Contoh Proposal Usaha Untuk Anda yang Akan Membangun Bisnis

Untuk Anda yang sedang merencanakan membangun sebuah bisnis dan memerlukan contoh proposal usaha untuk bisnis Anda, pada artikel ini kami akan menyajikan informasi tentang bagaimana cara pembuatan proposal usaha yang baik dan sesuai untuk seubah bisnis. Tidak bisa dipungkiri jika untuk membuat dan memulai usaha, kita perlu membuat bisnis plan terlebih dahulu atau bisa dalam bentuk proposal usahanya seperti apa.

Sebenarnya untuk apa sih pentingnya membuat proposal usaha? Bukankah lebih baik jika kita langsung memulai saja usaha saja tanpa harus memikirkan proposal-proposal segala macam. Yang Anda pikirkan memang benar, bahwa untuk membuat sebuah usaha yang paling penting adalah TAKE ACTION atau Langsung melakukan. Bukan kebanyakan teori atau proposal setebal beratus-ratus halaman, namun pada kenyataanya kita perlu memahami berbagai macam persoalan ataupun seluk beluk usaha yang akan kita jalankan tersebut dari sebuah proposal usaha. Untuk itulah contoh proposal usaha ini penting untuk Anda yang belum pernah membuat proposal usaha. Jika Anda ingin memiliki usaha yang besar, maka buatlah pemikiran yang besar terhadap usaha tersebut.

contoh proposal usaha

Mengapa harus memerlukan contoh proposal usaha?

Kalau dikatakan “HARUS” tentu saja tidak, karena pada kenyataanya setelah kita amati banyak juga usaha yang bisa jalan tanpa proposal dan mampu berjalan dengan baik serta berhasil bahkan sampai berhasil besar. Namun kita juga tidak boleh menutup mata jika usaha yang paling banyak berhasil hingga besar tidak luput dari bisnis plan dan proposal yang dibuat diawal pembuatan usaha tersebut. Untuk itulah artikel tentang contoh proposal usaha ini kami bangun untuk menjadi panduan atau contoh untuk Anda dalam merencanakan sebuah proposal bisnis Anda.

Jadi kalau dibilang harus? Mungkin tidak,…. tapi kalau ada proposal akan lebih baik. Hal ini sudah terbukti banyak dilakukan orang, sehingga biasanya untuk mendapatkan modal besar baik dari perbankan ataupun investor, dibutuhkan proposal yang sangat baik. Sebelum membahas tentang pokok Proposal Usaha, bantu kami untuk share artikel ini agar lebih banyak teman-teman kita yang mendapatkan manfaat dari informasi ini.

Apasih isi prosposal sehingga begitu penting?

Isinya sebenarnya bukan seperti tahu isi. hehehehe….. tapi ada beberapa hal penting yang harus kita pahami dari isi proposal ini. Beberapa hal yang penting dalam sebuah proposal yaitu :

  1. Judulnya apa?
  2. Latar belakangnya
  3. Visi dan Misinya
  4. Struktur organisasinya
  5. Metoda pelaksanaanya bagaimana
  6. Cara pemasaranya seperti apa
  7. Tempat produksinya bagaimana dan dimana
  8. Target konsumen
  9. Target Pendapatan
  10. Semua biaya baik itu biaya investasi maupun yang lain seperti peralatan dan perlengkapan
  11. Rincian biaya Operasional
  12. Rencana pengembanganya seperti apa
  13. Pelaksanaanya bagaimana, dan strategi apa yang digunakan
  14. Potensi kedepanya bagaimana
  15. Menganalisa kelayakan bisnisnya seperti apa

dan masih ada beberapa faktor lagi yang bisa ditambahkan agar kita bisa memahami dengan jelas dan lengkap bagaimana sebuah usaha tersebut bisa berjalan baik nantinya.

Jadi saran saya jika kita memang ingin usaha tersebut besar, maka ada baiknya kita membuat proposal. Dengan demikian kita bisa tahu betul bagaimana alur cerita pembuatan usaha itu nantinya. Disitulah dibutuhkan contoh proposal usaha yang sangat baik agar bisa kita analisa kelayakan sebuah usaha sebelum kita mulai.

Saya dan beberapa teman saya biasanya selalu menganalisa sebuah usha sebelum kami memulainya. Pada akhirnya kebanyakan usaha tersebut berhasil ketika kita membuat bisnis plan yang baik dan ada proposal.

Proposal juga bertujuan untuk mencari Investor. Dengan demikian kalau kita tidak punya modal yang cukup, maka berbekal proposal yang baik dan meyakinkan tentunya, maka kita bisa menawarkan kerjasama kepada orang-orang yang punya uang itulah yang disebut dengan investor.

Jadi… jika dari antara teman-teman masih ada yang mengatakan “kalau mau membuat usaha harus butuh modal” mungkin dari sekarang harus mulai mengubah paradigma atau cara berfikirnya. Karena ternyata banyak orang kaya yang tidak tahu ingin membuat uang mereka kemana, sehingga mereka mencari-cari orang yang bisa mengolahnya. Pada saat tersebutlah kita sebagai orang yang punya ide usaha cemerlang masuk dan menawarkan proposal.

Jika proposalnya cukup meyakinkan investor, maka biasanya tidak butuh waktu lama modal yang kita butuhkan akan cair.

Bagaimana Membuat Contoh Proposal Usaha Agar Diminati Investor

Poin – poin nya sudah saya berikan seperti di atas. Hanya akan saya tambahkan sedikit lagi, buatlah analisa SWOT nya. Yaitu

Strength : Cari kekuatan dari usaha tersebut dan jelaskan keunggulanya. Berikan juga gambaran kekuranganya, tapi kekurangan tersebut tidak akan menghalangi anda untuk melakukan terobosan dan inovasi yang lebih baik.

Weaknes : Seperti yang sudah saya katakan di atas, jadi menilai sesuatu tidak hanya dari sisi negatif atau positifnya saja. Kita harus menilainya dari dua sisi tersebut agar kita bisa benar-benar memahami bagian mana yang sudah baik dan perlu ditingkatkan, serta bagian mana yang belum baik dan perlu diperbaiki dan dikembahkan agar menjadi kekuatan nantinya.

Opportunities : Keadaan apa yang bisa jadi peluang bagus bagi usaha kita, trend pasarnya seperti apa. Apakah naik atau turun atau bahkan sedang stagnan. Dengan demikian kita bisa membuat inovasi baru. Kalau sedang naik maka kita tidak perlu membuat inovasi yang terlalu jor-joran. Tapi ketika tren mulai turun, kita HARUS mengembangkan INOVASI agar usaha kita bisa tetap survive. Perkembangan teknologi juga bisa anda masukkan agar usaha anda tersebut berbeda dengan yang lain. Misal adan memiliki usaha warung nasi. Bisa anda tambahkan Free WIFI untuk layanan terbaik untuk konsumen anda. Dengan demikian usaha anda lebih maju dari usaha orang lain. Saat ini Teknologi sedang mengambil peran penting dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, anda perlu mengikutinya.

Threats : Hambatan dan kendala apa yang dihadapi haruslah kita pahami dengan cermat. erhatikan juga apa yang dilakukan pesaing usaha serupa. Dalam hal ini adalah kompetitor usaha anda. Jangan sampai mereka selalu lebih baik dari usaha yang anda bangun. Usahakan anda yang menjadi Trend Setter nya. Dengan demikian maka usaha anda akan tetap survive dan maju.

Demikianlah informasi tentang contoh proposal usaha dan semoga bisa menginspirasi Anda dalam membuat sebuah usaha. Jika Anda memerlukan bantuan Bali Web Design untuk mengembangkan website atau mempromosikan website bisnis Anda, silahkan hubungi kami. Sukses untuk Anda!

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.