rekomendasi strategi digital marketing

Rekomendasi Strategi Digital Marketing di Tahun 2022 

Rekomendasi Strategi Digital Marketing di Tahun 2022 – Dalam dunia bisnis modern yang serba digital, digital marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif dan efisien.

Dengan memanfaatkan platform-platform digital seperti website, media sosial, dan mesin pencari, bisnis dapat mencapai audiens yang lebih luas dan menarik konsumen potensial dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

Namun, dengan berbagai macam platform dan metode digital marketing yang tersedia, mungkin sulit bagi bisnis untuk menentukan strategi yang paling cocok dan efektif.

Dalam artikel ini, akan diberikan rekomendasi mengenai beberapa strategi digital marketing yang terbukti efektif untuk membantu bisnismu meningkatkan brand awareness, menarik lebih banyak konsumen potensial, dan meningkatkan penjualan.

Rekomendasi Strategi Digital Marketing di Tahun 2022

Pemasaran digital telah berkembang dan mengalami banyak perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Misalnya, penerapan teknologi augmented reality yang sebelumnya dianggap kurang hemat biaya, kini banyak digunakan.

Dengan mengingat hal ini, agar rencana pemasaran merek atau bisnis Anda tetap efektif dan relevan, diperlukan pembaruan strategi pemasaran secara rutin.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai beberapa strategi digital marketing yang diperkirakan akan memberikan dampak yang cukup besar di tahun-tahun mendatang.

7 Strategi Digital Marketing di Tahun 2022

1. Memperbanyak konten video

Video marketing sebenarnya bukanlah teknik atau konsep baru. Namun, penggunaan video sebagai alat dan strategi pemasaran digital semakin populer baik untuk merek besar maupun kecil.

Faktanya, menurut statistik pemasaran video dari Hubspot, 54% konsumen menginginkan pemasar menghasilkan lebih banyak konten dalam format video.

Tidak hanya permintaan konsumen yang semakin besar, konten dalam format video juga akan memberi Anda lebih banyak ruang untuk menonjolkan fitur dan manfaat produk atau layanan bisnis Anda dengan cara yang menarik.

Semakin banyaknya alat pemasaran video yang tersedia juga membuat proses pembuatan konten video menjadi lebih mudah saat ini.

Untuk memulai strategi pemasaran video Anda, Anda dapat menggunakan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube atau bahkan LinkedIn sebagai saluran untuk membagikan konten video Anda.

2. Membuat sales funnel yang komprehensif

aida the purchase funnel
Aida The Purchase Funnel

Jenis audiens yang mengunjungi website Anda bisa sangat beragam. Beberapa orang mungkin tidak mengetahui merek Anda sama sekali, sementara yang lain mungkin sudah menjadi pelanggan Anda.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menyediakan konten untuk setiap tahap perjalanan pelanggan Anda. Disinilah peran sales funnel menjadi begitu penting.

Banyak pemasar yang terlalu fokus, menghabiskan banyak waktu untuk membuat konten di bagian atas corong, tetapi bukan konten yang membuat pemirsa terlibat atau tertarik di bagian tengah dan bawah corong.

Dengan menerapkan pemasaran berbasis data dan menambahkan animasi, video, infografis, dan bahkan podcast, Anda dapat menjadikan pemasaran konten Anda lebih komprehensif.

Anda juga bisa mencoba menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh audiens target Anda dengan konten yang Anda buat.

Pada dasarnya, yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa apa yang Anda miliki dan masukkan ke dalam saluran pemasaran Anda mencakup setiap saluran penjualan bisnis Anda.

3. Menyajikan konten yang interaktif

instagram ice puzzle
Instagram ICE Puzzle

Konten interaktif seperti kuesioner, polling, kontes atau teka-teki saat ini semakin populer karena efektivitasnya dalam menarik perhatian audiens secara instan.

Selain memberikan nilai lebih kepada audiens target Anda, konten interaktif juga dapat berfungsi sebagai alat eksperimental untuk mengetahui apa yang paling diminati audiens target Anda.

4. Fokus untuk membangun network dan komunitas

linkedin group
Linkedin Group

Mungkin untuk bisnis skala besar mengeluarkan budget untuk menjalankan social media marketing untuk mendapatkan jangkauan lebih tidak menjadi masalah.

Namun, tidak demikian halnya dengan bisnis kecil, yang mungkin berjuang untuk bersaing secara organik dengan akun bermerek atau bisnis yang lebih besar di media sosial dan seringkali membutuhkan uang iklan.

Solusi dari tantangan pemasaran digital di atas adalah dengan membangun komunitas merek Anda sendiri dengan memanfaatkan fitur yang ditawarkan oleh platform media sosial. Contoh penerapannya misalnya membuat komunitas pembelajaran digital marketing di grup Facebook atau grup LinkedIn.

Dengan membuat grup, merek dapat berkomunikasi langsung dengan anggotanya atau menggunakannya untuk menjawab pertanyaan atau saran konsumen.

Taktik pemasaran digital ini sangat efektif dalam membangun loyalitas konsumen karena meninggalkan kesan eksklusif pada audiens target Anda.

5. Berjualan di media sosial

instagram shopping
Instagram Shopping

Social commerce adalah tren pemasaran digital yang diharapkan memiliki potensi besar di masa depan.

Hal ini juga didukung dengan semakin banyaknya media sosial yang meluncurkan fitur belanja di platform mereka, antara lain

Toko Facebook dan Instagram yang baru diluncurkan tahun lalu. Berjualan di media sosial akan sangat menguntungkan karena akan mempersingkat customer journey bisnis Anda. Dengan cara ini, potensi konsumen untuk membeli produk meningkat.

6. Membangun brand partnerships

mcd bts
mcd bts

Dalam setahun terakhir, banyak brand yang menuai sukses dengan menjalankan kampanye kolaborasi dengan brand lain. Mungkin kamu masih ingat dengan salah satu brand kolaborasi yang sedang hits di pertengahan tahun 2021 ini, yaitu McDonald’s dan BTS. Selain itu, masih banyak kolaborasi brand lain yang dinilai sangat sukses, seperti McDonald’s dan Travis Scott, Adidas dan Allbirds, serta Adidas dan Lego.

Kemitraan merek yang unik seperti contoh di atas sangat efektif dalam menangkap perhatian media dan perhatian sosial di kalangan khalayak luas.

Kemitraan atau kolaborasi tidak harus dengan nama atau merek besar. Anda juga dapat membentuk kemitraan yang efektif dengan merek yang memiliki penawaran pelengkap untuk Anda.

Kolaborasi ini juga bisa Anda terapkan pada strategi digital marketing Anda. Misalnya, tawarkan produk Anda melalui email dengan membuat email merek bersama yang menggunakan daftar audiens merek lain.

7. Memanfaatkan teknologi augmented reality

augmented reality
Augmented Reality

Munculnya pandemi membuat pemasar memikirkan cara unik dan kreatif untuk tetap terhubung dengan konsumennya yang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah.

Augmented reality marketing adalah solusi yang membantu pasar sasaran mencoba produk tanpa harus langsung pergi ke toko fisik.

Dengan augmented reality, calon pelanggan dapat mencoba perhiasan atau aksesori di pergelangan tangan mereka, atau mencoba sofa baru di ruang tamu dengan smartphone mereka.

Kesimpulan tentang Rekomendasi Strategi Digital Marketing di Tahun 2022

Tentu saja menerapkan semua strategi di atas secara bersamaan hampir tidak mungkin. Untuk efisiensi, Anda hanya perlu memilih beberapa strategi pemasaran digital yang kami rekomendasikan di atas dan mencoba menerapkannya.

Strategi pemasaran digital yang perlu Anda pilih akan bergantung sepenuhnya pada audiens target, tujuan bisnis, dan industri Anda.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan jasa digital marketing agency untuk membantu merencanakan dan menerapkan strategi digital marketing yang tepat dan efektif untuk bisnis Anda.

Bali Web Design adalah digital marketing agency di Jakarta. Beliau memiliki pengalaman luas dalam menangani strategi pemasaran digital untuk bisnis di berbagai industri.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang strategi pemasaran digital dan penerapannya, Anda dapat menghubungi kami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *