Bingung gimana cara Multiple User di WhatApp untuk Pelanggan ? Tahukah Anda betapa pentingnya mengoptimalkan layanan pelanggan di era digital ini? Bagaimana jika bisnis Anda dapat mengintegrasikan layanan WhatsApp Business untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan secara efisien?
Jawabannya terletak pada keunggulan Multiple User WhatsApp Business. Seiring pertumbuhan bisnis, pertanyaan mendasar yang patut dipertimbangkan adalah: “Bagaimana kita dapat meningkatkan produktivitas dan daya tanggap layanan pelanggan dengan memanfaatkan Banyak Pengguna WhatsApp Business?”
Ketika satu akun tidak lagi mencukupi, sistem ini memungkinkan tim Anda bekerja secara kolaboratif untuk menangani beberapa respons pelanggan secara bersamaan, memastikan setiap pertanyaan dan permintaan mendapat perhatian maksimal.
Era dimana kemudahan dan efisiensi bertemu, memberikan kesan profesional dan memuaskan bagi setiap pengguna jasa Anda.
Dengan Multiple User WhatsApp Business, pengalaman pelanggan menjadi lebih dinamis dan personal.
Tim Anda dapat dengan mudah berkoordinasi untuk memberikan respon yang cepat dan relevan, memberikan layanan yang lebih responsif dan adaptif terhadap kebutuhan pelanggan.
Jadi, bisnis Anda tidak hanya menjadi lebih terjangkau secara digital, namun juga mampu memberikan pengalaman pelanggan yang unggul.
Dengan solusi ini, Anda dapat menyesuaikan kapasitas layanan pelanggan seiring berkembangnya bisnis Anda, membuktikan bahwa Multiple User WhatsApp Business bukan sekedar solusi praktis, namun juga langkah cerdas untuk membangun landasan bisnis yang berkelanjutan.
Apa yang dimaksud dengan Multiple User WhatsApp Business?
Beberapa pengguna adalah fitur di WhatsApp Business yang memungkinkan satu nomor WhatsApp digunakan oleh beberapa orang di beberapa perangkat secara bersamaan. Hal ini memungkinkan Anda dan tim admin perusahaan Anda dapat menjawab pertanyaan atau keluhan pelanggan dengan lebih cepat dan tepat.
Untuk WA Business reguler, jumlah orang dan perangkat yang dapat mengakses akun ini secara bersamaan adalah 5 orang dengan satu atau dua orang menggunakan ponsel dan sisanya menggunakan WhatsApp di desktop atau web.
Untuk fasilitas terbaru WhatsApp yaitu WhatsApp Business Premium, multiple user ini bisa diakses oleh 10 orang secara bersamaan.
Lalu bagaimana jika bisnis Anda memiliki tim admin yang terdiri lebih dari 10 orang? Jadi solusinya adalah dengan menggunakan WhatsApp Business API.
Dengan WhatsApp Business API, Anda dapat mengelola pesan masuk dari pelanggan dengan lebih efisien karena jumlah admin yang dapat mengakses akun WhatsApp perusahaan Anda unlimited atau unlimited. Selain itu, setiap pesan masuk akan dialokasikan oleh sistem ke anggota tim admin yang kosong.
Cara Menggunakan Fitur Banyak Pengguna di WhatsApp Business
1. WhatsApp Bisnis Reguler
Berikut cara menggunakan fitur multiple user di WhatsApp Business reguler, yaitu:
- Buka Aplikasi WA Business Anda.
- Klik ikon 3 titik vertikal di kanan atas.
- Pilih Perangkat Tertaut,
- Pilih Multi-Perangkat Beta,
- Pilih Gabung Beta.
Informasi terkini, fitur multiple user di WA Business biasa kini bisa digunakan oleh 5 orang, 1 di perangkat utama, 1 di ponsel tambahan, dan 3 di WhatsApp Web atau desktop.
Meski cocok untuk bisnis skala kecil, namun kekurangan versi ini adalah perlunya sinkronisasi chat berulang kali antar beberapa perangkat. Selain itu, pesan yang masuk tidak dapat otomatis dialokasikan ke admin tertentu.
Kelebihannya untuk mendapatkan fitur ini Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun karena aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis di Google Play Store.
2. WhatsApp Bisnis Premium
Cara mengatur penggunaan akun di perangkat berbeda menggunakan WhatsApp Business Premium kurang lebih sama dengan WA Business biasa. Namun fitur ini bisa digunakan oleh 10 perangkat sekaligus,
Anda dapat memberi nama perangkat penerima pesan di perangkat utama Anda dan tentunya berbayar. Besaran nominal pembayaran ini di Indonesia masih belum bisa dipastikan, karena WhatsApp Business premium baru diluncurkan pada akhir tahun 2022.
3. API WhatsApp Bisnis
Sebelum menggunakan fitur beberapa pengguna di WhatsApp API, Anda perlu mencari Penyedia Solusi Bisnis WhatsApp (BSP) Resmi terlebih dahulu. hal ini dikarenakan
Pasalnya, WhatsApp Business API tidak berbentuk aplikasi seperti WhatsApp Business biasa yang bisa diunduh langsung dari Google Play Store atau App Store.
Peran BSP di sini adalah menyediakan “kunci” yang memungkinkan Anda menerima pesan WhatsApp dan menyalurkannya ke dasbor WhatsApp API.
Setelah menemukan BSP, Anda tinggal melakukan langkah verifikasi bisnis dengan Meta (perusahaan yang membawahi WhatsApp). Untuk mendapatkan ACC dari Meta, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar WhatsApp API.
Di antaranya menyiapkan Facebook Business Manager dan berbagai dokumen hukum. Anda tidak perlu khawatir, karena jika Anda berlangganan WhatsApp Business API dari ShopKey, ShopKey akan membantu Anda melakukan hal tersebut.
Setelah proses ini selesai, yang harus Anda lakukan hanyalah memasukkan nama anggota tim admin atau agen yang bertugas menerima pesan. Dalam hal ini, Anda dapat memasukkan sejumlah nama tim admin yang Anda inginkan.
Manfaat Menggunakan Fitur Banyak Pengguna di WhatsApp Business
Fitur banyak pengguna di WA Business biasanya menguntungkan bisnis skala kecil karena:
- Gratis. Anda cukup mendownload aplikasi WA Business di Google Play, lakukan pengaturan sederhana di atas, maka nomor WA bisnis Anda sudah bisa diakses melalui 5 perangkat sekaligus.
- Mempermudah komunikasi dengan pelanggan. Pesanan sedang sibuk? Tak perlu khawatir, dengan bisa diakses oleh 5 admin sekaligus, pelanggan akan mendapatkan informasi lebih cepat.
Kekurangan Menggunakan Fitur Banyak Pengguna di WhatsApp Business
Namun, terdapat beberapa kekurangan pada fitur multi-pengguna di WhatsApp Business biasa, antara lain:
- Di WhatsApp Business biasa, Anda tidak dapat mengelola admin yang akan menerima pesan secara otomatis. Hasilnya, satu pelanggan dapat ditangani oleh dua atau lebih admin berbeda. Pesan juga bisa diterima oleh admin yang mempunyai banyak pesan.
- Harus terus menyinkronkan perangkat. Jika Anda menggunakan WhatsApp Business biasa, Anda perlu melakukan sinkronisasi perangkat berulang kali, terutama pada perangkat yang berbeda dari sebelumnya, yang dapat menyebabkan nomor WhatsApp Anda diblokir oleh Meta.
- Tidak dapat melihat rekam jejak kinerja tim admin. Pada aplikasi WhatsApp Business biasa, Anda hanya akan bisa melihat history chat masing-masing agen atau tim admin dan Anda tidak bisa mengurutkan jumlah penjualan atau lead yang dibuat oleh satu orang atau beberapa admin saja. Akibatnya, Anda tidak akan mengetahui anggota tim admin mana yang mencetak penjualan terbanyak dan memberi mereka bonus.
- Fitur banyak pengguna di WhatsApp Business reguler hanya dapat digunakan oleh 5 perangkat secara bersamaan. Tentunya mekanisme ini akan kurang menguntungkan jika bisnis Anda sedang berkembang sehingga memerlukan lebih dari 5 admin atau agen untuk menangani penjualan atau keluhan dari pelanggan.
Lantas, bagaimana jika sebuah bisnis memiliki ribuan bahkan ratusan ribu chat yang masuk setiap harinya? Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan WhatsApp Business API dari ShopKey. ShopKey adalah Penyedia Layanan Bisnis (BSP) WhatsApp resmi di Indonesia.
Dengan menggunakan API ini, satu nomor WA Business saja sudah bisa digunakan oleh puluhan admin dengan berbagai perangkat berbeda dalam waktu bersamaan. Selain itu, Anda atau manajer yang bertugas juga dapat mengalokasikan pesan ke agen yang sesuai.
Hebatnya lagi, WhatsApp Business API juga dilengkapi dengan fitur chatbot. Chatbot ini tidak hanya akan merespon pesan pelanggan secara otomatis, tetapi juga membantu pelanggan berbelanja atau mengirimkan keluhan secara mandiri.
Hasilnya, pelanggan bisa mendapatkan balasan pesan lebih cepat dan pekerjaan tim admin perusahaan bisa lebih ringan. Jadi, yuk beralih menggunakan WhatsApp Business API untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis!
Kesimpulan: Multiple User WhatsApp Business
Sebagai penutup perbincangan ini, kami mengajak Anda untuk mengeksplorasi potensi tak terbatas yang dapat dibuka melalui layanan jasa pembuatan website di bali. Kami memahami bahwa desain dan fungsionalitas situs web adalah kunci kesuksesan pertumbuhan bisnis Anda.
Dengan komitmen memberikan solusi inovatif dan berkualitas, tim ahli kami siap membantu mewujudkan visi digital Anda.
Dengan pendekatan yang terfokus pada kebutuhan klien, kami tidak hanya menciptakan tampilan yang menarik namun juga memastikan kinerja optimal untuk mencapai tujuan bisnis Anda.
Dapatkan keunggulan kompetitif melalui desain responsif, integrasi Banyak Pengguna WhatsApp Business, dan strategi SEO yang efektif.
Kami percaya bahwa setiap proyek adalah investasi dalam kesuksesan Anda, dan kami berkomitmen untuk menyediakan layanan yang tidak hanya memenuhi harapan tetapi juga melebihi harapan.
Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki website yang mencerminkan identitas bisnis Anda dan memikat audiens target Anda. Hubungi kami sekarang untuk konsultasi gratis dan mulailah perjalanan digital Anda menuju kesuksesan dengan layanan pembuatan website kami.