Cara Tahap Riset Pemasaran Toko Online Yang Terbaik

Ingin tahu bagaimana cara tahap riset pemsaran toko online yang terbaik? Masih kebanyakan orang kebingungan untuk riset pemasaran toko online mereka dan mereka juga kebingungan untuk mencari tahu informasi tersebut. Ternasuk anda juga kan yang masih belum tau tentang bagaimana riset pemasaran toko online anda.

Nah, anda jangan khawatir lagi karena pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara riset pemasaran toko online yang terbaik. Pastinya anda penasaran kan ingin mengetahui tentang bagaimana cara risetnta. Berikut penjelasan cara riset pemasaran toko online yang terbaik.

Cara Tahap Riset Pemasaran Toko Online

# Menentukan Tujuan dan Masalah

Mungkin langkah terpenting dalam tahap riset pemasaran adalah menentukan tujuan proyek. Inti dari ini adalah memahami akar permasalahan yang perlu diinformasikan. Biasanya ada masalah bisnis utama (atau peluang) yang perlu ditindaklanjuti, namun ada kekurangan informasi untuk membuat keputusan itu dengan nyaman. Tugas seorang peneliti pasar adalah menginformasikan keputusan itu dengan data yang solid. Apabila Anda memahami masalah bisnis dengan jelas, Anda akan dapat menjaga agar riset tetap fokus dan efektif.

# Menentukan Desain Penelitian

Setelah mengetahui tujuan penelitian Anda, sekarang saatnya untuk merencanakan jenis penelitian yang paling tepat dalam mendapatkan data yang diperlukan. Pikirkan “desain penelitian” sebagai rencana terperinci Anda. Pada langkah ini pertama-tama Anda perlu menentukan metode riset pasar (apakah itu survei, kelompok fokus, dll). Anda juga perlu memikirkan secara spesifik tentang bagaimana Anda akan mengidentifikasi dan memilih sampel (siapa yang akan kita cari? Di mana kita akan menemukannya? Bagaimana kita akan memberi insentif kepada mereka ?, dll.). Ini juga merupakan waktu untuk merencanakan di mana Anda akan melakukan penelitian (telepon, telepon pribadi, surat, internet, dll.). Pilihan instrumen penelitian Anda akan didasarkan pada sifat data yang ingin dikumpulkan.

# Merancang dan Menyiapkan Instrumen Penelitian

Dalam tahap ini, sekarang saatnya merancang instrumen penelitian Anda. Jika survei adalah instrumen yang paling tepat, Anda dapat memulai dengan menulis pertanyaan dan merancang kuesioner. Jika kelompok fokus adalah instrumen pilihan Anda, Anda dapat mulai menyiapkan pertanyaan dan materi untuk moderator.

# Mengumpulkan Data

Ini adalah ‘daging dan kentang’ dari proyek Anda (hal terpenting). Saat Anda mengelola survei, menjalankan kelompok fokus, melakukan wawancara, menerapkan tes lapangan, dll. Jawaban, pilihan, dan pengamatan semuanya dikumpulkan dan dicatat, biasanya dalam bentuk spreadsheet. Setiap informasi ini sangat berharga dan akan menjadi bagian dari kesimpulan hebat yang akan segera Anda kembangkan.

# Menganalisis Data

Tahap 4 (pengumpulan data) telah berakhir dan Anda memiliki banyak data mentah yang perlu diolah. Jika ada potongan kertas, Anda mungkin perlu memasukkannya ke dalam bentuk spreadsheet untuk analisis lebih lanjut. Jika sudah dalam bentuk spreadsheet, saatnya untuk memastikan Anda membuatnya terstruktur dengan benar. Setelah semuanya selesai, kesenangan dimulai. Jalankan ringkasan dengan alat yang disediakan dalam paket perangkat lunak Anda (biasanya Excel, SPSS, Minitab, dll.), Buat tabel dan grafik, ratakan hasil Anda berdasarkan kelompok yang masuk akal (yaitu usia, jenis kelamin, dll.), Dan cari yang utama atau menjadi tren dalam data Anda. Mulailah merumuskan cerita yang akan dibagikan.

# Visualisasikan Data dan Komunikasikan Hasil

Sekarang adalah waktu untuk menyusun kesimpulan yang paling berarti ke dalam laporan atau presentasi yang mudah dicerna. Cara terbaik untuk mempresentasikan data adalah memulai dengan tujuan penelitian dan masalah bisnis yang diidentifikasi pada tahap 1. Kembalikan pertanyaan bisnis tersebut, dan kemudian tunjukkan rekomendasi Anda berdasarkan data, untuk mengatasi masalah tersebut. Ketika tiba saatnya untuk mempresentasikan hasil Anda, ingatlah untuk menyajikan wawasan, jawaban dan rekomendasi, tidak hanya dengan bagan dan tabel. Komunikasikan hasil yang didapat dengan baik.

Nah, itulah penjelasan dari kami tentang riset pemasaran toko online anda. Jika anda ingin riset toko online anda tetapi anda tidak ada waktu untuk melakukannya. Silahkan anda bisa menggunakan jasa layanan kami untuk riset pemasaran toko online anda.

Tinggalkan komentar