Strategi Pemasaran Offline Terbukti Masih Efektif, Ini 7 Caranya!

Dunia dalam genggaman begitu banyak orang mengetahui mengenai dunia digital. Jika dulu kita melakukan banyak hal membutuhkan banyak alat, dan sekarang kita hanya dengan satu benda saja kita bisa menguasai dunia. Sekarang kita sudah bisa nonton televisi lewat gadget, belanja pakai gadget hingga memasarkan produk pun kini bisa lewat gadget. Namun apakah itu berarti untuk strategi pemasaran offline telah benar-benar ditinggalkan?

Ternyata tidak! Meski digitalisasi telah menyeluruh di semua bidang, hampir semua pakar marketing tetap menyarankan pebisnis tetap menggunakan strategi pemasaran konvensional dalam setiap promosi produknya. Berikut ini 7 penjelasan mengenai strategi pemasaran offline yang masih terbukti efektif di era digital seperti saat ini;

1. Membagikan Kartu Nama

strategi pemasaran offline 1

Cara ini adalah strategi pemasaran yang termudah, itulah sebabnya hingga saat ini kartu nama masih menempati urutan teratas untuk mengenai pemasaran produk atau brand. Anda dapat membagikan kartu nama ke tetangga dan rekan bisnis, agar pemasaran anda melaju ke papan buletin publik, memasukkannya ke dalam buku atau majalah yang relevan di kantor dokter, atau hal-hal lainnya yang Anda pikir bisa dijalankan bersama lembaran tersebut. Meski itu hanya sebuah benda kecil, kartu nama ini masih memiliki potensi yang sangat besar.

2. Berdonasi

strategi pemasaran offline 2

Apakah masih ada sebuah sekolah menengah yang sedang melakukan acara amal atau lomba tertentu? Ambil bagian di dalamnya, misalnya dengan memberikan voucher diskon atau sejumlah produk sebagai hadiah. Berdonasi adalah cara sederhana untuk menjalin hubungan pribadi dengan publik sambil berpartisipasi dalam sebuah event dengan tujuan yang baik. Paling tidak, pemenang itu akan menggunakan produk atau layanan Anda, dan Anda bahkan dapat memperoleh referensi dari mereka.

3. Menjadi Narasumber Sebuah Acara

strategi pemasaran offline 3

Temukanlah acara yang terkait dengan industri yang Anda geluti sekarang, lalu siapkanlah sebuah materi yang informatif dan inspiratif. Dengan cara ini Anda akan bisa meninggalkan kesan yang abadi bagi penikmat acara tersebut. Juga Anda bisa menjadi sebuah terobosan dalam representasi visual dari bisnis Anda. Jika Anda tidak merasa memiliki cukup otoritas untuk menyampaikan materi kepada rekan-rekan, menghadiri acara tetap akan membawa manfaat bagi usaha Anda. Dengan cara perkenalkan diri Anda dan buatlah jaringan dengan orang lain. Hubungan yang akan  Anda bangun dapat membantu memperluas pemasaran ke tempat lain.

4. Berkawanlah dengan Media Cetak

strategi pemasaran offline 4

Meskipun sudah banyak orang yang melakukan pemasaran lewat media online, pemasaran lewat media cetak masih sangat efektif. Siapkanlah press release ke beberapa majalah Anda atau surat kabar yang menargetkan audiens Anda. Siaran pers adalah cara sederhana untuk menampilkan peristiwa penting atau tonggak penting untuk bisnis Anda. Publikasi yang tepat juga dapat membuat masyarakat Anda menaruh perhatian kepada Anda. Tetaplah aktif dalam menjalin hubungan dengan pers sebanyak mungkin media cetak kapan pun tetap akan berguna.

5. Melakukan Panggilan Konfirmasi

strategi pemasaran offline 5

Salah satu strategi pemasaran offline yang sangat efektif yaitu melakukan panggilan konfirmasi kepada calon klien potensial. Pertama-tama Anda kumpulkan daftar calon pelanggan lalu hubungi mereka. Sesuaikan setiap panggilan yang Anda lakukan dengan kebutuhan untuk pelanggan dan waktu yang cocok untuk mereka. Meski biasanya panggilan dilakukan dengan tujuan adanya penjualan, namun panggilan juga bisa membantu Anda membangun hubungan kolaboratif dengan bisnis lain serta berpotensi mendapatkan beberapa pelanggan baru di sepanjang jalan.

6. Berpartisipasi dalam Pameran Dagang

strategi pemasaran offline 6

Pameran dagang akan menempatkan Anda di dalam sebuah kompetisi yang diselenggarakan. Dari sebuah pameran, Anda dapat mempelajari strategi saingan Anda, memeriksa materi pemasaran mereka, dan umumnya mendapatkan wawasan nyata terhadap keunggulan pemasaran mereka. Tentu saja, pameran dagang juga merupakan peluang luar biasa untuk memamerkan produk Anda dan memasarkan perusahaan Anda. Memperluas jaringan dengan profesional lain dan mencari peluang untuk tumbuh dengan bekerja bersama

7. Ubah Kemasan atau Presentasi Anda

strategi pemasaran offline 7

Perkuatlah brand Anda dengan cara evaluasi ulang bagaimana cara presentasi produk Anda . Bagaimana tampilan produk Anda ketika membandingkannya dengan pesaing? Hal ini terlihat penting! Desain kemasan adalah sebuah pencitraan dengan merek dan toko Anda yang paling berbicara banyak. Mungkin sudah waktunya untuk menyegarkan tampilan usang yang mungkin mengirim pesan tidak tepat kepada calon pelanggan. Luangkan waktu untuk mengunjungi dan mengulang; perubahan sekecil apa pun bisa membuat perbedaan besar.

Ini lah 7 strategi pemasaran offline ini memang bisa jadi membutuhkan biaya dan upaya yang besar, tetapi mereka masing-masing dapat mempengaruhi laba Anda dan meningkatkan upaya pemasaran Anda. Jadi, sambutlah teknologi dan strategi baru, tetapi jangan lupakan pula metode lama! Dengan mengkombinasikan keduanya, Anda dapat bersenang-senang di sepanjang jalan perluasan bisnis Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.