Taukah Anda Pentingnya Blog bagi Sebuah Brand? Berikut Alasannya

Ketika kita berbicara tentang brand dalam sebuah bisnis, maka hal tersebut tidak hanya terbatas pada sebuah logo yang menarik ataupun promosi produk yang efektif. Brand memiliki peran dalam memperkuat strategi marketing bagi bisnis Anda dan brand juga dipercaya sangat ampuh dalam memperkenalkan bisnis Anda hingga dipercaya masyarakat.

Perkembangan dunia digital memberi peran sangat penting bagi marketing online yang terus tumbuh pesat di Indonesia, sehingga hal ini menjadikan blog sebagai satu pilihan yang relevan guna meningkatkan branding bisnis Anda dan untuk memaksimalkan peran branding dalam dalam kegiatan pemasaran bisnis Anda.

Manfaat Blog bagi Sebuah Brand

Ada banyak manfaat blog untuk sebuah brand dalam kegiatan bisnis, berikut ini ulasannya:

1# Memperkuat Identitas Sebuah Brand

Di era digital ini, hampir semua kegiatan bisnis telah memanfaatkan media online. Manfaat blog untuk memperkuat identitas sebuah brand menjadi jelas terlihat.  Kepentingan para pelaku bisnis untuk membranding produknya menjadi salah satu fungsi blog dalam dunia pemasaran. Dengan jumlah pengguna internet yang makin bertambah maka citra brand Anda semakin kuat.

2# Meningkatkan Leads dan Konversi dalam Bisnis Anda

Blog yang aktif menunjukkan sebuah bisnis aktif dan terus berkembang. Bisnis Anda akan dinilai kredibel di mata visitor blog Anda. Aktivitas blogging memiliki peranan penting yaitu meningkatkan leads (ketertarikan calon konsumen terhadap jasa atau produk yang ditawarkan yang mengakibatkan terciptanya transaksi penjualan. Terciptanya transaksi penjualan merupakan wujud dari meningkatnya kesadaran merek (brand awareness) para konsumen Anda.

3# Sarana Promosi yang Efektif  

Tak ada salahnya Anda memanfaatkan blog sebagai sarana promosi Anda apabila bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis offline. Blog akan membuat brand Anda semakin dikenal masyarakat luas. Banyak calon konsumen Anda akan mengunjungi blog Anda untuk mengetahui produk yang Anda jual.

Tidak hanya konsumen lokal saja, jangkauan konsumen Anda akan semakin luas dengan memanfaatkan blog sebagai media berpromosi. Ini adalah peluang yang baik bagi bisnis Anda untuk meraih sukses.

4# SEO Blog Meningkatkan Popularitas Bisnis Anda

SEO Blog akan meningkatkan popularitas bisnis Anda di search engine. Apapun jenis bisnis Anda, apapun produk yang Anda jual, apapun pesan yang Anda sampaikan melalui blog, SEO blog memiliki peranan yang sangat penting untuk memperkuat branding produk Anda.  Penggunaan SEO pada blog akan membuat blog Anda mampu menempati posisi yang bagus di search engine. Saat blog Anda menempati posisi teratas di search engine maka brand bisnis Anda akan semakin terkenal. Tentunya hal tersebut akan mempengaruhi peningkatan transaksi pada bisnis Anda. Target penjualan bisnis Andapun akan terpenuhi.

5# Lalu Lintas Informasi Brand Semakin Teratur

Selain bermanfaat sebagai media promosi sebuah bisnis, blog juga berperan sebagai pengatur lalu lintas informasi brand bisnis. Melalui blog, Anda bisa menyampaikan beragam informasi terkait bisnis yang Anda jalankan. Misalnya, informasi diskon, promo dan beragam informasi lainnya. Anda akan mengetahui berbagai respon konsumen terkait informasi yang Anda sampaikan melalui blog Anda. Selanjutnya Anda dapat menganalisa berbagai respon dari konsumen tersebut. Ini sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas maupun layanan produk Anda. Tentunya kepuasan konsumen adalah aspek penting dalam kegiatan bisnis Anda bukan?

6# Sebagai Bahan Kampanye Pemasaran di Media Sosial

Anda juga dapat menggunakan blog sebagai bahan kampanye/ sarana promosi melalui media sosial. Saat ini, media sosial memiliki potensi yang sangat kuat dalam kegiatan pemasaran. Pengguna yang semakin banyak, jenis dan fiturnya yang semakin bertambah membuat media sosial semakin diperhitungkan sebagai bahan kampanye pemasaran.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat blog bagi sebuah brand. Semoga bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.