Evaluasi Pemasaran dan Konversi Penjualan Bisnis Anda melalui Internet

Perlukah melakukan evaluasi pemasaran terhadap konversi penjualan bisnis online Anda? Sebagian pemilik website merasa sudah cukup dengan sudah menerbitkan serta melakukan upaya promosi online. Mereka jarang sekali melakukan evaluasi pengunjung web terhadap efektifitas penjualan dari web yang mereka tawarkan.

evaluasi pemasaran

Melakukan evaluasi dan pengamatan secara matang sangat penting untuk dapat sebagai bahan kajian dalam peningkatan kualitas konten/produk yang di jual secara online.

Dengan memanfaatkan Google Analytics, Anda akan akan mampu mengoptimalkan target pasar penjualan Anda. Jika Anda masuk pada menu layanan ini, Anda akan disuguhkan begitu banyak opsi tampilan (report). Bagi Anda yang baru menggunakan tool visitor tracking ini, mungkin Anda akan bingung harus mulai dari mana.

Beberapa evaluasi pemasaran dengan melihat beberapa point penting berikut ini

# Page View

Melakukan evaluasi jumlah halaman website atau halaman produk yang sering dikunjungi dari halaman lainnya. Report ini bisa anda tampilkan pada bagian Page View analytics.

Dengan laporan jumlah kunjungan Anda bisa mengkaji terhadap upaya perbaikan isi halaman website yang sedikit mendapatkan respon pasar. Lakukan perbandingan dengan kompetitor sejenis apa penyebab dari masalah tersebut.

# Visitor Map

Pada bagian ini adalah hal penting bagi anda untuk bisa evaluasi target pasar bisinis anda, apakah sudah sesuai dengan tujuan pemasaran anda atau bukan.

Tool ini akan menampilkan secara rinci dari Daerah/Negara manasaja anda telah mendapatkan kunjungan. Selain itu juga seberapa banyak pengujung baru (Unique Visitor), hingga Browser dan koneksi internet yang mereka gunakan.

# Visitor Loyalty

Pengukur tingkat kepuasan pengujung memrupakan dimensi penting setiap usaha bisnis. Pada report ini anda bisa mengetahui sebarapa lama dan seberapa sering seorang pengujung menghabiskan waktunya dalam menampilkan halaman web tertentu anda.

# Traffic Resource

Pada bagian ini akan memudahkan anda dalam melakukan evaluasi /monitoring terhadap sumber pengunjung yang anda dapatkan.

Jika anda melakukan banyakpromosi web di berbagai media Iklan online, dengan tool ini anda dapat mengetahuinya apakah iklan yang anda lakukan pada media iklan tersebut sudah optimal sesuai tujuan anda atau bukan.
Jika iklan yang dipasang tidak anda mendapatkan klik/refering visitor dari web tersebut maka anda bisa menentukan langkah selanjutnya (meneruskan/menghentikan iklan).Di lain sisi anda tidak boleh mengesampingkan untuk melakukan review dari sumber traffic yang datang dari Search Engine organic seperti pengunjung langsung dari google search, yahoo, bing dll.

Jika tingkat kunjungan sedikit, anda memerlukan upaya dalam hal optimalisasi halaman website di search engine( SEO). Dengan optimalisasi beberapa halaman penting web dengan Keyword (kata kunci/Tag) akan mampu lebih baik meningkatkan upaya penjualan dan mengurangi pengeluaran biaya untuk iklan/promosi.

# Goal Setting

Untuk melakukan evaluasi pemasaran, hal ini memungkinkan anda dalam melakukan tracking secara kusus untuk anda yang telah mempunyai system online order pada website. dengan “Goal” anda bisa lebih pasti mendapatkan report dari pengunjung yang telah berhasil melewati system order web anda. Hal ini berarti anda bisa melakukan perbandingan antara keberhasilan penjualan dengan jumlah kunjungan website.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.