6 Langkah Membuat Rencana Pemasaran Sosial Media

Banyak sekali pengembang media sosial seperti facebook, twetter ,  google plus , dan lainnya. Setiap tindakan Anda yang Anda lakukan di jejaring sosial harus menjadi bagian dari strategi pemasaran disosial media Anda. Itu berarti disetiap postingan, balasan, likes, komentar, semua harus dipandu oleh sebuah rencana yang mengarah pada tujuan bisnis. Mungkin terdengar rumit, tapi jika Anda meluangkan waktu untuk membuat strategi sosial media yang komprehensif, Anda akan mendapatkan hasil yang sempurna berikut , 6 Langkah Membuat Rencana Pemasaran Sosial Media.

6 Langkah Membuat Rencana Pemasaran Sosial Media

Apa Itu Rencana Pemasaran Sosial Media?

Rencana pemasaran sosial media adalah ringkasan dari semua hal yang Anda rencanakan dan harapkan agar cepat tercapai. Rencana ini harus mencakup audit terhadap akun Anda, tujuan di masa mendatang, dan semua tools yang ingin digunakan. Secara harfiah, semakin spesifik Anda mendapatkan rencana pemasaran, semakin efektif pengimplementasiannya. Cobalah untuk tetap ringkas. Jangan membuat strategi pemasaran sosial media yang terlalu tinggi dan luas sehingga tidak dapat di jangkau. Simak penjelasan berikut , langkah-langkah membuat rencana pemasaran sosial media berikut untuk membuat keputusan yang tepat bagi bisnis Anda.

 

Menciptakan Tujuan Dan Target Pemasaran

Langkah pertama adalah menetapkan tujuan dan sasaran yang ingin Anda capai. Dengan begitu , memungkinkan Anda bereaksi lebih cepat saat melakukan kampanye sosial media yang belum memenuhi harapan. Tanpa sasaran, Anda juga tidak memiliki alat untuk mengukur keberhasilan atau membuktikan laba atas investasi (ROI) Anda. mengenai tujuan ini harus disesuaikan dengan strategi pemasaran yang lebih luas, sehingga bisnis yang anda bentuk dapat mengarah ke tujuan yang tepat. Jika strategi sosial media Anda benar-benar terbukti mendukung sasaran bisnis, sangat besar kemungkinan  Anda akan mendapatkan pembelian dan investasi.

Komponen kunci untuk menetapkan sasaran yang efektif adalah menentukan metrik apa yang akan digunakan untuk mengukur keberhasilannya. Jangan hanya sekedar menggunakan metrik retweet, like, maupun komentar. fokuslah pada hal-hal seperti prospek yang dihasilkan, rujukan web,  rasio konversi , dan hal lainnya lagi.

 

Melakukan Audit Sosial Media

Sebelum membuat rencana pemasaran, Anda perlu melakukan penilaian terhadap penggunaan sosial media Anda saat ini dan bagaimana kinerjanya. Ini Artinya, Anda perlu mencari tahu siapa yang saat ini terhubung dengan bisnis Anda, dan bagaimana kehadiran sosial media Anda dibandingkan dengan para pesaing. Setelah Anda melakukan audit, Anda harus memiliki gambaran yang jelas tentang setiap akun sosial yang mewakili bisnis Anda dan tujuan apa yang mereka layani.

 

Membuat dan Memperbaiki Akun Sosial Media

Setelah selesai dengan audit sosial media, saatnya untuk melatih kehadiran online Anda. Pilih jaringan yang paling sesuai dengan sasaran. Jika Anda belum mempunyai profil sosial media di setiap jaringan yang ditargetkan, bangunlah dari awal dengan tujuan dan fokus yang lebih luas lagi. Jika Anda menggunakan akun yang sudah ada, maka anda hanya tinggal memperbarui dan menyempurnakannya untuk mendapatkan hasil terbaik.

 

Mengumpulkan Inspirasi untuk Pemasaran Sosial Media

Tidak yakin konten dan informasi apa yang mampu meningkatkan pemasaran sosial media Anda? Sebagai inspirasi, perhatikanlah apa yang orang lain bagikan dan gunakan di sosial media untuk bisa membedakan diri dengan pesaing dan membuat yang lebih baik. Konsumen juga dapat memberikan inspirasi pemasaran, tidak hanya dari konten yang mereka bagikan namun dengan cara mereka mengutarakan pesan.

 

Menyusun Rencana Pemasaran Konten Dan Kalender Konten

Memiliki konten yang bagus untuk dibagikan akan sangat penting. Rencana pemasaran sosial media Anda juga harus menyertakan rencana pemasaran konten yang terdiri dari strategi pembuatan konten, kurasi konten, serta kalender konten. Maka , ini dapat membantu anda dalam penjadwalan dan membuat konten jadi lebih baik.

 

Uji, Evaluasi, Dan Sesuaikan Rencana Pemasaran Sosial Media Anda

Untuk mengetahui penyesuaian apa yang perlu dilakukan terhadap strategi pemasaran sosial media, Anda tentu harus mengandalkan pengujian dan evaluasi konstan. Catat dan analisa keberhasilan dan kegagalan yang Anda Alami, lalu sesuaikan dengan rencana pemasaran sosial media Anda.

sekian artikel ini , semoga bermanfaat bagi anda kunjungi juga baliwebdesign.co.id untuk artikel menarik lainnya

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.