Bagaimana cara bisnis Anda mengoptimalkan manajemen hubungan pelanggan (CRM) melalui platform yang paling umum digunakan yaitu WhatsApp? Di era dimana interaksi digital semakin mendominasi, integrasi WhatsApp dalam strategi CRM telah menjadi fokus utama bagi banyak perusahaan.
Pertanyaan yang muncul adalah, “Bagaimana WhatsApp bisa menjadi alat yang efektif dalam memperkuat hubungan pelanggan dan meningkatkan kinerja CRM bisnis Anda?”
WhatsApp CRM adalah solusi inovatif yang memungkinkan bisnis berinteraksi langsung dengan pelanggan, memberikan layanan pelanggan yang lebih responsif, dan memanfaatkan data yang dihasilkan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran dan penjualan.
Sebagai penyedia layanan jasa pembuatan website di bali berpengalaman, kami menyadari bahwa integrasi WhatsApp dalam strategi CRM Anda merupakan langkah penting untuk mencapai keunggulan kompetitif.
Pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana WhatsApp CRM dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mendukung pertumbuhan bisnis Anda.
Dengan solusi situs web yang terintegrasi secara cermat, kami siap membantu Anda memanfaatkan potensi WhatsApp CRM untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang unggul dan mencapai kesuksesan di dunia digital yang terus berkembang.
Apa itu WhatsApp CRM?
CRM atau manajemen hubungan pelanggan merupakan perangkat lunak yang berguna untuk membantu proses dan praktik penyimpanan serta penyusunan data pelanggan dari berbagai divisi dalam satu perusahaan.
Dengan software ini, data pelanggan yang menghubungi perusahaan Anda karena ingin membeli suatu produk, mengadukan aplikasi perusahaan atau sekedar membuka website dapat dikumpulkan, disusun berdasarkan kategori dan disimpan untuk kebutuhan di masa depan dengan lebih mudah.
Hasilnya, Anda dapat menyusun strategi pemasaran yang tepat sesuai kebutuhan pelanggan.
WhatsApp CRM merupakan hasil integrasi antara WhatsApp Business API dan software CRM. Dengan cara ini, perusahaan Anda dapat mengirimkan pesan otomatis kepada pelanggan dan hasil percakapan antara perusahaan Anda dan pelanggan dapat disimpan dan diatur sesuai dengan kategori percakapan yang terjadi.
Fitur Utama WhatsApp CRM
Ada beberapa fitur utama yang dimiliki WhatsApp CRM, antara lain:
1. Centang hijau
Centang hijau merupakan fitur WhatsApp yang hanya bisa Anda dapatkan jika menggunakan WhatsApp Business API. Karena untuk mendapatkan fitur ini, legalitas usaha perusahaan Anda harus diverifikasi terlebih dahulu.
Tak hanya centang hijau, nama perusahaan Anda juga akan langsung muncul di layar WhatsApp pelanggan meski pelanggan tidak menyimpan nomor Anda. Memiliki nama dan tanda centang hijau tentunya akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan.
2. Profil dan katalog bisnis
Sama seperti WhatsApp Business biasa, pengguna WhatsApp CRM juga dapat menambahkan informasi perusahaan ke profil bisnisnya dan informasi singkat mengenai produknya di bagian katalog.
Dengan memanfaatkan kedua fitur bisnis ini secara maksimal, pelanggan tidak perlu menanyakan penjelasan kepada tim admin perusahaan Anda mengenai hal-hal umum, seperti jam buka kantor atau detail produk tertentu. Dengan cara ini kinerja bisnis Anda juga bisa lebih efektif dan efisien.
4. Pesan otomatis dan chatbots
Fitur lain di WhatsApp CRM adalah pesan otomatis. Pelanggan akan menerima pesan ini ketika mengirim pesan di luar jam operasional perusahaan atau ketika antrian tiket tim admin sedang sibuk. Fitur ini berguna untuk menginformasikan kepada pelanggan mengenai jam buka dan berapa lama antrian admin berlangsung.
Di sisi lain, chatbot juga merupakan pesan otomatis. Bedanya, chat bot dibuat sedemikian rupa sehingga pelanggan bisa melakukan pembelian atau mencari jawaban atas pertanyaan dan keluhannya secara mandiri.
Fitur chatbot ini hanya akan Anda dapatkan jika menggunakan WhatsApp Business API. Untuk mempelajari cara membuat chatbot WhatsApp, Anda bisa melihat artikel sebelumnya.
5. Alokasi multi-pengguna dan agen
Jika Anda hanya menggunakan WhatsApp Business biasa, maka akun WhatsApp Anda hanya bisa dibuka oleh satu ponsel dan satu WhatsApp Web dalam waktu bersamaan. Namun dengan WhatsApp Business API, akun WhatsApp perusahaan Anda bisa dibuka menggunakan berbagai perangkat sekaligus.
Tak hanya itu, sistem WhatsApp Business API juga memungkinkan pesan masuk dari pelanggan dialokasikan ke agen atau anggota tim admin yang tidak memiliki antrian atau memiliki antrian lebih kecil. Dengan cara ini, pertanyaan atau keluhan pelanggan dapat terjawab lebih cepat.
6. Ledakan WhatsApp
Dengan menggunakan WhatsApp CRM, Anda dapat menyimpan nomor kontak pelanggan Anda dengan mudah. Anda kemudian dapat menggunakan nomor kontak ini sebagai tujuan pengiriman pesan pemasaran dalam jumlah banyak (WhatsApp Blast).
