Materi Cetak Tetap Dibutuhkan di Era Digital, Ini 3 Alasannya!

Di masa yang sudah maju ini  media sosial dan sistem digital telah dikembangkan, tidak selalu semuanya akan ketinggalan zaman. Masih ada banyak hal atau cara lama yang tetap masih bisa digunakan dan dapat beradaptasi dengan waktu. Dengan Salah satunya adalah penggunaan materi cetak di tengah gempuran materi-materi digital.

Dengan diakui atau tidak materi media cetak masih menjadi salah satu hal yang tetap penting bagi pemasaran dan pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis di era digital. Bahkan cara yang dianggap konvensional ini sudah diakui oleh banyak pihak masih sangat membantu mereka menjangkau lebih banyak pelanggan. Di beberapa daerah dan beberapa negara ada peraturan bahwa media sosial tidak dapat diakses. Untuk kondisi semacam ini jelas pemasaran dengan cara yang sudah lama atau penggunaan promosi cetak jelas masih memainkan peran penting.

1. Strategi Pemasaran

materi cetak penting untuk bisnis

Banyak para ahli marketing percaya bahwa strategi pemasaran yang produktif harus mampu mengkombinasikan antara pemasaran online dan media cetak yang efektif untuk mendorong pelanggan menggunakan lebih banyak produk dan layanan. Setiap masa berubah, perilaku pelanggan juga akan berubah dari waktu ke waktu. Tidak juga banyak orang memainkan internet atau media sosial di era digital. Oleh karena itu, akan sulit jika menggunakan sistem pemasaran online untuk menggantikan pencetakan karena tidak semuanya bisa didigitalisasi.

Sebagai contoh, banyak lembaga atau instansi yang masih menggunakan buku cetak, amplop, atau bahkan tas untuk mempromosikan brand lembaga tersebut dan menarik siswa. Brand lembaga yang tercetak apik dalam media-media tersebut bisa membuat siswa merasa istimewa dan dihargai. Tidak ada satu pun perusahaan yang menggunakan iklan digital dalam sebuah promosinya. Itu tidak menarik sama sekali! Jadi, itu sangat penting bahwa pemasar harus selalu mempelajari dan menganalisis strategi pemasaran setiap saat untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan pelanggan.

2. Teknologi membuat Perbedaan

materi cetak digital

Semuanya harus beradaptasi dengan waktu, bahkan tidak terkecuali di dunia percetakan. Di era digital selalu dipenuhi dengan banyak informasi besar. Dengan kini Anda sudah mudah untuk menganalisis iklan digital dari pesaing Anda yang menargetkan sasaran sama dengan perusahaan Anda. Oleh karena itu, pemasar yang baik harus selalu mampu berinovasi secara out of the box dan mengembangkan strategi pemasaran dengan menggunakan kombinasi antara teknologi digital dengan materi cetak yang menarik untuk merangsang perilaku pembelian konsumen.

Misalnya, Anda bisa mengirim katalog produk dengan teknologi AR (augmented reality) atau kode QR ke pelanggan alih-alih Anda mengirimnya melalui email biasa. Tentunya, penggunaan publikasi jenis ini lebih mengesankan daripada sekedar sebuah email. Selain itu, memberikan kupon hadiah atau promosi diskon dalam bentuk cetak melalui promo-promo tertentu juga dapat memberikan nilai tambah dan perasaan khusus di hati konsumen. Meski di era digital yang sekarang ini, tidak semua orang lihai menggunakan voucher digital lo, maka Anda harus tetap memperhatikan orang-orang yang masih menanti voucher cetak.

3. Buat Kesan Pertama yang Unik

materi cetak masih dibutuhkan

Mencetak pun harus memberikan rasa dan sentuhan artistik untuk nilai tambah sebuah produk. Misalnya ketika Anda mencetak kartu nama, klien akan bisa menilai citra merk Anda dari dari bahan dan tinta yang digunakan. Klien akan menilai merk Anda profesional ketika kartu nama dicetak dengan bahan yang berkualitas. Dari sini, Anda tentunya pasti jadi yakin bukan kalau materi cetak masih menjadi alat penting karena secara nyata dapat membantu menciptakan kesan pertama di mata pelanggan.

Kartu nama bagaikan sebuah agen berjalan bagi sebuah perusahaan untuk terhubung dengan perusahaan lain. Oleh karena itu, Anda harus memiliki desain yang baik untuk membangun kepercayaan terhadap merek dan menciptakan citra yang lebih profesional. Ini adalah sesuatu yang tidak bisa digantikan oleh media online sekalipun!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.