Cara Memilih Web Hosting Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Tahap memilih web hosting dalam membuat website bisnis menjadi hal yang sangat penting. Banyak yang terjebak dalam katan “Unlimited’ ketika memiih website hosting, justru yang diperlukan dalam sebuah website adalah stabilitas sebuah server. Kita tentu tahu bahwa stabilitas sebuah server hosting jauh lebih penting dibandingkan dengan feature yang katanya “unlimited” tersebut.

Lalu seperti apa sih yang benar?

Agar tidak terjebak dalam penawaran hosting unlimited, pastikan Anda membaca TOS yang ada pada provider hosting tersebut. Baca pelan-pelan dan fokus pada ketentuan layanan di shared hosting. Anda pasti akan menemukan batasan-batasan yang tidak boleh dilakukan ketika menggunakan layanan hosting tersebut. Nah itulah faktor yang membatasi ketika Anda menggunakan layanan hosting unlimited. Jadi jangan mudah terbuai dengan kata “hosting unlimited” ya…

Ada beberapa jenis layanan hosting yang perlu Anda ketahui…

Sebelum memilih web hosting, Yuk kita kenali beberapa istilah berikut..

Shared Hosting

Saat menggunakan shared hosting, situs website Anda akan berbagi server tunggal dengan banyak situs lainnya. Semua yang berada dalam server tunggal ini akan dibagi, termasuk RAM dan CPU. Shared hosting sangat cukup ideal untuk usaha kecil atau situs web baru dengan lalu lintas (traffic) yang relatif minim. Shared Hosting ini menawarkan bank terbaik untuk menaruh uang Anda saat baru memulai menciptakan kehadiran online. Keuntungan utamanya dari shared Hosting adalah perusahaan Anda tidak perlu memelihara server. Berarti tidak ada pengetahuan tentang kode server dan sistem operasi yang diperlukan. Selain itu, shared hosting merupakan pilihan yang tepat karena murah dan bisa menghemat uang bisnis Anda. Melalui ini web hosting Anda dapat mendownload dan menginstal aplikasi seperti WordPress, Drupal, dan Joomla untuk membantu Anda membuat situs web dan mengelola konten.

Cloud Hosting

Saat Anda menggunakan cloud hosting, situs web Anda dikelola oleh sekelompok server yang membentuk formasi awan. Hosting ini cukup ideal untuk bisnis yang mengalami pertumbuhan pesat. Anda dapat mengukur sumber daya untuk mengakomodasi traffic yang berkembang, atau selama lonjakan yang diharapkan seperti penjualan atau promosi khusus. Seperti shared hosting, server dikelola untuk Anda dan karyawan jadi tidak perlu memiliki pengetahuan tentang bahasa pemeliharaan server seperti Linux. Selain itu, dengan menggunakan cloud hosting kecepatan server lebih cepat dibandingkan shared hosting karena ada lebih banyak bandwidth yang tersedia untuk Anda. Dengan web hosting yang tepat seperti cloud hosting, situs Anda akan bisa berfungsi dua kali lebih cepat. Hal ini  akan disebabkan oleh alokasi server yang efisien dan server manajemen cloud yang memiliki kepadatan rendah serta hardware terbaik dan beberapa tingkat caching.

Dedicated Server Hosting

Hosting ini cukup ideal untuk bisnis besar yang banyak memiliki traffic. Dedicated server hosting merupakanlah hosting yang didedikasikan untuk situs web Anda, jadi jika Anda tidak berbagi sumber daya dengan situs web lainnya. Manfaat utama dedicated server hosting adalah Anda memiliki kontrol penuh atas server, termasuk sistem operasi dan hardwarenya. Ini juga berarti bahwa Anda atau salah satu karyawan harus memiliki kemampuan untuk memelihara atau menjaga server, biasanya melalui Linux. Dengan menggunakan Dedicated server secara signifikan lebih mahal daripada shared hosting dan cloud hosting, namun jika bisnis Anda memerlukan tingkat tinggi untuk web, maka dedicated server pilihan yang baik. Dengan dedicated server, pilihan Anda hampir tidak terbatas. Anda juga dapat memilih konfigurasi sendiri dan menginstal semua software Anda sendiri. Anda juga dapat menikmati keamanan dan privasi maksimal dengan banyak jaringan keamanan.

Nah.. beberapa istilah di atas bisa jadi pertimbangan ketika Anda memilih web hosting untuk kebutuhan website bisnis Anda… Bali web design dalam mengembangkan website untuk klien kami menggunakan cloud hosting untuk memastikan server bekerja secara optimal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.