Human Verification Code, Pendeteksi Manusia Atau Robot Segera Dihapus

Human Verification Code, Ya mungkin Anda sudah sering menemui sistem ini ketika berselancar di Internet. Hal ini merupakan satu hal yang cukup mengganggu ketika kita browsing di internet beberapa tahun ini. Bagaimana tidak, untuk memastikan jika Anda manusia atau bukan. Anda harus menuliskan satu kata yang ada pada kolom di atas form ketika Anda hendak melanjutkan browsing. Bagi sebagian pengguna, ini mungkin bukan hal yang menyenangkan, apalagi jika kita harus memasukannya berkali-kali karena salah masukkan kode.

Human verification code

CAPTCHA / Human Verification Code ini merupakan singkatan dari “Completely Automated Public Turing Test to tell Computers and Humans Apart”. Jika dilihat dari kepanjangannya, kita tentu sudah mengetahui jika “alat” ini diperuntukkan untuk memastikan bahwa Anda adalah manusia dan bukan robot komputer. Sistem yang telah ada dan berjalan sejak 2009 ini akan segera “dibunuh” Google di 2017.

human verification code

Menjengkelkan, bukan?

Perusahaan Search Engine terbesar di dunia ini tidak lagi secara langsung mengidentifikasi penggunanya dari depan, namun dari belakang (background) dan disebut dengan invisible CAPTCHA” atau CAPTCHA yang tak terlihat. Perwakilan Google juga mengatakan jika ini adalah kombinasi machine learning dan analisis yang mendalam yang akan mampu beradaptasi dengan ancaman terbaru.

Hal inilah mengapa, Invisible CAPTCHA menjadi pilihan untuk mendeteksi dan memastikan Anda manusia atau robot. Bukan hanya itu, dalam sistem baru ini juga dinilai lebih akurat untuk mengidentifikasi apakah Anda manusia. Invisible CAPTCHA akan lebih dalam lagi merekam dan menganalisa tindakan yang dilakukan oleh pengguna internet.

Bagi Anda yang belum tahu, CAPTCHA ini sendiri memiliki love-hate relationship dengan para usernya. Meskipun terlihat menjengkelkan, akan tetapi sistem ini sebenarnya berguna untuk mencegah dari serangan hacker di internet. Google secara perlahan menghilangkan CAPTCHA dari sistemnya. Selanjutnya Anda tidak akan melihat lagi tulisan “I’m not a robot” ketika browsing di Internet. Akan tetapi ada sedikit “kekurangan” dari sistem ini, yaitu bagi Anda yang tidak suka “dilacak” ketika browsing mungkin Anda akan merasa risih dengan Invisible CAPTCHA ini.

Demikian informasi yang team bali web design sampaikan, semoga bisa bermanfaat..

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.