cara mempromosikan produk bisnis anda secara online

Cara Mempromosikan Produk Bisnis Anda Secara Online

Bisnis atau merek Anda baru saja merilis produk baru yang menarik. Namun jika Anda tidak mengetahui cara mempromosikan produk dengan benar, masih sulit bagi Anda untuk menjualnya.

Dengan berbagai platform digital atau online yang tersedia untuk saran pemasaran, kini Anda memiliki banyak pilihan strategis saat mempromosikan produk baru. Artikel ini akan memperkenalkan beberapa metode efektif untuk membantu Anda mempromosikan produk Anda ke audiens yang tepat.

Cara Mempromosikan Produk Bisnis Anda Secara Online

1. Menggunakan Google My Business

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mempromosikan produk Anda melalui Google My Business, yang pertama adalah melalui postingan Google My Business (GMB).

Dari profil Google Bisnisku, Anda dapat memposting tentang produk baru Anda di fitur “Yang Baru”, atau mengumumkan penawaran produk melalui fitur “Penawaran”.

Anda juga dapat mempromosikan produk baru Anda dengan mengunggah foto produk di profil GMB Anda.

google my business post

2. Menjalankan Kontes di Media Sosial

Menjalankan kontes di media sosial adalah cara yang menarik dan menyenangkan untuk terhubung dengan konsumen Anda dan juga untuk meningkatkan pengikut Anda.

Dalam strategi ini, pemenang kontes yang Anda buat di Facebook atau Instagram biasanya memiliki kesempatan untuk mendapatkan produk baru Anda dengan harga lebih murah atau bahkan gratis.

Pastikan juga untuk mengumumkan kontes Anda di semua saluran pemasaran yang Anda gunakan (seperti media sosial, situs web, buletin email, atau iklan online).

kontes social media promosi produk

3. Menjalankan Kampanye Pemasaran Email

Tahukah Anda bahwa 82% konsumen membuka email dari bisnis atau merek dan 76% pelanggan email melakukan pembelian melalui pesan pemasaran email? Email merupakan saluran pemasaran yang cocok sebagai sarana untuk mengumumkan peluncuran produk baru Anda.

Anda dapat menjalankan kampanye email tentang penawaran produk khusus, atau sekadar mengumumkan bahwa merek Anda baru saja meluncurkan produk baru.

Untuk mempromosikan produk melalui email marketing, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

Fokus pada aspek keuntungan atau nilai tambah dari produk baru Anda daripada aspek fitur.
Lampirkan penawaran khusus di subjek email Anda.
Gunakan teks pre-header untuk meningkatkan tingkat pembukaan email Anda.

4. Membuat Acara

Membuat acara yang menarik untuk peluncuran produk baru Anda dapat menciptakan gebrakan sosial sehingga lebih banyak orang akan tahu tentang produk Anda.

Acara Anda tidak harus besar, cukup adakan open house di toko Anda dan undang beberapa pelanggan setia.

Sebagai alternatif lain, Anda juga bisa membuat event online seperti:

Sesi Facebook Live untuk mendemonstrasikan produk baru Anda dan fitur-fiturnya.
Selenggarakan sesi tanya jawab langsung untuk produk baru Anda.

event online promosi produk

 

4. Menjalankan Iklan di Facebook atau Instagram

Dengan pengguna aktif harian mencapai 1 miliar orang, beriklan di Facebook adalah salah satu cara paling efektif bagi merek Anda untuk mempromosikan produk baru ke khalayak yang lebih luas dalam waktu yang relatif singkat.

Dengan beriklan di Facebook, Anda juga dapat menargetkan audiens iklan Anda dengan sangat spesifik berdasarkan berbagai kriteria seperti jenis kelamin, usia, lokasi, minat, pekerjaan, dan lainnya.

Facebook juga menyediakan beberapa tujuan kampanye yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan kampanye Anda, apakah itu meningkatkan kesadaran, mendapatkan keterlibatan, atau mendapatkan konversi.

5. Referensi Pemasaran

Orang biasanya akan lebih percaya diri dalam membeli suatu produk jika seseorang yang mereka kenal yang menawarkannya. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan rencana pemasaran rujukan untuk mempromosikan produk yang baru Anda luncurkan.

Anda bisa melakukan referral marketing dengan mengajak konsumen untuk ikut menawarkan produk baru Anda kepada rekan atau keluarganya. Sebagai imbalannya, Anda dapat menawarkan keuntungan, seperti diskon atau voucher belanja, kepada mereka yang menarik pelanggan baru yang membeli produk Anda.

Kesimpulan Cara Mempromosikan Produk Bisnis Anda Secara Online

Itulah beberapa cara atau kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan produk atau brand bisnis Anda secara online. Tentu pertanyaan lanjutannya adalah, cara mana yang paling efektif dalam mempromosikan produk?

Menurut kami, masing-masing strategi di atas memiliki kelebihannya masing-masing, oleh karena itu keefektifannya akan bergantung pada karakteristik audiens yang Anda targetkan. Selain itu, Anda harus mencoba menerapkan lebih dari satu strategi di atas untuk mempromosikan produk Anda. Misalnya, kontes yang Anda jalankan di media sosial juga dapat menarik lebih banyak orang melalui iklan.

Jika bisnis Anda memerlukan bantuan untuk mempromosikan produk atau layanan secara online, kami siap membantu melalui layanan pemasaran digital kami.

Meson adalah digital marketing agency di Jakarta yang berpengalaman dalam merancang dan menangani strategi digital marketing untuk berbagai bisnis dari berbagai industri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *