Social Media Campaign Checklist 2022 by Meson Digital

Pentingnya Menjalankan Social Media Campaign

Tanpa perlu diragukan lagi, social media marketing telah menjadi esensi yang sangat kuat di dunia periklanan Indonesia sekarang ini. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang sangat memudahkan para pebisnis dan marketers di Indonesia, baik dari skala kecil maupun multinational untuk mempromosikan brand, product, ataupun service yang mereka tawarkan.

Di tahun 2022, hampir seluruh bisnis di Indonesia sekarang ini memanfaatkan social media untuk mengembangkan bisnis mereka, baik melalui in-house team, ataupun outsourcing ke digital marketing agency yang sangat marak sekarang ini.

Sayangnya, banyak sekali campaign melalui social media plaftform atau digital ini pun banyak sekali yang dinyatakan gagal oleh para business owners dan bahkan mereka tidak mau melanjutkan aktivitas marketing mereka melalui digital platform.

Nah, inilah 5 esensi penting yang wajib Anda ketahui dalam menjalankan social media campaign di Indonesia.

Mindset Menjalankan Social Media Campaign 2022

Business objective mindset

1. Back to Basic

Business Objective

Banyak sekali bisnis yang gagal untuk menyampaikan corporate business objective mereka kepada team marketing mereka sehingga campaign di social media dan digital tersebut kehilangan arah!

Sebagai contoh, sebuah produk atau servis terbaru tentunya harus melewati fase branding, dimana calon konsumen harus melewati fase brainwash mengenai product knowledge dan USP untuk menciptakan awareness dan interest di tahun tersebut.

Sayangnya, team marketing langsung menyajikan konten berupa promotional content seperti discount atau product bundling yang merupakan content strategy di fase terakhir dalam perjalanan calon konsumen Anda.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda sebagai pemilik bisnis atau team marketing sebuah perusahaan harus sangat paham, dimanakah standing produk atau brand Anda.

Apakah Anda sudah menjalankan process branding dengan tepat selama ini? Atau channel marketing yang manakah yang sudah pernah kalian jalankan sebelumnya?

Jangan bandingkan standing brand atau produk Anda dengan Apple dan Samsung dimana konsumen mereka menunggu-nunggu launching produk baru mereka di tahun berikutnya.

Digital Sales Funnel

Selain itu, Anda juga harus paham betul tentang digital marketing sales funnel dan digital consumer journey dalam menentukan objective dan strategy yang akan Anda jalankan setiap tahunnya! Seperti layaknya membangun rumah, Anda tidak dapat melewati fase pembuatan fondasi dasarnya terlebih dahulu bukan?

Yuk disimak dibawah ini, digital marketing sales funnel dan effort digital marketing yang kalian harus lakukan!

Digital marketing sales funnel Meson Digital
Digital Marketing Sales Funnel by Meson Digital

Dimulai dari top funnel, mid funnel, dan bottom funnel, inilah perjalanan digital journey para calon konsumen Anda di platfrom digital beserta effort penting yang harus Anda jalankan. Selain itu, infrastruktur sales funnel Anda pun harus kuat, baik secara online maupun offline untuk mendukung effort marketing Anda!

2. Expected Results

Basic Principal

“Tak kenal maka tak sayang” merupakan pribahasa kuno yang wajib kita aplikasikan disini, Anda tidak akan membeli sebuah produk atau servis dari brand yang Anda tidak percayai bukan?

Inilah alasan mendasar untuk Anda menjalankan paid marketing via Facebook/Instagram Ads dan Influencers Marketing untuk menyampaikan informasi tentang informasi dan kredibilitas dari brand Anda langsung ke users di social media platform setiap saat.

Selain itu, seberapa seringkah target audience Anda mendapatkan konten promosi atau advertising dari brand Anda? Tentunya, exposure dari brand Anda ini menjadi penentu apakah brand Anda akan muncul di pikiran konsumen saat mereka membutuhkannya.

Inilah alasan mengapa brand multinational seperti P&G dan Unilever menggelontorkan dana yang semakin besar setiap tahunnya.

KPI digital agency

Sales Growth Bukanlah Satu-satunya KPI

Sebelum memulai campaign marketing suatu periode, baik melalui channel traditional maupun digital, proses budgeting dan sales forcasting merupakan step yang pasti dilalui oleh team marketing, dimana mereka akan diberikan sejumlah budget untuk meningkatkan sales dari periode tersebut.

Sayangnya, actual sales setelah satu periode sudah dijadikan sebagai KPI (tolak ukur) satu-satunya dari campaign marketing tersebut dan disinilah mindset yang salah itu terjadi.

