Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana pesan pembuka WhatsApp Business dapat menjadi kunci dalam membangun hubungan yang efektif dengan pelanggan?
Di era komunikasi yang semakin modern ini, WhatsApp Business telah menjadi alat yang sangat berharga bagi perusahaan untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan.
Pertanyaan mendasar ini mencerminkan pentingnya pesan pembuka yang dapat membangun hubungan pribadi dan memastikan setiap interaksi memberikan dampak positif.
Dalam artikel ini, kita akan mendalami strategi awal WhatsApp Business yang efektif, membahas cara meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan menjadikan setiap pesan sebagai langkah strategis dalam membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.
Sebagai penyedia jasa pembuatan website di bali yang berpengalaman, kami memahami bahwa setiap detail dalam interaksi bisnis sangatlah penting.
Pada paragraf berikutnya, kita akan membahas lebih lanjut strategi pesan pembuka WhatsApp Business yang dapat disesuaikan untuk mencapai komunikasi yang lebih efektif dan mendalam dengan pelanggan.
Dengan pendekatan personal dan teknologi canggih, WhatsApp Business bukan sekedar alat konvensional, namun pintu untuk mempererat ikatan antara bisnis dan pelanggan.
Pesan pembuka WhatsApp harus ekspresif, menarik, dan interaktif
1. Pesan pembuka WhatsApp Business bertujuan untuk menyapa calon konsumen
Salah satu jenis pesan pembuka ketika WhatsApp Business Anda dihubungi oleh calon pelanggan adalah bagian salam. Meski terkesan sepele, namun bagian ini sangat menentukan bagi pelanggan Anda, karena akan memberikan kesan pertama terhadap bisnis yang Anda jalankan. Di bawah ini beberapa contoh pesan pembuka WA Business untuk menyapa pelanggan.
- “Selamat pagi/siang/malam, bersama Toko Beauty Cantika. Saat ini anda sedang ngobrol dengan admin Sisil. Adakah yang bisa membantu?”
- “Halo, selamat datang di Ira Fashion! Kami selalu memberikan produk terbaik dan tentunya mengikuti tren agar Anda tetap modis. Produk apa yang kamu cari, Kak?”
- “Selamat datang di Riasan Aira. Silakan klik menu tersebut untuk mengetahui layanan kami dan membuat pricelist. Segera beri tahu saya jika Anda tertarik menggunakan layanan kami.”
- “Halo Ayah/Ibu, selamat datang di Blue Baby and Spa. Saya Danisha, sebagai admin. Apakah Anda mencari produk untuk usia berapa?”
2. Pesan pembuka WhatsApp Business untuk pesan produk/layanan
Selain salam, Anda juga dapat membuka pesan dengan menjelaskan produk/jasa, cara memesan atau melakukan reservasi, informasi ketersediaan dan informasi pelengkap lainnya.
- “Selamat siang, kami dari Vinara Beauty and Spa. Salon kami menawarkan perawatan seluruh tubuh khusus wanita. Pilih menu untuk mengetahui detail layanan dan harga. Silakan isi formulir reservasi jika Anda sudah menentukan pilihan.”
- “Selamat datang di Toko Herbal Alami Podo Marine. Kami menyediakan berbagai jenis obat herbal, madu, ginseng dan rempah-rempah dalam bentuk bubuk. Kami selalu menjaga kualitas produk agar Anda dapat mengkonsumsinya dengan tenang dan aman. Untuk memesannya, Anda dapat mengisi formulir yang tersedia di atas. Terima kasih.”
- “Selamat datang di layanan pendaftaran online klinik Sejahtera Sehat Bersama. Silakan isi formulir pendaftaran berikut untuk menjadwalkan janji temu dengan dokter. Sekadar informasi, janji temu hanya dilayani minimal H-7 dan maksimal H-1 pada jam kerja pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Kami tutup pada tanggal merah dan hari libur. Terima kasih telah mempercayai layanan kami.”
- “Selamat pagi Kak Damara. Produk Winara Dress saat ini tersedia dalam 4 warna yaitu lilac, malachite, falu red, dan gamboge. Sedangkan ukuran yang tersedia adalah M dan L, ukuran XL dan XXL saat ini stok habis. Jika berminat segera isi formulirnya agar bisa kami proses kak. Terima kasih.”
3. Pesan pembuka WhatsApp Business secara otomatis mengisi formulir
Selain membuka pesan dengan menyapa pelanggan dan mengarahkan pelanggan untuk memesan produk/jasa, Anda juga dapat membukanya dengan pesan bisnis WA otomatis. Biar tidak bingung dalam mengatur formatnya, simak contohnya di bawah ini!
- “Selamat datang di Toko Bunga Terbaik. Untuk memesan, silakan isi formulir berikut.
- Nama :
- Paket yang dipilih :
- Hari, tanggal dan waktu :
- Cara pengambilan barang: ambil di toko/ gosend
- Alamat: isi jika ingin pengiriman gosend
- Metode pembayaran :
Segera isi formulir agar kami dapat memproses pesanan Anda. Terima kasih.”
- “Assalamu’alaikum, Kak. Selamat datang di Toko Pakaian Muslim Airin. Isi terlebih dahulu form di bawah ini agar kami dapat segera memproses pesanan Anda.
- Nama :
- Produk :
- Jumlah :
- Ukuran :
- Alamat :
- Metode pembayaran :
Untuk pemesanan setelah pukul 14.00 WIB akan kami proses hari ini. Lewat dari itu akan kami proses besok. Terima kasih atas kepercayaan Anda pada toko kami!”
- “Halo, Kak. Silakan isi formulir di bawah ini untuk memesan studio foto.
- Nama :
- Universitas :
- Alamat :
- Media sosial :
- Tanggal foto :
- Paket :
- Jumlah orang :
- Studio :
Terima kasih atas kepercayaan Anda memilih kami untuk mengabadikan momen penting dalam hidup Anda!”
4. Pesan pembukaan WhatsApp Business di luar jam kerja
Terakhir, pesan pembukaan WhatsApp Business yang paling sering ditemui adalah di luar jam kerja. Meski di luar jam kerja, Anda tetap harus bersikap ramah dan sopan kepada pelanggan. Berikut kalimat ucapan di WA Business di luar jam kerja.
- “Hai, Kak. Maaf, saat ini Anda menghubungi kami di luar jam kerja. Jadi kami belum bisa merespon pesanan Anda. Besok kamu bisa kembali lagi, Kak. Layanan kami buka Senin-Sabtu pukul 07.00 hingga 20.00 WIB.”
- Assalamu’alaikum Ibu. Layanan kami tutup, Anda dapat menelepon besok mulai pukul 07.00 WIB. Ibu dapat memilih produk terlebih dahulu sambil mengisi formulir. Pesanan akan diproses besok.”
- “Selamat malam, admin kami tutup pada pukul 20.00 WIB. Pesan Anda akan dibalas besok pagi. Terima kasih.”
- “Maaf Ayah/Ibu. Saat ini layanan customer service Adika Play and Learn ditutup. Ayah bisa kembali lagi besok, Ayah/Ibu.”
Setelah mengetahui contoh pesan ucapandi WhatsApp Business, Anda bisa membuat bisnis sendiri. Eits, namun sebelum itu pahami dulu tips membuat pesan pembuka WA Business berikut ini.
1. Selalu ramah dan profesional terhadap konsumen
Tips membuat pesan pembuka WhatsApp adalah mengedepankan sikap ramah namun profesional. Konsumen biasanya akan enggan untuk bertanya atau menelepon balik jika pesan balasannya terkesan kasar, jadi usahakan utamakan untuk membuat pesan yang terasa ramah untuk dibaca.
2. Hindari kalimat yang berbelit-belit
Selain ramah dan profesional, tips dalam menyusun pesan pembuka adalah usahakan agar isi pesan tidak menggunakan kalimat yang berbelit-belit, karena kebanyakan orang malas membaca pesan yang terlalu panjang. Jadi aturlah dengan jelas dan sederhana.
3. Manfaatkan ekstensi keyboard saat mengirim pesan
Agar pesan pembuka yang dikirimkan lebih efektif, Anda dapat menulisnya menggunakan ekstensi keyboard. ShopKey menyediakan ekstensi keyboard atau hotkeys yang dapat digunakan untuk mempermudah transaksi pembelian.
Saat Anda berkomunikasi dengan calon pelanggan, mungkin ada orang yang langsung tertarik dan bertanya. Dengan tombol pintas ini, Anda dapat mengatur agar pertanyaan umum segera dijawab dengan fitur templat balasan cepat, sehingga mereka tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapat balasan.
Selain itu, hotkeys dari Shopkey memiliki layanan akses dasbor cepat. Tombol shortcut ke dashboard memungkinkan Anda untuk segera melihat data dan laporan penting dari bisnis atau platform Anda.
Anda dapat dengan cepat mengakses informasi terkini tanpa harus menavigasi berbagai menu. Calon konsumen tentu akan dengan senang hati mendapatkan balasan yang cepat.
Saat ini ShopKey sudah berbayar, namun Anda tidak perlu khawatir karena harganya masih terjangkau dengan berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan untuk kemajuan bisnis Anda. Selain itu, kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk Anda.
4. Gunakan API WhatsApp
Terakhir, tips membuat pesan pembuka WA Business Anda bisa menggunakan WhatsApp API. Apalagi jika bisnis Anda berskala besar dengan ratusan pelanggan. Pasalnya WhatsApp Business API dirancang untuk menangani volume pesan yang besar dan skala bisnis yang besar.
WhatsApp API memungkinkan integrasi lebih dalam dengan sistem bisnis yang ada, seperti sistem manajemen pelanggan (CRM), sistem pemesanan, platform e-commerce, dan lainnya.
Hal ini memungkinkan otomatisasi proses bisnis dan efisiensi komunikasi. Anda dapat mengirim pesan ledakan dengan lebih mudah. Dengan adanya WA API, berkirim pesan menjadi lebih praktis tentunya. Nah, untuk mendapatkan akses WhatsApp API melalui Shopkey, Anda bisa mengisi form di bawah ini.
Nah di bawah ini ada 15 contoh pesan pembuka bisnis WA dan cara menyusunnya. Kini Anda bisa menerapkan pesan pembuka yang lebih baik dan tentunya lebih efektif. Semoga beruntung!
Penutup: Pesan Pembuka WhatsApp
Sebagai pebisnis cerdas, Anda menyadari bahwa kehadiran online yang kuat adalah kunci memenangkan persaingan di era digital ini. Kami sebagai penyedia jasa pembuatan website berpengalaman di Bali, menawarkan solusi yang tidak hanya menyediakan website, melainkan portal strategis untuk memperluas jangkauan Anda dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan Anda.
Dengan tim ahli yang berfokus pada desain inovatif dan fungsionalitas tinggi, kami siap memandu Anda melalui perjalanan Anda menuju kesuksesan digital.
Investasikan masa depan bisnis Anda dengan layanan pembuatan situs web kami, dan rasakan bagaimana kehadiran online yang profesional dapat menjadi katalisator pertumbuhan berkelanjutan.
Hubungi kami sekarang juga untuk konsultasi gratis dan jadikan kami partner Anda dalam meraih prestasi baru di dunia maya. Dengan keahlian teknis dan dedikasi kami, Anda tidak hanya mendapatkan situs web, namun solusi integral untuk membawa bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi.