Cara Membuat Iklan Di Instagram

Cara membuat iklan di instagram – Tingginya minat para pengiklan dalam mempromosikan produknya melalui Instagram membuat jejaring sosial yang telah diakuisisi oleh Facebook tersebut kini menghadirkan fitur iklan. Melalui fitur ini, para pengiklan dapat mempromosikan produknya baik berupa barang dan jasa yang ditampilkan di feeds pengguna.

Nah, jika Anda tertarik untuk mempromosikan produk atau kampanye via fitur iklan Instagram ini, berikut adalah beberapa langkah-langkah yang bisa Anda ikuti supaya produk atau kampanye Anda bisa dimuat di fitur iklan Instagram.

Bagaimana cara membuat iklan di instagram?

Sebelum bisa mengiklankan produk via Instagram, Anda wajib memiliki akun di Facebook Business Manager terlebih dahulu. Jika Anda telah memiliki akun, maka Anda perlu menghubungkan profil Instagram Anda ke akun Facebook Business Manager dengan cara pilih menu Business Settings kemudian pilih menu Instagram Account.

cara membuat iklan di instagram

cara membuat iklan di instagram Step by Step. Mari kita simak

Kelengkapan yang harus disiapkan untuk cara membuat iklan di instagram:

  1. Business Manager (BM) Account. Jika belum ada, silakan membuat di http://business.facebook.com
  2. Ads Manager di dalam BM. Setelah membuat BM/claim dari ads manager facebook profile biasa, silakan membuat Ads Manager di dalamnya dan kemudian pelajari tentang Power Editor (PE), karena operasi iklannya hanya bisa sementara ini dibuat menggunakan PE.
  3. Instagram Account (IG). Akun instagram Brand kamu yang akan diiklankan.

Langkah:

1. (A) Buka BM yang sudah kamu buat

Tambahkan akun IG account ke dalam BM melalui menu Instagram Accounts. (B) Setelah ditambahkan, jangan lupa assign-kan (limpahkan wewenang) IG Account itu ke Ad Account sudah kamu buat/claim di BM.

(A)

(B)

2. Buka PE

Di dalam Ad Account yang sudah diberi wewenang untuk mengiklankan IG tadi, di menu Ad Account, pilih Ad Account-nya, dan pilih “view ad account in power editor”.

3. Buka PE-nya, dan Anda siap beriklan dengan IG Ads.

Perlu diketahui, Objective (jenis iklan facebook) yang bisa digunakan untuk membuat IG Ads ini sementara ada 3 jenis; Click to Website (CTW), App Install, dan Video Views. Tak usah risau, walau jenis iklan semisal CTW, namun nanti akan kelihatan persis seperti photo, jadi memungkinkan interaksi yang tak kalah beda dengan photo yang biasa kamu upload di IG brand kamu, tambahannya dengan CTW, ada opsi Call To Action (CTA) semisal tombol; shop now, sign up dll, yang akan lebih menarik appearance iklan kamu.

(A) Mulailah dengan membuat Campaign, lalu Ad Set dan Ads. Tiga tingkatan berurut kebawah di bawah merupakan Campaign, Ads Set dan Ads. (B) Kamu bisa menargetkan penempatan iklan di Newsfeed IG dipilihan Ad set, artinya klik di bagian Ad Set dan edit. (C) Di bagian Ads, Edit dan pilihlah IG Account yang sebelumnya ditambahkan ke dalam BM di atas. Pilih juga salah satu fanpage yang kamu punya, serta lengkapi link dan gambar untuk bahan iklan kamu.

(A)

(B)

(C)

4. Catatan dan Perhatian:

a. Karena ini merupakan platform iklan facebook, maka IG Ads juga memenuhi peraturan iklan facebook, diantaranya luas porsi teks di dalam gambar tidak boleh lebih dari 20% total area gambar.

b. Sediakan gambar yang bukan merupakan hasil gabungan gambar beberapa product (bagi online shop), karena ini tidak memenuhi kriteria IG Ads, dan akan berakibat iklan not approved.

c. Setelah selesai dan upload di Power Editor, kamu juga dapat mengubahnya di Ad Account, di Ads Manager yang ada di BM.

d. Reach dan/Alogaritma antara IG dan FB berbeda, manfaatkanlah iG sebaik-baiknya mumpung alogaritmanya tidak se-crowded alogaritma EdgeRank di Newsfeed Facebook.

e. Anda akan menghemat budget karena tidak lagi terus bergantung kepada paid promote akun besar.

Bisa Juga Menghubungi Kami Bali Web Design Semoga bermanfaat, share ke marketer lain dan semoga menginspirasi.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.