5 Platform Blogging Terbaik Saat Ini yang sering digunakan oleh blogger

Jadi Anda telah memutuskan untuk membuat blog? Selamat!! Selanjutnya, platform blogging mana yang akan Anda pilih? Kebanyakan platform blogging bersifat gratis dan sangat mudah digunakan. Masing-masing memerlukan tingkatan kemampuan teknis yang berbeda-beda. Banyak pilihan gratis tersebut dibentuk di komunitas sosial yang membantu mempromosikan blog dan kontennya. Untuk membantu memilih platform blogging yang tepat bagiAnda, berikut adalah 5 Platform Blogging Terbaik Saat ini yang sering digunakan oleh blogger.

platform blogging terbaik saat ini

  1. WordPress

WordPress masuk ke dalam variasi: WordPress.org dan WordPress.com. Jika Anda baru saja memulai blog, Anda mungkin saja Anda menemukan WordPress.com sebagai pilihan paling simple dan paling murah. WordPress merupakan salah satu platform blogging terbaik saat ini, Namun, jika Anda mencanangkan pengembangan blog ke bisnis yang sebenarnya dan menghasilkan prospek, maka kami sangat menyarankan untuk menggunakan WordPress.org. Perbedaan antara dua versi WordPress adalah blog hosting. Dengan menggunakan WordPress.org Anda harus mencari dan membayar untuk web hosting sendiri. Sedangkan dengan WordPress.com blog Anda akan dihosting di server mereka.

Biaya juga merupakan faktor perbedaannya. Anda bisa membuat blog yang memang benar-benar gratis di WordPress.com. namun di WordPress.org, Anda harus membeli web hosting dan domain sendiri dengan harga yang bermacam-macam mulai dari $40-$100. Perlu dicatat bahwa di seluruh dunia mayoritas blog berjalan di platform WordPress. Walapun ada banyak pilihan untuk blogging, para blogger yang serius kebanyakan memilih WordPress sebagai platform blogging mereka. Keuntungan dari menggunakan WordPress diantaranya: terdapat tema yang bermacam-macam dan memudahkan, memiliki kemudahan untuk menggunakan custom domain, langsung terintegrasi dengan Google Analytics, hingga kemampuan menggunakan tema kustom.

  1. SquareSpace

Fitur yang utama dalam SquareSpace adalah teknologi LayoutEngine. Mereka dapat melakukan click dan drag gambar, mengukur ulang, dan menyesuaikan pemosisian dengan lebih cepat dan lebih halus daripada platform blogging lainnya. Semuanya diletakkan secara presisi di dalam kotak yang sempurna sehingga semuanya selalu selaras. Teks, gambar, atau block dapat dipindahkan ke lokasi yang tepat di tempat yang anda inginkan. Fitur utama lainnya dari SquareSpace adalah beberapa komponen situs yang dapat ditarik bersama-sama di bawah satu platform. SquareSpace adalah platform blogging yang premium-only. Situs dan blog yang menggunakan platform SquareSpace akan dihosting melalui Cloud. Cloud web hosting sifatnya scalable dan stabil sehingga tidak perlu khawatir downtime serta tidak memerlukan perawatan yang dibutuhkan blogger.

  1. Typepad

TypePad adalah platform blogging bisnis yang stabil, kuat, fleksibel, dan menawarkan analisis kuat. Platform ini juga mempromosikan konten Anda ke seluruh jaringannya. Ini berarti Anda juga dapat memperoleh keterlibatan dan traffic blog yang tinggi. Manfaat menggunakan TypePad juga mampu mempublikasikan konten dengan mudah melalui pc ,mobile atau email, kelebihan menjual produk serta layanan akan mendapatkan penghasilan dengan iklan di blog, hingga kemampuan untuk men-tweak atau membuat tema blog sendiri.

  1. Tumblr

Tumblr adalah platform microblogging gratis. Anda dapat dengan mudahnya membuat blog fungsional yang menarik dalam hitungan menit dan Anda dapat meneruskan domain Anda sendiri ke blog Tumblr. Tumblr memungkinkan Anda membagikan segala sesuatu dengan mudah. Postingkan teks, foto, video, kutipan, tautan, musik, dan video dari browser, telepon, desktop, email, atau dari media apapun dimanapun Anda berada. Anda dapat menyesuaikan semuanya mulai dari warna hingga HTML tema Anda.

  1. Blogger

Platform blogging yang populer milik Google, ini sangat mudah disiapkan dan memiliki dukungan online yang sangat baik. Situs yang dijalankan di Blogger bisa mendapat manfaat SEO dari Google, meski hal ini belum dikonfirmasi. Manfaat yang jelas menggunakan Blogger meliputi kemudahan penyiapan, desain dan tata letak yang sederhana dan enak dilihat, tidak melukai backend (tidak ada custom coding), dan gratis. Kekurangan menggunakan Blogger adalah ketidakmampuan custom coding, lingkup yang dibatasi untuk monetisasi, dan pilihan desain tidak  terlihat profesional.

sekian artikel dari platform blogging terbaik saat ini, semoga artikel dapat membantu anda yang sedang kebingungan dalam memilih platform blogging.

kunjungi juga baliwebdesign.co.id untuk artikel menarik lainnya

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.