Kelebihan dan Kekurangan Layanan Google Adwords

Pernah menggunakan layanan Google Adwords? seberapa efektifkah layanan ini untuk kebutuhan Anda? dan apa saja kelebihan dan kekurangan layanan google adwords ini? Bagi Anda yang belum mengenal Google Adwords, ini merupakan layanan resmi pengiklanan (advertisment) dari perusahaan Google dan tentunya menjadi salah satu produk yang menambah pemasukan bagi Google khususnya di bidang pengiklanan .

Kelebihan dan Kekurangan Layanan Google Adwords

 

Google AdWords merupakan sebuah strategi pemasaran periklanan yang terbilang masih baru, karena jika menilik beberapa tahun yang lalu tentu belum ada. Pengiklanan ini  menggunakan mesin pencarian Google sebagai saranana dalam pengiklan, ini termasuk dalam kategori Search Engine Marketing  (pemasaran berbasis mesin pencari).

 

Lebih jelasnya, pengguna layanan Google Adwords akan mendapatkan fasilitas yakni menaiknya konten yang kita miliki ke halaman pertama Google Search. Dengan demikian akan lebih mudah dilihat oleh banyak orang.

Mungkin Anda sudah berencana untuk menggunakan Google Adwords karena dirasa penggunaan strategi marketing biasa sudah dianggap kurang efektif. Nah, sebaiknya Anda harus pahami dulu Kelebihan dan Kekurangan Google Layanan Adwords. Simak tulisan berikut ini:

 

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Layanan Google Adwords

 

 

Kelebihan Google Adwords

1. Situs Anda langsung naik ke halaman pertama

Berbeda dengan SEO organik, yang dimana kita harus benar-benar memikirkan dengan betul optimisasi kata kunci, kemudian merancang elemen-elemen lainnya yang masih memiliki keterkaitan dengan SEO. Bahkan ketika Anda mendapatkan keyword tepat, Anda harus menunggu beberapa waktu agar terindex dan masuk peringkat bagus.

Untuk Google Adwords, Anda tidak perlu melakukan banyak hal dan mengeluarkan banyak tenaga dan waktu karena secara otomatis situ Anda akan masuk ke halaman pertama Google Search. Sangat mudah bukan? Dalam waktu singkat saja dan tidak perlu menunggu index serta tidak akan berhubungan dengan algoritma Google.

2. Langsung muncul dengan kata kunci

Anda menggunakan keyword ‘sewa mobil’ , ‘rental mobil’ atau ‘sewa mobil klungkung’. Nantinya setiap orang yang mengklik kata kunci tersebut maka konten Anda akan langsung muncul. Penggunaan kata kunci inilah yang menjadi andalan Google Adwords.

3. Pengiklanan bisa lokal maupun global

Seperti halnya pengiklanan Facebook, ternyata Google Adwords juga dapat diatur untuk pengiklanan secara lokal maupun global. Jadi Anda bisa memilih wilayah mana saja yang akan dimunculkan oleh iklan Anda, baik negara, provinsi, kota, atau jarak tempuh yang ditentukan dari lokasi bisnis Anda. Pengiklanan yang cerdas, tepat , tertarget dan memungkinkan mendapat pelanggan potensial.

4. Biaya pendaftaran gratis alias tidak dikenakan biaya sepeser pun

Dalam situs resmi Google untuk pengulasan Adwords dikatakan bahwa registrasi untuk Google AdWords sepenuhnya tidak dikenakan biaya. Pengguna hanya akan membayar saat ada seseorang yang mengeklik iklan untuk mengunjungi situs web Anda, atau saat ada yang menghubungi Anda. Jadi intinya pembayaran hanya dilakukan ketika iklan Anda berhasil menjangkau orang lain.

Kekurangan Google Adwords

1. Terdapat keterangan pada iklan

Situs yang menggunakan layanan Google Adwords tentu dibedakan kemunculannya di Pencarian Google. Memang akan masuk peringkat Pertama,Kedua atau Ketiga, dihalaman pertama, namun terlihat keterangan tulisan ‘iklan’ yang menunjukan bahwa situs kita naik bukan karena SEO.

yang notabene banyak pengguna Google yang suka memilah-milah untuk masuk ke halaman tertentu, dan enggan masuk ke halaman yang berisi iklanan. Akan lebih baik jika keterangan iklan di hilangkan.

2. Harga masih lumayan mahal

Biaya Adwords masih terbilang lumayan mahal, bahkan menurut kabar angin yang beredar di Eropa dan Amerika layanan Google Adwords mempekerjakan beberapa Adwords Qualified Individual dan jarang sekali yang menerima klien dengan anggaran untuk layanan dibawah USD 1000.

Berbeda di Indonesia yang masih fleksibel dalam anggaran Google Adwords. Meski begitu tetap saja dirasa masih mahal bagi UKM, karena per kliknya berkisar antara Rp 500 – Rp 1000 , meskipun begitu untuk bulan selanjutnya nominal per klik bisa dikurangi seminim mungkin.

3. Pembayaran 

Seperti biasa, untuk layanan semacam ini pasti Anda sudah bisa menebak bahwa sistem pembayarannya pasti lewat kartu kredit. Dan masalahnya tidak semua orang mempunyai kartu kredit, inilah yang membuat banyak orang agak enggan menggunakan layanan semacam ini.

Namun alternatifnya Anda bisa menggunakan jasa pengiklan dari pihak lain. Jasa semacam ini biasanya menawarkan paket dan memudahkan dalam segi pembiayaan, serta Anda akan dibantu dalam efektivitas pengiklanan.

Nah itu adalah kelebihan dan kekurangan layanan Google adwords , sekian artikel dari kelebihan dan kekurangan layanan google adwords.

Kunjungi baliwebdesign.co.id untuk melihat artikel menarik lainnya

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.