Rekomendasi Strategi Digital Marketing di Tahun 2022 

Perlunya Pembaharuan Strategi Digital Marketing

Digital marketing telah berevolusi dan mengalami banyak perubahan beberapa tahun belakangan ini. Misalnya, penerapan teknologi augmented reality yang sebelumnya dianggap kurang hemat biaya, kini mulai banyak digunakan.

Dengan pemikiran ini, agar rencana pemasaran merek atau bisnis Anda tetap efektif dan relevan, pembaruan rutin untuk strategi pemasaran Anda diperlukan.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai beberapa strategi digital marketing yang diharapkan dapat memberikan dampak yang cukup besar di tahun-tahun mendatang.

7 Strategi Digital Marketing di Tahun 2022

1. Memperbanyak konten video

Video marketing sebetulnya bukanlah sebuah teknik atau konsep yang baru. Namun, penggunaan video sebagai sarana dan strategi pemasaran digital semakin populer baik untuk merek besar maupun kecil.

Bahkan, menurut statistik video marketing dari Hubspot, 54% konsumen menginginkan marketer untuk lebih banyak memproduksi konten dengan format video.

Tidak hanya permintaan konsumen yang lebih besar, konten dalam format video juga akan memberi Anda lebih banyak ruang untuk menonjolkan fitur dan manfaat produk atau layanan bisnis Anda dengan cara yang menarik.

Semakin banyaknya alat pemasaran video yang tersedia juga membuat proses pembuatan konten video menjadi lebih mudah saat ini.

Untuk memulai strategi pemasaran video Anda, Anda dapat menggunakan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, atau bahkan LinkedIn sebagai saluran untuk membagikan konten video Anda.

2. Membuat sales funnel yang komprehensif

AIDA the purchase funnel

Tipe audience yang mengunjungi website Anda bisa jadi sangat beragam. Beberapa orang mungkin tidak mengetahui merek Anda sama sekali, sementara yang lain mungkin sudah menjadi pelanggan Anda.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menyediakan konten untuk setiap tahap customer journey urusanmu. Disinilah peran sales funnel menjadi begitu penting.

Banyak pemasar yang terlalu fokus, menghabiskan banyak waktu untuk membuat konten di bagian atas corong, tetapi bukan konten yang membuat pemirsa tetap tertarik atau tertarik di bagian tengah dan bawah corong.

Dengan menerapkan pemasaran berbasis data dan menambahkan animasi, video, infografis, dan bahkan podcast, Anda dapat membuat pemasaran konten Anda lebih komprehensif.

Anda juga dapat mencoba menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh audiens target Anda dengan konten yang Anda buat.

Pada dasarnya, yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa apa yang Anda miliki dan berikan pada saluran pemasaran Anda mencakup setiap saluran penjualan bisnis Anda.

3. Menyajikan konten interaktif

Instagram ICE puzzle

Konten interaktif seperti kuesioner, poling, kontes, atau puzzle saat ini semakin populer diterapkan karena efektivitasnya dalam menarik perhatian audience secara instan.

Selain memberikan nilai lebih kepada audiens target Anda, konten interaktif juga dapat berfungsi sebagai alat eksperimental untuk mengetahui apa yang paling diminati audiens target Anda.

4. Fokus untuk membangun network dan komunitas

LinkedIn group

Mungkin bagi bisnis skala besar mengeluarkan budget untuk menjalankan social media marketing untuk mendapatkan lebih banyak reach bukanlah sebuah masalah.

Namun, ini tidak berlaku untuk bisnis kecil, yang mungkin berjuang untuk bersaing secara organik dengan akun bermerek atau bisnis yang lebih besar di media sosial dan seringkali membutuhkan uang iklan.

Solusi dari tantangan pemasaran digital di atas adalah dengan membangun komunitas merek Anda sendiri dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh platform media sosial. Contoh penerapannya misalnya membuat komunitas pembelajaran digital marketing di grup Facebook atau grup LinkedIn.

Dengan membuat grup, merek dapat berkomunikasi langsung dengan anggotanya atau menggunakannya untuk menjawab pertanyaan atau saran konsumen.

Taktik digital marketing ini sangat efektif dalam membangun loyalitas konsumen karena meninggalkan kesan eksklusif pada target audiens Anda.

5. Berjualan di media sosial

Instagram shopping

Social commerce merupakan salah satu tren digital marketing yang diharapkan memiliki potensi besar di masa depan.

Hal ini juga didukung dengan semakin banyaknya media sosial yang meluncurkan fitur belanja di platform mereka, antara lain

Facebook dan Instagram Shops yang baru saja diluncurkan tahun lalu.Berjualan di media sosial akan sangat menguntungkan karena akan mempersingkat perjalanan pelanggan bisnis Anda. Dengan cara ini, potensi konsumen untuk membeli produk meningkat.

6. Membangun brand partnerships

MCD BTS

Satu tahun belakangan ini, banyak brand yang menuai kesuksesan dengan menjalankan campaign kolaborasi dengan brand lain. Mungkin kamu masih ingat salah satu kolaborasi brand yang lagi ngehits di pertengahan tahun 2021, yaitu McDonald’s dan BTS. Selain itu, masih banyak kolaborasi brand lain yang dinilai sangat sukses, seperti McDonald’s dan Travis Scott, Adidas dan Allbirds, juga Adidas dan Lego.

Kemitraan merek yang unik seperti contoh di atas sangat efektif dalam menarik perhatian media dan perhatian sosial di kalangan khalayak luas.

Kemitraan atau kolaborasi tidak harus dengan nama besar atau merek. Anda juga dapat membentuk kemitraan yang efektif dengan merek yang memiliki penawaran pelengkap untuk Anda.

Kolaborasi ini juga bisa Anda terapkan pada strategi digital marketing Anda. Misalnya, tawarkan produk Anda melalui email dengan membuat email merek bersama yang menggunakan daftar audiens merek lain.

7. Memanfaatkan teknologi augmented reality

Augmented Reality

Munculnya pandemi telah memacu para marketers untuk memikirkan cara yang unik dan kreatif untuk dapat tetap terhubung dengan konsumen mereka yang sebagian besar waktunya diluangkan di rumah.

Pemasaran augmented reality adalah solusi yang membantu pasar sasaran mencoba produk tanpa harus langsung ke toko batu bata dan mortir.

Dengan augmented reality, calon konsumen dapat mencoba perhiasan atau aksesoris di pergelangan tangan mereka, atau mencoba sofa baru di ruang tamu dengan smartphone mereka.

Konklusi

Tentu mengimplementasi semua strategi di atas secara bersamaan adalah hampir tidak mungkin.Untuk efisiensi, Anda hanya perlu memilih beberapa strategi pemasaran digital yang kami rekomendasikan di atas dan mencoba menerapkannya.

Strategi pemasaran digital yang perlu Anda pilih akan bergantung sepenuhnya pada audiens target, tujuan bisnis, dan industri Anda.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan jasa digital marketing agency untuk membantu dalam merencanakan dan menerapkan strategi digital marketing yang tepat dan efektif untuk bisnis Anda.

Meson merupakan digital marketing agency Jakarta Ia sudah memiliki pengalaman luas dalam menangani strategi pemasaran digital untuk bisnis di berbagai industri.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai hal seputar strategi digital marketing dan penerapannya, Anda bisa menghubungi kami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.