Banyak orang melupakan pentingnya investasi di fase awal, yaitu fase menciptakan brand awareness dan interest. Jadi, buatlah plan marketing dan sales forcasting dengan durasi yang lebih panjang agar team marketing Anda dapat mengoptimalkan hasil dari social media dan digital campaign mereka.

Menjaga Ratio CME

Memang betul, bahwa CME (Controllable Marketing Expense) harus dijaga ratio nya setiap tahun untuk mempertahankan, dan bahkan meningkatkan profit setiap tahunnya.

Namun Anda juga harus paham mengenai konsep dari investasi, branding, marketing, dan terms-terms KPI digital marketing seperti CPM dan CPC.

Sebagai contoh, Anda mengakomodasikan budget sebesar 5%  dari total CME Anda dalam setahun. Apakah wajar jika Anda mengharapkan sales growth secara langsung atau mendapatkan peningkatan omset dan saled leads sebesar 200% dalam enam bulan?

Inilah contoh konsep menghitung ROI yang salah dan dapat menghancurkan digital campaign Anda, apalagi jika Anda mengharapkan produk Anda dikenal di satu Indonesia.

Pahamilah konsep-konsep dari KPI digital marketing dan mulailah dengan membuat digital marketing budget dan action plan yang realistis, agar objective Anda setiap periode dapat tercapai.

Anda harus ingat bahwa digital marketing campaign merupakan esensi yang sangat penting di dalam dunia periklanan di Indonesia saat ini.

3. Nature of The Product & Indonesia

Nature of The Product

Tidak semua orang adalah impulsive buyers maupun orang yang benar-benar butuh untuk membeli produk dan service yang Anda tawarkan saat itu juga.

Sebagai contoh, Anda menjalankan bisnis di bidang otomotif dimana produk mobil dan motor bukanlah produk yang merupakan kebutuhan utama di dunia ini. Pertanyaan yang Anda harus tanyakan adalah apakah product atau service yang Anda tawarkan merupakan sebuah kebutuhan utama atau hanya sekedar kebutuhan sekunder atau tersier?

Jika tidak, Anda harus melakukan effort marketing yang extra untuk menyampaikan USP dari brand Anda supaya saat target market Anda menyadari akan kebutuhan benda tersebut, brand Anda-lah yang menjadi pilihan utama mereka!

Inilah alasan mengapa brand multinational seperti Aqua pun yang menjual produk kebutuhan primer tetap menjalankan marketing campaign sampai detik ini.

Customers jaman NOW mempunyai banyak pilihan untuk kebutuhan apapun. Pertanyaannya adalah: apakah brand Anda menjadi pilihan utama mereka?

Luxury Goods & Trends

Maraknya penggunaan social media di Indonesia membuat luxury goods terlihat seperti common goods untuk sebagian orang, namun bukan berarti orang-orang yang menyukai luxury goods tersebut mampu untuk menjadi konsumen hari ini.

Sebagai contoh, luxury brands seperti Louis Vuitton, Gucci, dan teman-temannya menjalankan massive social media campaign dan menjaring audience yang sangat besar di dunia, tetapi tidak semua orang mampu membeli produk mereka saat ini.

Consumer Promo

Consumer Promo di Indonesia

Berbicara seputar value dari sebuah product atau service yang Anda tawarkan, consumer promo berperan penting untuk menghasilkan trial purchase, selain itu customer retention juga tak kalah pentingnya.

Trial purchase adalah fase dimana konsumen membeli dan mencoba produk atau service Anda; apakah produk atau service yang Anda tawarkan itu benar-benar menyelesaikan masalah yang konsumen itu sedang alami atau mencukupi kebutuhan mereka. Dengan memberikan push berupa consumer promo, target market Anda pun memiliki confidence dalam proses trial purchase mereka.

Sebagai contoh, Anda tidak akan mau kembali ke satu restoran yang taste nya tidak cocok dengan Anda, apalagi kalau harganya terhitung mahal untuk rata-rata orang di Indonesia.

Customer retention adalah aktivitas yang dilakukan brand untuk menjaga existing customers, mengingat biaya untuk menjaga existing users lebih murah dibanding mendatangkan customers baru.

Secara berkala, Anda harus memberikan consumer promo khusus untuk existing users melalui CRM (customer relationship management) yang baik. Konsep ini berlaku untuk bisnis model B2B dan B2C.

4. Keep in mind

“Digital Marketing Gurus”

Sekarang ini, banyak sekali “digital marketing guru”  baik dari Indonesia maupun luar negeri yang mengajarkan bahwa social media dan digital campaign PASTI dapat meningkatkan profit Anda dalam waktu yang SINGKAT dengan cara yang MUDAH.

Ini adalah mindset yang keliru karena tidak ada marketing strategy yang pasti di dunia, apalagi konsumen kita di Indonesia ini sangat dinamis.

Pakar-pakar digital marketing telah membagi ilmu dan pengalaman sukses mereka di beberapa tahun yang lalu dan dapat Anda pelajari secara detail di internet.

Namun, apakah marketing strategy yang mereka pernah jalankan tersebut masih berlaku dan dapat diterapkan untuk bisnis Anda di tahun ini?

Nah, disinilah team marketing Anda dituntut untuk memiliki kemampuan menganalisa stategi, kualitas, dan hasil dari digital marketing campaign dalam sebuah periode.

Selain itu, dibutuhkan juga fleksibilitas yang tinggi untuk mengganti atau mengubah strategy marketing secara keseluruhan karena market trend yang dinamis!

Success Stories

Pasti banyak sekali success stories dari campaign social media dan digital marketing yang kalian pernah dengar dari sebuah brand melalui social media marketing dan KOL management yang menghasilkan massive direct result di setiap campaign mereka.

Kekeliruan mindset sering kali terjadi saat Anda membandingkan social media campaign yang baru Anda mulai dengan brand yang telah kalian nilai sukses.

First mover advantage really exists dan Anda mungkin mengabaikan berapa banyak uang dan tenaga yang telah mereka kerahkan selama campaign mereka berjalan. Selain itu, biaya paid marketing melalui social media maupun via influencers pun terus meningkat.

Selain budget, semua proses membutuhkan lead time, dimana Anda tidak dapat mempercepat proses penuaian tersebut karena benih yang ditanam tersebut memang membutuhkan waktu untuk menghasilkan.

Anda dapat memperluas lahan yang Anda miliki, namun Anda tidak dapat mempercepat proses kematangan buah yang dapat Anda tuai. Oleh karena itu, Anda juga harus sabar dalam mengakuisisi traffic dan menciptakan fanbase dari brand Anda!

5. Content is King!

Social media campaign Meson Digital Agency Jakarta

Landing Page Social Media Bisnis Anda

Baik di platform website maupun social media, konten yang Anda berikan kepada audience sangatlah penting!

Disinilah social media management yang baik diperlukan. Brand Anda harus menyediakan konten yang informative, engaging, dan relevant untuk calon konsumen Anda.

Sama hal nya dengan membuat printed brochures dan billboards, jika konten yang berada di kedua marketing tools tersebut tidak menjelaskan produk dan service yang Anda tawarkan, buat apa menghabiskan budget marketing yang tidak dapat di measure dan hasilnya nihil?

Jadi, landing page yang baik harus menjelaskan mengenai bisnis Anda secara detail, kelebihan prouduk atau service yang Anda tawarkan, serta konten-konten yang relevant dengan niche market Anda. Sebagai contoh, jika Anda akan bergerak di business fintech, berikanlah konten-konten yang relevant untuk target market Anda seperti tips investasi, cara menghitung suku bunga, dan lainnya.

Jadi, jangan hanya tergiur dengan creative agency yang menawarkan jasa untuk membuat landing page business Anda hanya bagus secara aesthetic saja, namun harus memiliki konten yang tepat!

Creatives yang Anda Digunakan

Nah, setelah Anda memiliki landing page yang baik, apa langkah selanjutnya yang harus kita lakukan?

Seperti halnya Anda dengan menggunakan SPG dan SPB untuk menyebarkan printed brochures dengan kualitas dan konten yan terbaik, disinilah saatnya Anda diwajibkan untuk menjalankan paid marketing.

Paid marketing dilakukan melalui Facebook/Instagram Ads ataupun Influencers Marketing untuk mempromosikan produk atau service yang Anda tawarkan secara luas, sesuai dengan budget yang Anda miliki; Anda pun wajib untuk menyaring dan memberikan arahan secara details kepada para influencers, agar marketing objective Anda pun dapat tercapai.

Jadi, bukan hanya landing page saja  yang baik, namun konten promosi dan advertising yang Anda sebarkan melalui Facebook dan Influencers pun harus tepat!

Konklusi

Nah, itulah beberapa perspektif penting dari Meson Digital Agency yang Anda harus miliki dalam menjalankan social media campaign di tahun 2022.

Pertama, Anda harus  memahami business objective perusahaan, digital sales funnel, dan digital journey.

Kedua, tentang pemahaman expected result setelah menjalankan campaign suatu periode.

Ketiga, Anda harus mendalami pehamaman akan nature of product yang Anda jual dan consumer behavior di Indonesia.

Keempat, Anda harus menginterpretasikan ajaran-ajaran “digital marketing guru” dan success stories dengan benar, karena strategy mereka yang efektif di beberapa tahun lalu belum tentu berhasil Anda jalankan di tahun ini.

Terakhir, hal yang paling mutlak adalah untuk menyajikan konten yang benar-benar informative, engaging, dan relevant untuk Audience Anda!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.