihan tepat untuk mempromosikan acara Anda di media sosial. Kampanye tersebut akan didukung oleh influencer yang dapat mengarahkan perhatian penggemar ke merek Anda.

Namun, jika Anda berencana menggunakan influencer di aplikasi TikTok, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mengingat bahwa 41% pengguna TikTok adalah remaja berusia antara 16 dan 24 tahun, merek perlu lebih berhati-hati saat merencanakan strategi, pendekatan, dan pilihan influencer mereka.

4 Tips Marketing TikTok yang Bisa Langsung Anda Terapkan

1. Tantangan Tagar

Tantangan hashtag bisa menjadi teknik yang ampuh untuk merangsang keterlibatan konsumen dengan merek Anda. Anda bisa mengajak konsumen menghadapi tantangan yang Anda buat dengan cara yang sederhana dan menyenangkan sekaligus meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

2. Konten Di Balik Layar

Mungkin sulit bagi beberapa merek untuk menemukan sudut menarik dari bisnis mereka untuk ditampilkan sebagai konten. Dengan bantuan TikTok, merek dapat mengemas karakter mereka ke dalam kemasan yang lebih bijaksana dan kreatif. Format video pendek TikTok adalah cara yang bagus untuk menyertakan momen lucu di balik layar dalam bisnis Anda.

3. Video Tutorial

Jika merek Anda memiliki produk yang memerlukan langkah-langkah penggunaan, atau layanan yang perlu menjelaskan cara menggunakannya, TikTok bisa menjadi jawabannya. Anda dapat menampilkan video instruksional yang mudah digunakan di saluran akun Anda.

Video instruksi juga merupakan cara yang bagus untuk terlibat dengan konsumen setelah atau sebelum transaksi.

4. Konten Buatan Pengguna

Salah satu keuntungan User Generated Content (UGC) adalah memberikan bukti sosial untuk merek Anda. Menunjukkan bahwa produk atau jasa yang Anda tawarkan digunakan oleh banyak orang dapat meningkatkan kredibilitas merek Anda.

Undang pelanggan Anda untuk memposting interaksi mereka dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Anda juga dapat mencari bantuan dari influencer untuk membuat penggemar mereka membuat konten buatan pengguna yang mendukung merek Anda.

Kesimpulan tentang tips menjalankannya tiktok di tahun 2022

Sekarang setelah Anda mengetahui lebih banyak tentang cara menggunakan TikTok untuk pemasaran media sosial, apakah sudah waktunya untuk memutuskan apakah Anda harus memasukkan TikTok ke dalam strategi pemasaran Anda selanjutnya?

Namun perlu diingat bahwa TikTok memiliki demografi yang sangat spesifik, jadi jika Anda tertarik menggunakan TikTok sebagai strategi pemasaran, pertahankan hal-hal yang ringan dan menyenangkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *