Strategi Pemasaran Dibutuhkan Untuk Kesuksesan Bisnis

Kita pasti tahu betapa pentingnya membangun rencana bisnis yang solid. Namun apa sih gunanya menginvestasikan begitu banyak waktu dan uang untuk membangun dan menciptakan bisnis baru, jika tidak memiliki pelanggan? Jika Anda menginginkan pelanggan, Anda harus mencari dengan aktif dan menemukannya, dan kemudian memberi tahu mereka bahwa Anda ada. Jangan sampai menunggu bola datang, namun jemputlah bola tersebut. Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan strategi pemasaran yang solid, berikut 4 Cara Membangun Strategi Pemasaran  agar sukses.

1. Ketahui Target Pelanggan Anda


Langkah pertama dalam membangun strategi pemasaran adalah Anda mencari tahu kepada siapa Anda memasarkan produk Anda. Dengan Anda sudah mengenal target pelanggan, pemasaran Anda terfokus, dan sebagai hasilnya, Anda akan mendapatkan laba atas investasi yang Anda inginkan. Dengan salah satunya yaitu dengan menciptakan persona pembeli. Dengan produk yang sudah Anda miliki, buatlah daftar seperti apakah pelanggan yang membutuhkannya? Kisaran nama, usia, jenis kelamin, hobi mereka apa, tinggal di daerah mana dan beberapa hal spesifik lainnya.

2. Teliti Pesaing Anda


Tidak adanya bisnis dalam ruang hampa, bahkan jika produk Anda satu-satunya merek di pasar yang sangat spesifik. Semakin cepat atau lambat persaingan bisnis akan tetap muncul. Dan para pesaing tersebut mereka memiliki ide mereka sendiri tentang cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan. Inilah mengapa Anda angat penting meluangkan waktu untuk melakukan penelitian tentang siapakah saingan bisnis Anda. Namun, sebelum Anda mendapatkan gagasan yang salah, inti dari menjalankan analisis pesaing adalah untuk membantu bahwa Anda mengetahui apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik atau berbeda dari yang lain. Analisis pesaing bukan berarti Anda harus melakukan hal-hal kotor untuk menjegal bisnis mereka.

3. Pilih Kanal Anda


Ada berbagai macam cara untuk menyampaikan pesan pemasaran Anda di depan prospek Anda. Anda bisa juga memasarkan bisnis Anda dengan cara konvensional, misal memasang iklan di surat kabar dan di papan reklame. Atau Anda bisa mencoba taktik yang lebih modern dan terus berkembang seperti SEO dan pemasaran konten. Apa pun cara yang Anda harus hadapi, Anda perlu mencari tahu saluran apa yang akan Anda gunakan untuk mengubah audiens menjadi prospek dan kemudian menjadi pelanggan. Meskipun Anda tergoda untuk mencoba semuanya sekaligus, sebenarnya cara terbaik adalah memilih satu namun spesifik dan kontinyu.

4. Ciptakan Sasaran Pemasaran SMART


Sekarang mari kita akan mencari tahu apa arti sukses bagi Anda. Sebagian besar para pebisnis pemula biasanya mengartikan kesuksesan dalam hal yang sangat luas dan umum, misal Anda menginginkan lebih banyak pelanggan, Anda ingin website bisnis Anda berada di peringkat pertama pada mesin pencari, Anda ingin produk Anda dikenal luas, dan sebagainya. Untuk mencapai kesuksesan pada bisnis Anda, sasaran Anda harus mematuhi garis SMART, artinya Specific (sasaran Anda harus spesifik), Measurable (bisa dihitung), Actionable (harus menginjak bumi alias tidak di awang-awang, ada aksi nyatanya), Relevant (sasaran harus masuk akal), dan Timebound (memiliki batas waktunya).

Dengan empat strategi pemasaran ampuh tersebut semoga bisnis Anda yang tadinya begitu-begitu saja akan perlahan meroket menembus batas. Selamat berbisnis, Terima Kasih!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.