Teknik Copywriting Yang Memiliki Tingkat Konversi Tinggi

Bagi pelaku bisnis online, teknik copywriting menjadi kunci keberhasilan dalam mendapatkan pelanggan atau untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Meskipun bisnis Anda baru, ketika Anda bisa memaksimalkan copywriting untuk melakukan promosi yang baik, bisnis Anda berpeluang mengalahkan pesaing yang sudah lama terjun pada bidang yang sama.

Dengan berbagai manfaat tersebut, tidak berarti membuat copywriting itu mudah. Untuk bisa mengaplikasikan teknik copywriting yang baik, Anda musti mengetahui beberapa aspek penting seperti desain gambar, cara penulisan, jenis font, dan bahkan ukuran font tersebut.

Lalu, bagaimana teknik copywriting yang memiliki tingkat konversi tinggi? Berikut penjelasannya..

1# Buatlah Headline yang Akan Membuat Orang Penasaran 

teknik copywriting

Banyak media online di Indonesia yang sangat jago membuat headline dan bisa memicu rasa penasaran. Bahkan terkadang kita bisa sampai tertipu karena ketika klik headline tersebut, ternyata isi beritanya tidak sesuai judulnya. Satu pertanyaan muncul: apakah kita harus mengikuti strategi tersebut? Jawabnya tentu tidak.

Membuat headline yang mampu membuat penasaran tentu bagus, namun jika ternyata isinya tidak sesuai dengan judul bisa membuat pengunjung berpikir dua kali untuk mengunjungi lagi website Anda. Untuk itu, jangan hanya membuat headline yang bisa memicu penasaran, tetapi juga harus jelas dan sesuai dengan yang Anda tawarkan. Judul Headline seperti “Daftar Sekarang dan Dapatkan 50%” tentu akan lebih baik dibandingkan headline “Klik di Sini dan Dapatkan Diskon 50%”.

2# Lakukan Riset lebih Dahulu

Hal penting lainnya dalam membuat headline untuk berita adalah lakukan riset lebih dahulu. Sebuah Headline yang menarik harus diikuti dengan keakuratan dan orisinalitas informasi. Jangan sampai bisnis Anda justru akan memburuk karena salah riset, misalkan menulis “8 dari 10 Pria Bangun Pagi” dan atau sebagainya. Pengunjung website atau sosial media Anda bisa menilai seberapa besar kredibilitas bisnis Anda dari berita Anda. Jadi, lakukanlah riset lebih dahulu sebelum membuat berita.

3# Buatlah Copywriting yang Tepat Sasaran 

Copywriting yang Anda tujukan untuk membuat iklan di televisi tentu akan berbeda dengan copywriting yang Anda tujukan untuk iklan website. Begitu juga iklan untuk di sosial media, tentu akan berbeda dengan iklan di koran misalnya. Se, Anda harus memetakan siapa audience Anda dan apakah jenis copywriting ini sesuai dengan audience tersebut. Selain itu, Anda harus terbuka untuk setiap kritik dan saran dari audience Anda. Kritik dan saran ini terkadang bisa menjadi kunci kesuksesan dalam membangun sebuah bisnis.

4# Buatlah Copywriting yang Orisinal 

Masalah umum di copywriting Indonesia adalah banyaknya konten yang tidak orisinal. Banyak pelaku bisnis memanfaatkan copywriting dari luar negeri dan mengaplikasikannya mentah-mentah. Ini tidak hanya harus Anda terapkan ketika membuat copywriting yang baik, namun juga dalam membangun bisnis pada umumnya. Semakin original konten Anda, tentu membuat calon pelanggan Anda semakin tertarik dan terkesan.

Mungkin Anda belum menghasilkan copywriting berkualitas dalam satu atau dua kali percobaan. Namun dengan terus mencoba poin-poin di atas, Anda akan menghasilkan copywriting yang maksimal!

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.