people also ask

Mengenal Fitur People Also Ask dan Cara Mengoptimisasinya

Halo, selamat datang! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang fitur People Also Ask (PAA) atau yang seringkali disebut juga dengan “orang juga bertanya”. Fitur ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar pengguna mesin pencari seperti Google.

PAA adalah salah satu fitur yang sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh pengguna internet.

Dalam fitur PAA, kita akan menemukan serangkaian pertanyaan dan jawaban yang berhubungan dengan kata kunci yang sedang dicari oleh pengguna internet. Fitur ini sangat berguna untuk mempercepat pencarian informasi yang diinginkan.

Dengan hanya mengetikkan satu kata kunci, pengguna dapat menemukan jawaban atas berbagai pertanyaan yang seringkali muncul terkait topik yang sedang dicari.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua pertanyaan yang muncul di PAA memiliki jawaban yang akurat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memeriksa kebenaran jawaban yang diberikan melalui sumber yang terpercaya.

Secara umum, fitur PAA memberikan keuntungan bagi para pengguna internet untuk mempercepat pencarian informasi yang dibutuhkan. Selain itu, fitur ini juga dapat memperluas wawasan dan pengetahuan pengguna internet mengenai topik tertentu.

Akan tetapi, kita juga harus waspada dalam memilih jawaban yang tepat dan menghindari informasi yang salah. Semoga penjelasan ini dapat membantu kamu untuk lebih memahami fitur People Also Ask.

Mengenal Fitur People Also Ask dan Cara Mengoptimisasinya

People Also Ask atau PAA adalah fitur SERP dari Google yang dirancang untuk menjawab pertanyaan terkait dari hasil pencarian yang dilakukan oleh mesin pencari. Jawaban yang disajikan berasal dari situs web yang dapat diklik pengguna jika pencari ingin membaca jawaban atau situs web lebih detail.

Untuk lebih memahami Orang Juga Bertanya atau PAA, Anda perlu memahami setidaknya tiga karakteristik: di mana PAA muncul, format respons di PAA, dan sumber respons PAA.

1. Posisi awal PAA

PAA mungkin muncul di hasil pencarian dalam urutan yang berbeda. Misalnya, saat mencari cara menghemat listrik, PAA muncul di posisi 1 di bawah potongan fungsi. Sedangkan untuk pencarian dengan kata kunci tips hemat energi, kolom PAA baru muncul di posisi ketiga. Kemudian biasanya fitur PAA tidak muncul di hasil pencarian.

Hasil kajian SEMRush sendiri menunjukkan bahwa PAA secara umum muncul di posisi 3 besar. Hal ini jelas membuat fitur SERP yang satu ini sangat layak untuk Anda perhatikan untuk bisa mendapatkan trafik. Kemudian, seperti di cuplikan fungsi.

2. Format tanggapan PAA

PAA dapat muncul dalam berbagai format, mulai dari paragraf hingga daftar, tabel, dan video. Inilah yang harus Anda fokuskan saat mencoba mengoptimalkan konten untuk Orang Juga Bertanya.

3. Sumber tanggapan PAA

Terakhir, sumber jawaban atas pertanyaan PAA yang sama akan selalu berasal dari sumber yang sama. Misalnya dalam riset kata kunci, cara membuat website dan apa itu website. Anda dapat menemukan pertanyaan langkah demi langkah tentang cara membuat situs web gratis. Meskipun kedua kata kunci tersebut jelas memiliki maksud atau tujuan serta skor SERP yang berbeda, namun sumber jawaban yang digunakan Google untuk menjawab pertanyaan tersebut di kolom PAA berasal dari sumber yang sama.

Nah, hal inilah yang membuat PAA semakin layak untuk Anda perhatikan dan optimalkan sebagai bagian dari strategi SEO Anda. Karena jika Anda berhasil mendapatkan pertanyaan dari berbagai kata kunci dengan jumlah yang relatif besar, maka bukan tidak mungkin website Anda mendapatkan beberapa trafik dari jumlah kata kunci tersebut tanpa harus memeringkat semuanya untuk kata kunci.

Bagaimana cara mengoptimalkan konten untuk orang JUGA bertanya?

Setidaknya ada tiga langkah sederhana yang dapat Anda gunakan sebagai panduan untuk mengoptimalkan konten website Anda untuk PAA. Tentukan pertanyaan yang ingin dijawab, lalu tentukan konten yang ingin dioptimalkan, lalu jawab pertanyaan tersebut dalam format yang diminta oleh Google. Salah satu kunci untuk mendapatkan hasil Orang Juga Bertanya adalah menjawab pertanyaan yang tepat.

