Pentingkah Kesamaan Topik Website dengan Keyword Website Kita?

Banyak pertanyaan yang datang dari kawan-kawan tentang pentingkah kesamaan topik website dengan keyword di website kita? Sebagai raja mesin pencari di Dunia tentunya Google menjadi patokan para blogger dalam membuat websitenya dan menjadikannya SEO Friendly. Namun pada kenyataannya banyak yang berusaha ingin mengakali algoritma tersebut dengan berbagai cara. Namun yang terjadi adalah Google terus melakukan perubahan terhadap algoritmanya dan menjadikan perkembangan SEO Google menjadi lebih pesat.

Jadi pertanyaan yang ada di benak blogger tentang adalah apakah kesamaan topik website dengan keyword sangat berpengaruh terhadap SEO website mereka di Google searh?

Jawabannya IYA

Google dalam menerapkan algoritmanya akan terus memperhatikan kaidah dan kualitas hasil pencarian agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat di berbagai penjuru dunia. Fokus dari Google adalah menyediakan hasil pencarian yang sesuai dengan apak yang diinginkan oleh pembacanya. Untuk itu salah satu hal terpenting adalah kesesuaian antara topik website dengan keyword yang diusung. Dengan fokus ini, Google percaya bahwa web tersebut adalah yang di cari oleh penggunanya.

Contoh :

  1. Web tentang Hotel akan kuat di katakunci hotel
  2. Web tentang kesehatan akan kuat di kata kunci kesehatan
  3. Web tentang bola akan kuat di keyword mengenai bola
  4. Dst

Jadi tidak di ragukan lagi bahwa fokus web adalah salah satu yang terpenting saat ini agar mendapat prioritas di Google.

Mengapa kesamaan topik website dengan keyword penting?

Website yang memiliki topik sama dengan keyword yang dicari cenderung memiliki beberapa kelebihan sebagaimana yang diinginkan google seperti :

  1. Pembahasannya kemungkinan akan lebih relevan
  2. Akurasi informasi lebih tinggi, hal ini karena website tersebut fokus di bidangnya.
  3. Pengunjung cenderung akan ‘berlama lama’ di website tersebut, karena mungkin ada informasi lain yang sama dan relevan dengan informasi awal yang dicari.

Dengan terus mengikuti pada aturan ini, sebenarnya kita akan lebih mudah dalam memberikan layanan dan informasi yang jujur pada visitor kita. Google ingin memastikan jika topik yang kita hadirkan di halaman pencarian sesuai dengan kebutuhan pembaca. Sebagai contoh topik “bali web design” pada website ini fokus dalam menghadirkan layanan jasa pembuatan website di Bali.

Demikian semoga bermanfaat…

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.