Cara Promosi Instagram Lebih Efektif dengan 9 Strategi Marketing ini

Bagaimana Cara Promosi Instagram agar lebih efektif dan meningkatkan omset bisnis Anda? Pertanyaan ini tentu banyak muncul pada benak kawan-kawan yang menggunakan instagram sebagai salah satu media untuk mempromosikan produk atau jasa kawan-kawan. Memang tidak dapat dipungkiri jika demam instagram akhir-akhir ini banyak dimanfaatkan sebagai alat bisnis. Hal ini terbukti dengan banyaknya pebisnis sukses dengan omset ratusan juta perbulan dengan memanfaatkan media social ini. Apakah Anda ingin seperti mereka?

cara promosi instagram

Cara Promosi Instagram sendiri sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan metode promosi lainnya. Secara umum yang perlu dilakukan adalah dengan menjalin komunikasi aktif dengan follower atau pengikut instagram kita. Jangan sampai ketika kita memiliki follower, lalu kita cuek dan abaikan mereka tanpa sepatah katapun keluar untuk merespon mereka. Jika hal ini terjadi, bisa jadi kawan-kawan akan ditinggal atau istilah kerennya di mereka akan Unfollow akun instagram kawan-kawan. Ok, biar gak panjang kemana-mana, kita langsung pada point pembahasan kita kali ini.

Cara Promosi Instagram agar lebih efektif

Instagram sebagai sebuah aplikasi berbagi foto yang dimilikinya atau setelah mengambil, menerapkan filter digital, dan membagikannya. Satu fitur yang unik di Instagram adalah kemampuan memotong foto menjadi bentuk persegi dan menerapkan filter menarik yang bisa dipilih.

Instagram dapat digunakan di semua smarphone dengan berbagai platform sistem operasinya. Semakin banyak pengguna instagram maka bisa berpotensi menjadikkannya tempat untuk berbisnis.

9 Strategi Marketing Efektif Melalui Instagram

 1# Informasi profil

Jangan tertutup dan harus selalu terbuka, gunakan identitas asli tentang keberadaan toko atau lokasi offline anda. Jelaskan toko online anda tentang apa, untuk siapa, bisa shipping ke mana, cara menghubungi seperti apa, cara memesan lewat apa. Jelaskan!

2# Unggah foto produk paling bagus

Kadangkala hasil potret dari smartphone tidaklah bagus. Bila perlu pergunakan digital camera khusus yang hasilnya bagus dan kemudian olah di akun Instagram Anda. Pilih foto-foto andalan karena foto yang kreatif juga akan menambah ketertarikan terhadap calon pembeli.

 3# Sebarkan ke jejaring sosial lainnya

Ketika siap untuk melepas foto hasil olahan di instagram, selanjutnya ikut sertakan foto itu tersebar ke jejaring sosial sosial Anda lainnya semisal Facebook, Twitter dll. Penyebaran itu sama seperti publikasi viral dan diketahui oleh banyak orang.

 4# Follow sebanyak-banyaknya

Banyak teman adalah banyak rejeki dan berlaku pula jika inisiatif memperbanyak teman bakal mendatangkan follower balik. Ketika Anda follow seseorang, maka sistem itu melakukan notifikasi kepada orang itu dan berpotensi untuk melihat Anda dan foto-foto yang ada didalamnya.

 5#. Gunakan hashtag yang tepat sasaran

Contoh jika Anda bisnis makanan dan akan upload foto makanan, ciptakanlah hastag dalam deskripsinya semisal #satelilit. Maka orang-orang yang suka sate lilit akan menemukan postingan Anda.

 6# Upload video atau foto proses bisnis secara berkala

Pembeli yang lokasinya dekat dengan toko offline atau lokasi Anda pasti akan datang secara langsung meskipun hanya sekedar untuk melihat atau memastikan bahwa lokasi tempat dari toko online anda ini benar-benar ada. Manfaatkan hal semacam ini untuk membuat sebuah video transaksi antara pembeli dan anda sebagai pemilik toko, jangan lupa untuk membuat video testimonial! Lalu unggah situasi dan kegiatan para pekerja di toko offline anda.

7# Berikan konten hiburan

Tujuan dari instagram didirikan adalah agar setiap orang berbagi foto ataupun video. Agar tidak terlalu monoton berikan upload foto/video yang bersifat menghibur, seperti memberikan foto lucu, atau video lucu. Kadangkala hal ini akan bangkitkan celotehan ringan dari para follower, sehingga kita tidak terlalu kaku dalam berbisnis.

8# Edukasi

Berikan konten-konten foto/video yang bersifat edukasi kepada para follower. Kadangkala pembeli tidak ingin sia-sia membeli produknya dengan mengetahui manfaatnya secara mendalam.

9# Buat Foto Galeri Online Di Blog/Website

Lho kok masih perlu website? Ya karena konten yang berada di instagram tidaklah seluas/sebanyak yang berada dalam website. Tetaplah website menjadi tujuan akhir informasi lengkap bagi bisnis Anda. Dan jangan lupa untuk mencantumkan nama website anda.

Sebagai penyedia layanan digital marketing, Bali Web Design juga menyediakan layanan sehubungan dengan optimasi instagram sebagai media promosi bisnis Anda.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan dan silahkan di share semoga bisa lebih membawa manfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.