1. Tetapkan pertanyaan yang tepat

Ada beberapa cara untuk menemukan pertanyaan yang tepat. Pertama, Anda dapat menggunakan alat pencarian kata kunci seperti SEMrush. Pada tool SEMRush, Anda dapat memasukkan key keyword atau kata kunci yang ingin Anda gali lebih dalam pada fitur Keyword Magic Tool. Pada fitur ini, Anda dapat menggunakan filter untuk mengetahui kata kunci pertanyaan mana yang mungkin muncul di kolom People Also Ask atau PAA.

Selain alat berbayar, Anda juga dapat menggunakan alat yang dibayar sebagian seperti Juga Ditanyakan. Dengan alat ini, Anda dapat menjalankan tiga pencarian gratis setiap hari untuk menemukan pertanyaan terkait kata kunci yang Anda masukkan. Alat Bertanya juga memiliki keuntungan bahwa Anda dapat mengetahui pertanyaan apa yang muncul dalam pencarian Anda dengan menggunakan kata kunci terkait pertanyaan tersebut.

2. Tentukan konten yang ingin Anda optimalkan

Setelah Anda menemukan pertanyaan yang menurut Anda perlu dijawab, saatnya untuk mengidentifikasi konten yang akan Anda optimalkan. Selalu perhatikan relevansi saat menentukan konten yang akan Anda optimalkan.

Misalnya, Anda memiliki konten tentang merekomendasikan laptop terbaik untuk bekerja yang memiliki performa bagus. Mencoba menjawab pertanyaan seperti “cara mempercepat laptop yang lambat” atau “mengapa menyalakan laptop lama” adalah ide yang buruk. Meskipun kedua pertanyaan ini tentang laptop. Cobalah untuk menjawab pertanyaan konten yang tepat yang relevan dengan topik konten Anda.

3. Menjawab pertanyaan sesuai format Google

Terakhir, setelah Anda menemukan pertanyaan yang tepat dan konten yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut, saatnya untuk mulai menulis jawaban atau konten. Tidak ada pedoman resmi Google tentang cara menjawab pertanyaan di kolom PAA. Anda bahkan dapat menemukan berbagai cara orang menjawab pertanyaan di kolom PAA. Tetapi setidaknya Anda dapat menemukan beberapa panduan untuk dipatuhi.

Pastikan untuk menjawab pertanyaan dalam format yang disukai Google. Untuk menemukan format yang tepat, cukup buka Jawaban Pertanyaan PAA yang ingin Anda jawab. Kemudian, jika jawaban yang diinginkan Google berupa teks atau paragraf, pastikan Anda menjawab pertanyaan tersebut sesingkat mungkin. Seberapa singkat Anda harus menjawabnya? Sekali lagi, tidak ada panduan resmi dari Google mengenai hal ini.

Namun beberapa penelitian, seperti yang dilakukan oleh SEMRush, menunjukkan bahwa rata-rata panjang jawaban soal PAA berbentuk paragraf berkisar antara 40 hingga 45 kata. Tentu saja, ini hanyalah angka, dalam artian Anda tidak harus mengikuti arahan ini secara ketat. Namun Anda tetap perlu memperhatikan kebutuhan para pencari dengan membuka kolom pertanyaan PAA yang Anda miliki. Mereka menginginkan jawaban yang singkat, padat, dan jelas.

Namun yang tidak kalah pentingnya adalah meletakkan jawaban di headline yang tepat. Pertanyaan PAA umumnya adalah berita utama dengan jawaban. Karena itu, sangat disarankan agar Anda menggunakan pertanyaan yang muncul di PAA sebagai judul saat menjawab pertanyaan. Ini tidak berarti Anda bisa mendapatkan bidang PAA secara otomatis. Tapi setidaknya Anda mempermudah Google dan pembaca untuk mengkonsumsi dan memahami konten Anda.

Kesimpulan tentang Mengenal Fitur People Also Ask dan Cara Mengoptimisasinya

Untuk kesimpulan, fitur People Also Ask (PAA) adalah salah satu fitur mesin pencari yang sangat berguna dalam mencari informasi secara cepat dan mudah. Dengan menampilkan serangkaian pertanyaan dan jawaban terkait kata kunci yang dicari oleh pengguna internet, fitur ini dapat membantu memperluas pengetahuan dan wawasan pengguna internet mengenai topik tertentu.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua jawaban yang muncul di fitur PAA merupakan jawaban yang akurat. Oleh karena itu, kita harus selalu memeriksa kebenaran jawaban melalui sumber yang terpercaya. Dalam hal ini, kritis dan selektif dalam memilih informasi sangatlah penting.

Demikianlah penjelasan mengenai fitur People Also Ask. Semoga penjelasan ini dapat membantu kamu untuk lebih memahami dan memanfaatkan fitur tersebut secara optimal dalam mencari informasi di internet. Terima kasih telah membaca!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *