Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis Melalui Press Release

Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis harus terus dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan demi terjapainya tujuan promosi. Seperti penggunaan beberapa media majalah atau koran harian, Press Release juga cukup berpengaruh sebagai media promosi produk dan usaha Anda kepada masyarakat umum.

Press Release menjadi strategi pemasaran yang cukup efektif ketika dilakukan secara rutin dan berkesinambungan. Target market yang akan di raih pun akan lebih tepat yang disebabkan pembaca mendapat informasi yang relevan langsung dari sumber terpercaya.

strategi pemasaran dalam persaingan bisnis

Untuk lebih mengoptimalkan target market Anda, Anda dapat mengoptimalkan tulisan dimana hal ini menjadi faktor sangat penting untuk keberhasilan sebuah promosi.

Strategi pemasaran dalam persaingan bisnis secara online

Optimalisasi press release dapat dilakukan dengan menyisipkan url website bisnis Anda dan menambahkan “Keyword” pada konten yang akan Anda publikasi. Dengan hal ini dapat membantu bisnis Anda teroptimasi di search engine seperti google, yahoo, bing, dll.

Secara umum, format Press Release dapat dibuat sebagai berikut :

Headline : __________ memuat judul

Summary : __________ memuat ringkasan dari isi press release ( Intro text)

News body : __________ memuat Isi secara penuh press release anda (Full Text)

Industry : __________ memuat Kalsifikasi /jenis publikasi anda

Contact : __________ memuat alamat kontak

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan sebelum mempublikasikan bisnis kita:

  • Pastikan konten dibuat secara seimbang antara penggunaan keyword dengan alur kalimat. Ini penting agar konten yang ditulis dapat terbaca dengan baik tanpa terkesan mengulang-ulang kalimat atau banyak kata-kunci tanpa dengan alur yang jelas. Karena hal tersebut justru dapat membuat pembaca memberikan respon negatif terhadap bisnis Anda.
  • Buatlah beberapa variasi konten, hal ini akan memudahkan anda dalam memilih yang mana yang terbaik untuk dipublikasikan ke masyarakat luas nantinya.
  • Cantumkan alamat kontak anda yang jelas agar pembaca dapat melakukan reaksi secara cepat saat menghubungi anda.
  • Cari dan lakukan survey pasar terhadap jasa media dimana anda nantinya menerbitkan konten berita anda.
  • Pilih jenis dari jasa media publikasi tersebut sesuai dengan jenis usaha /web bisnis anda atau sesuai target pasar anda.
  • Tanyakan pada mereka dimana saja kontent anda akan diterbitkan, dan berapa Rasio klik pengunjung dari konten yang anda diterbitkan.
  • Yang terakhir pasang Web Analytic untuk track visitor Anda. Hal ini penting untuk menentukan langkah selanjutnya, apakah media tersebut membantu Anda dalam investasi yang anda lakukan (ROI).

Selanjutnya…

Setelah siap, publikasikan lewat jasa /agen penyedia layanan press release seperti newswire, newsletter, newspaper, radio bahkan pada TV dan media broadcast.

Press release yang di submit memungkinkan disertai gambar dan logo sekaligus, dan ini akan mampu mensubmit ke ratusan media. Untuk yang seperti ini biayanya relatif lebih tinggi dan setara dengan mempublikasikan melalui media koran/majalah.

Jika melakukan submit secara manual ( satu demi satu) ke jasa layanan gratis akan perlu waktu lebih banyak. Untuk Free submit ada banyak bertebaran di internet, anda hanya tinggal Search sesuai dengan selera melalui mesin pencarian.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.