8 Tips Mengoptimalkan Produktifitas Wirausaha eCommerce

Bagaimana cara Mengoptimalkan Produktifitas Wirausaha? Yakinkan terhadap diri Anda jika tidak ada seorang wirausaha pun yang tidak pernah bekerjakeras dan mencoba melakukan 10 hal sekaligus dalam sekali waktu. Mengelola bisnis atau usaha sendiri, khususnya bisnis eCommerce, membutuhkan perhatian setiap detik, energi serta pengorbanan pemiliknya. Banyak tahapan yang perlu dilakukan. Banyak diantaranya bahkan tidak memiliki karyawan untuk bisa membantu semua pekerjaaannya.

Bersyukurnya masih ada kiat produktif yang dapat mempermudah hal tersebut. Beberapa hal di bawah ini akan memberikan perbedan yang besar bagaimana Anda bisa menjalankan usaha eCommerce. Sebelumnya mungkin seakan-akan Anda mampu menggandakan diri Anda dalam menyelesaikan perkerjaan tersebut.

Berikut daftar 8 tips beguna untuk mengoptimalkan produktifitas Anda.

1# Selalu membuat Prioritas                    

Jika Anda suka melakukan hal ini, mulai bekerja dan periksa email masuk. Jika merasa bingung untuk memutuskan apa yang akan dikerjakan pertama kali, bisa dilakukan sembari menyeduh kopi. Ini memang bukan kebiasaan yang efisien. Sistem kerja akan membuat lebih baik jika Anda sudah memutuskan hal pertamakali di akhir jam kerja. Seandainya hari ini Anda belum selesai menulis konten blog, maka buatlah pekerjaan itu di urutan teratas pada keesokan harinya.

2# Buatlah hari bertema

Anda bisa lebih fokus pada prioritas di atas menjadi lebih fokus pada salah satu bagian usaha Anda pada hari tertentu dibagian lainnya pada hari yang berbeda.

Anda bisa menyelesaikan pesanan dihari senin dan jumat, semetara untuk pemasaran dihari rabu. Mengenai tampilan dan administrasi dihari selasa dan kamis dan demikian seterusnya. Sehingga Anda mempunyai hari kerja untuk fokus pada bagian usaha tertentu, dengan demikian Anda punya perhatian terbaik setiap bagian tersebut.

3# Outsourcing meski sedikit

Mungkinpun Anda merasa jika Anda adalah satu-satunya orang yang bisa melakukan semua dengan benar, namun dengan melakukan semuanya seorang diri bisa menjadikan hasil yang jauh dari apa yang diharapkan.

Bukalah kesempatan bagi pekerja lepas untuk membantu Anda pada proyek-proyek Anda. Contohnya seperti mengatur media sosial atau kampanye email, sehingga Anda bisa lebih efektif menyelesaikan pekerjaan penting. Anda akan lebih banyak waktu dan energi untuk sisi lain usaha Anda.

4# Punya sistem daftar pekerjaan

Siapapun memiliki sistem yang berbeda untuk mengingatkan tentang apa yang harus dan perlu untuk dilakukan. Contohnya seperti :

  • Catatan
  • Kertas tempel
  • Agenda
  • Kalender digital
  • Aplikasi task

Anda juga bisa menggunakan Google Calendar sebagai satu pilihan yang baik untuk Anda. Dengan alat ini Anda bisa memberikan batasan waktu untuk setiap pekerjaan dan Anda dapat mendapatkan peringatan pula. Seandainya masih belum bisa membantu, silahkan cari cara yang tepat. Karena yang terpenting, pastikan sistem tersebut dapat membantu Anda mengatur daftar pekerjaan.

5# Lakukan otomatisasi sebisa mungkin

Jadikanlah teknologi sebagai teman Anda. Banyak alat untuk otomatisasi yang bisa membantu Anda melakukan lebih sedikit usaha. Sehingga Anda bisa mempersingkat waktu kerja. Contohnya:

  • Atur email pemasaran Anda yang bisa secara otomatis mengirimkan email setelah penjualan.
  • Penjadwalan posting blog yang akan di edarkan
  • Pembagian posting blog ke media sosial dengan otomatis.

6# Tentukan waktu terbaik untuk Anda bekerja.

Hal terbaik memiliki perusahaan eCommerse adalah Anda tidak terikat aturan standar kerja dari jam 9 sampai jam 5. Jika Anda menyadari bisa bekerja secara produktif setelah anak anak Anda tidur, maka pilihlah waktu tersebut untuk bekerja. Yang jadi perhatian adalah putuskan waktu yang tepat kapan Anda bisa bekerja. Anda adalah bosnya, buatlah jadwal terbaik untuk Anda.

7# Lakukan pekerjaan yang tersulit pertama kali pada pagi hari

Kadangkali memang ada beberapa pekerjaan yang memberikan kesan begitu sulit untuk di selesaikan. Dan kadangkali itu hanya sejauh pemikiran Anda terhadap pekerjaan tersebut. Sehingga akan lebih baik jika Anda sejak awal sudah mulai menghadapinya, setelah terselesaikan pekerjaan tersebut, Anda dapat jauh lebih ringan menghadapi pekerjaan lain sepanjang hari tersebut.

8# Luangkanlah waktu istirahat sejenak

Saat Anda merasa pelik saat menyelesaikan pekerjaan, luangkanlah waktu meskipun sesaat. Hal itu bisa meningkatkan mental Anda, dan mengurangi kelelahan. Dengan melakukan hal ini akan membuat Anda jauh lebih produktif. Sederhananya, jauhkan Anda dari meja kerja ketika makan siang. Jalan berkeliling komplek sambil peregangan, sesaat keluarlah dari ruangan kantor Anda.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.