Tips Menjalankan Instagram Marketing untuk Bisnis di Tahun 2022

Instagram: Platform Media Sosial Favorit untuk Menjalankan Digital Marketing

Dengan jumlah user mencapai 1,16 miliar, Instagram menawarkan jangkauan audience yang sangat besar bagi brand atau bisnis.

90% user di Instagram men-follow setidaknya satu akun bisnis. Selain itu, lebih dari 36% B2B decision makers menggunakan Instagram untuk mencari produk maupun layanan baru untuk bisnis mereka.

Maka tidak heran jika Instagram marketing menjadi salah satu platform terpopuler bagi bisnis B2C dan B2B untuk menjalankan strategi digital marketing mereka.

Tips Menjalankan Instagram Marketing 2022

Instagram marketing memang menawarkan berbagai keuntungan bagi bisnis atau brand yang menjalankannya.Tetapi menjalankan pemasaran Instagram tidak mudah.

Instagram terus mengubah algoritmenya secara berkala, jadi Anda perlu terus menyesuaikan strategi agar dapat terus menyajikan konten yang diinginkan audiens Anda dan Instagram itu sendiri.

Untuk membantu Anda menerapkan strategi pemasaran Instagram Anda di tahun 2021, berikut kami bagikan beberapa tips pemasaran Instagram yang dapat Anda terapkan dengan mudah:

1. Membuat Akun Bisnis

Memiliki akun bisnis Instagram sangat penting bagi siapa saja yang ingin menerapkan strategi pemasaran di Instagram. Pasalnya, Anda bisa mengakses banyak pengaturan Instagram melalui akun bisnis, namun tidak melalui akun pribadi.

Dengan memiliki akun Instagram bisnis, Anda mendapatkan akses ke beberapa fitur dan manfaat yang akan membantu Anda menjalankan strategi pemasaran Instagram Anda, seperti:

  • Mengakses Instagram Insights
  • Menambahkan tombol Contact
  • Dapat beriklan di Instagram dan membuat Promoted Post
  • Dapat menambahkan link pada Instagram Stories

2. Memanfaatkan Fitur Instagram Insights

Fitur Instagram Insights dapat membantu untuk memahami performa akun bisnis Anda secara keseluruhan.

Dengan fitur ini, Anda dapat melihat bagaimana strategi pemasaran Instagram Anda berkembang melalui berbagai metrik seperti tayangan, pengikut, dan data. engagement Dapatkan setiap hari.

Fitur Instagram Insights menyediakan data demografis yang relevan dari pengikut Anda, yang berguna untuk memahami apakah Anda menjangkau audiens yang tepat.

Selain itu, Anda dapat melihat kinerja setiap postingan untuk memahami jenis konten yang paling diminati audiens Anda.

Selain itu, Anda dapat memanfaatkan berbagai tools Instagram marketing Lainnya untuk data yang lebih komprehensif. Namun, tidak semua alat ini dapat diakses secara bebas.

3. Hindari Hard Selling

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan merek saat melakukan pemasaran di Instagram adalah mereka menggunakan platform seperti menggunakan platform promosi tradisional.

Postingan Instagram dari Akun Merek seringkali didominasi oleh konten promosi untuk produk mereka. Bahkan konten hard-sell kurang menarik bagi pengguna Instagram.

Sebagian besar pengguna menggunakan Instagram untuk menemukan konten yang menarik dan menarik bagi mereka. Akibatnya, pengguna cenderung mengabaikan konten hard-sell.

Ini adalah sinyal buruk bagi algoritma Instagram, karena konten akan dianggap kurang populer.

Untuk lebih dari itu, Anda bisa menambahkan konten informasi produk yang dikemas secara menarik, seperti dengan membuat konten teaser produk, testimonial, atau konten yang membahas manfaat produk.

4. Menggunakan Sponsored Ads

Setelah Anda memiliki akun bisnis, Anda dapat mempromosikan konten Anda di Instagram. Salah satu kelebihan konten iklan di Instagram adalah Anda dapat menjangkau khalayak yang lebih luas yang bukan pengikut akun merek Anda.

Anda juga dapat mengatur jenis audiens yang ingin Anda targetkan berdasarkan beberapa parameter seperti usia, lokasi, dan minat. Ini akan membuatnya lebih mudah dan lebih akurat untuk menyajikan konten Anda kepada audiens target Anda.

5. Menggunakan Hashtag Brand

Kampanye yang baik biasanya memiliki label tersendiri.

Dengan membuat kampanye hashtag Anda sendiri, Anda dapat mengundang audiens Anda untuk membuat posting menggunakan hashtag itu untuk meningkatkan jangkauan Anda dan meningkatkan keterlibatan di Instagram.

Buat hashtag sederhana namun unik yang mudah diingat orang lain. Misalnya, Anda dapat menggunakan nama merek Anda sendiri sebagai tagar, atau slogan merek Anda (jika menarik).

6. Mengajak Followers untuk Membuat Konten UGC

Jika Anda bingung dalam mencari ide konten, Anda bisa mengajak followers Anda untuk membuat konten yang berhubungan dengan brand atau produk Anda.

UGC (User Generated Content) Itu juga umumnya lebih populer dan dipercaya oleh audiens daripada konten yang dibuat oleh merek.

Hal ini didukung oleh sebuah penelitian TurnTo Networks,90% konsumen mengatakan UGC lebih efektif dalam mempengaruhi keputusan pembelian mereka daripada pemasaran email atau bahkan hasil mesin pencari.

Untuk mengundang audiens Anda membuat konten UGC, Anda dapat membuat kontes pembuatan konten, atau membuat tagar khusus yang dapat digunakan pengikut untuk membuat konten UGC.

Konklusi

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling berpotensi dalam menjalankan social media marketing baik bagi brand besar maupun kecil.

Beberapa tips di atas dapat digunakan sebagai langkah awal untuk membuat brand marketing Instagram Anda lebih efektif atau berjalan efisien.

Namun, jika Anda masih membutuhkan bantuan untuk menjalankan strategi pemasaran Instagram Anda, Meson dapat membantu. Meson Digital Agency

Pengalaman luas dalam mengelola pemasaran media sosial untuk merek di berbagai bidang bisnis.

Kami siap membantu Anda dalam merancang dan menerapkan strategi pemasaran Instagram yang tepat untuk membantu bisnis Anda mencapai penjualan yang lebih baik dengan jasa social media marketing kami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.