Tentu saja pemasaran dengan cara ini relatif lebih efektif. Sebab, Anda langsung menyasar orang-orang yang sebelumnya sudah pernah membeli produk perusahaan Anda.
7. Manajemen prospek
Leads Management merupakan serangkaian sistem dan metodologi untuk mengidentifikasi calon pelanggan yang berpotensi membeli produk perusahaan Anda.
Dengan menggabungkan software WhatsApp Business API dan CRM, Anda dapat mengetahui data calon konsumen perusahaan Anda dan memberikan strategi pemasaran yang tepat untuk mereka, misalnya dengan memiliki daftar calon konsumen, Anda dapat membuat jadwal tindak lanjut yang sesuai.
8. Manajemen transaksi
Seperti namanya, pada bagian ini Anda akan mengetahui jumlah penjualan produk Anda dan dari mana asal penjualan produk tersebut. Dengan cara ini Anda dapat mengevaluasi data penjualan
dan mengambil strategi atau kebijakan yang sesuai dengan data tersebut.
9. Laporan statistik
Dapatkan informasi statistik tentang penjualan, prospek, dan kinerja setiap anggota tim admin perusahaan Anda dengan WhatsApp CRM. Data ini sangat berguna untuk mengevaluasi kinerja bisnis serta menentukan strategi bisnis yang tepat.
Manfaat WhatsApp CRM untuk Bisnis
1. Memudahkan pembuatan profil pelanggan
Pembuatan profil pelanggan adalah proses mengidentifikasi pelanggan berdasarkan profil mereka, baik itu nama atau alamat atau riwayat interaksi mereka dengan perusahaan Anda.
Dengan mengetahui profil pelanggan ini, perusahaan Anda dapat mengirimkan pesan atau program pemasaran yang sesuai, membuat iklan bertarget dan masih banyak lagi.
Dengan kemampuan menyimpan, menyusun, dan melaporkan statistik obrolan hanya dalam satu dasbor, WhatsApp CRM memudahkan Anda mengidentifikasi “siapa sebenarnya pelanggan perusahaan Anda”.
2. Memfasilitasi komunikasi antara pelanggan dan perusahaan
Dengan kemampuan mengalokasikan chat secara otomatis ke tim yang bertugas dan kemampuan mengirim pesan siaran, komunikasi dua arah antara pelanggan dan perusahaan akan lebih mudah menggunakan WhatsApp CRM.
Komunikasi dua arah ini penting mengingat masukan dari pelanggan seringkali sangat berguna untuk pengembangan produk perusahaan di masa depan.
3. Memudahkan pengelolaan penjualan
Produk Anda tidak hanya dijual di WhatsApp tapi juga di Facebook dan Instagram, atau bahkan aplikasi e-commerce? Anda tidak perlu khawatir. Karena dengan WhatsApp CRM, semua sales order bisa dilakukan hanya dengan menggunakan satu dashboard. Dengan cara ini, risiko terjadinya double order dapat diminimalisir.
4. Meningkatkan kredibilitas perusahaan
Memiliki tanda centang hijau dan peningkatan kualitas pelayanan akan meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata pelanggan. Ketika kredibilitas perusahaan baik di mata pelanggan, maka pelanggan tersebut akan datang lagi dan lagi sehingga berdampak pada peningkatan retensi pelanggan.
Cara Mendapatkan Whatsapp CRM
Untuk mendapatkan WhatsApp CRM, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat WhatsApp Business API terlebih dahulu.
Berbeda dengan WhatsApp Business biasa yang bisa diunduh gratis di Google Play Store, untuk mendapatkan WhatsApp Business API, Anda harus mendaftar ke WhatsApp Business Solution Provider (BSP) resmi di Indonesia.
ShopKey adalah BSP resmi WhatsApp di Indonesia. Dengan membuat akun WhatsApp Business API di ShopKey, otomatis Anda akan mendapatkan software CRM sekaligus, sehingga tidak perlu registrasi dua kali.
Dengan berlangganan WhatsApp Business API di ShopKey, Anda tidak hanya mendapatkan 1000 percakapan gratis setiap harinya, tetapi Anda juga dapat mengintegrasikan akun WhatsApp Anda dengan fitur Shopkey seperti Webstore atau Hotkeys.
Jadi tunggu apa lagi? Dapatkan WhatsApp CRM untuk perusahaan Anda dengan ShopKey sekarang!
Kesimpulan: WhatsApp CRM
Mengakhiri perbincangan ini, kami sebagai penyedia jasa pembuatan website berpengalaman di bali ingin menawarkan peluang kolaborasi yang dapat membawa bisnis Anda ke level selanjutnya.
Integrasi WhatsApp CRM bukan sekadar fitur tambahan di situs web Anda, namun merupakan kunci untuk meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan keterlibatan pelanggan.
Dengan dukungan tim ahli kami, kami menawarkan solusi pembuatan situs web yang tidak hanya responsif dan estetis tetapi juga terintegrasi dengan baik, memungkinkan Anda memanfaatkan potensi WhatsApp CRM secara maksimal.
Hubungi kami hari ini untuk konsultasi gratis dan raih kesuksesan bersama kami. Bersama-sama, kita dapat merancang situs web yang tidak hanya menciptakan hubungan pelanggan yang kuat melalui WhatsApp CRM namun juga memberikan pengalaman digital yang unggul.
Jangan lewatkan kesempatan untuk memimpin di dunia digital. Dengan layanan pembuatan website kami, mari wujudkan visi bisnis Anda dan tingkatkan kesuksesan melalui integrasi WhatsApp CRM yang efektif.