Cara Mempromosikan Produk Bisnis Anda Secara Online

Bisnis atau merek Anda baru saja merilis produk baru yang menarik. Tetapi jika Anda tidak tahu cara mempromosikan suatu produk dengan benar, masih sulit bagi Anda untuk menjualnya.

Dengan berbagai platform digital atau online yang tersedia untuk saran pemasaran, Anda kini memiliki banyak pilihan strategis saat mempromosikan produk baru. Artikel ini akan memperkenalkan beberapa metode efektif untuk membantu Anda mempromosikan produk Anda ke audiens yang tepat.

1. Menggunakan Google My Business

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mempromosikan produk Anda lewat Google My Business, yang pertama adalah lewat Google My Business (GMB) post.

Dari profil Google Bisnisku, Anda dapat memposting tentang produk baru Anda di fitur “Yang Baru”, atau mengumumkan penawaran produk melalui fitur “Penawaran”.

Anda juga dapat mempromosikan produk baru Anda dengan mengunggah foto produk di profil GMB Anda.

google my business post

2. Menjalankan Kontes di Media Sosial

Menjalankan kontes di media sosial menjadi cara yang menarik dan menyenangkan untuk dapat menjalin koneksi dengan konsumen Anda dan juga untuk meningkatkan followers Anda.

Dalam strategi ini, pemenang kontes yang Anda buat di Facebook atau Instagram biasanya akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan produk baru Anda dengan harga lebih murah atau bahkan gratis.

Pastikan juga untuk mengumumkan kontes yang Anda buat di semua saluran pemasaran yang Anda gunakan (seperti media sosial, situs web, buletin email, atau iklan online).

kontes social media promosi produk

3. Menjalankan Campaign Email Marketing

Tahukah Anda bahwa 82% konsumen membuka email dari bisnis atau brand dan 76% email subscribers melakukan pembelian lewat pesan email marketing? Email merupakan channel marketing yang cocok dijadikan sarana untuk mengumumkan peluncuran produk baru Anda.

Anda dapat menjalankan kampanye email tentang penawaran produk khusus, atau hanya mengumumkan bahwa merek Anda baru saja meluncurkan produk baru.

Untuk mempromosikan produk lewat email marketing, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Fokus pada aspek keuntungan atau nilai lebih dari produk baru Anda ketimbang aspek fiturnya.
  • Lampirkan penawaran khusus pada subject email Anda.
  • Gunakan teks pra-tajuk untuk meningkatkan tarif buka email Anda.

4. Membuat Event

Membuat event yang menarik untuk peluncuran produk baru Anda dapat membuat social buzz sehingga produk Anda akan diketahui lebih banyak orang.

Acara Anda tidak harus besar, cukup mengadakan open house di toko Anda dan mengundang beberapa pelanggan setia.

Sebagai alternatif lain, Anda juga bisa membuat event online seperti:

  • Sesi Facebook Live untuk mendemokan produk baru Anda beserta fitur-fiturnya.
  • Selenggarakan sesi tanya jawab langsung untuk produk baru Anda.
event online promosi produk

4. Menjalankan Iklan di Facebook atau Instagram

Dengan jumlah pengguna aktif harian yang mencapai 1 miliar orang, beriklan di Facebook menjadi salah satu cara paling efektif bagi brand Anda untuk mempromosikan produk baru kepada cakupan audience yang lebih luas dengan waktu yang relatif singkat.

Dengan beriklan di Facebook, Anda juga dapat menargetkan audiens iklan Anda dengan sangat spesifik berdasarkan berbagai kriteria seperti jenis kelamin, usia, lokasi, minat, pekerjaan, dan lainnya.

Facebook juga menyediakan sejumlah sasaran kampanye yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan kampanye Anda, baik meningkatkan awareness, mendapatkan engagement, atau mendapatkan konversi.

5. Reference Marketing

Orang biasanya akan lebih percaya untuk membeli suatu produk jika yang menawarkannya adalah orang yang mereka kenal.Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan rencana pemasaran referensi untuk mempromosikan produk Anda yang baru diluncurkan.

Anda dapat melakukan pemasaran referensi dengan mengajak konsumen untuk bergabung menawarkan produk baru Anda kepada rekan atau keluarga mereka. Sebagai imbalannya, Anda dapat menawarkan berbagai keuntungan, seperti diskon atau voucher belanja, kepada mereka yang berhasil menarik pelanggan baru yang membeli produk Anda.

Konklusi

Itu dia beberapa cara atau aktivitas yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk bisnis atau brand Anda secara online. Tentu pertanyaan lanjutannya adalah, cara mana yang paling efektif dalam mempromosikan produk?

Menurut kami, setiap strategi di atas memiliki keunggulannya masing-masing yang maka dari itu efektivitasnya akan bergantung pada karakteristik audience yang Anda tuju .Selain itu, sebaiknya Anda mencoba menerapkan lebih dari satu strategi di atas untuk mempromosikan produk Anda. Misalnya, kontes yang Anda jalankan di media sosial juga dapat menarik lebih banyak orang melalui iklan.

Jika bisnis Anda membutuhkan bantuan untuk mempromosikan produk atau layanan secara online, kami siap membantu melalui layanan pemasaran digital kami.

Meson adalah digital marketing agency di Jakarta yang telah berpengalaman dalam merancang dan menangani strategi digital marketing untuk berbagai bisnis dari industri yang beragam.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *