Creator Studio adalah dasbor Facebook bagi merek dan pembuat konten untuk mengelola akun mereka. Tujuan utama Creator Studio adalah untuk memudahkan pengguna memposting konten dan menganalisis kinerja akun Instagram dan Facebook mereka.
Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa itu Creator Studio beserta cara menggunakannya, simak pembahasannya di bawah ini.
Apa itu Creator Studio?
Creator Studio adalah sebuah platform berbentuk dashboard yang bisa diakses social media marketers atau para content creators secara gratis untuk mengatur Facebook page dan akun Instagram mereka.
Fungsi utama platform ini adalah untuk menganalisis kinerja media sosial, serta manajemen akun dan jadwal posting. Creator Studio juga dapat digunakan untuk membantu akun memonetisasi konten mereka dan mengelola kolaborasi antara influencer dan merek.
Cara Mengakses Creator Studio
Creator Studio tersedia baik pada versi desktop maupun mobile.
Untuk mengakses Creator Studio dari PC Anda, yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi business.facebook.com/creatorsstudio dan masuk dengan akun Facebook Anda.
Sedangkan untuk versi mobile, Anda bisa mendownload Creator Studio melalui Google Play Store atau App Store.
Fitur Creator Studio untuk Facebook
Setelah Anda memiliki akses menuju Creator Studio, Anda akan menemukan beberapa elemen pada halaman beranda dashboard Anda.
Beberapa elemen tersebut antara lain:
- Post something: untuk membuat postingan.
- Recommendations: Masuk untuk meningkatkan halaman yang Anda kelola.
- Monetization: Estimasi pendapatan dari monetisasi konten Anda.
- Insights: Ringkasan kinerja akun yang Anda kelola selama 7 hari terakhir.
- Recent post: Tinjau postingan yang telah Anda bagikan dan jadwalkan dalam 7 hari terakhir.
- Post status. Ringkasan aktivitas pengeposan selama 28 hari terakhir.

Lewat navigasi menu di sebelah kiri layar, Anda dapat mengakses beberapa fitur Creator Studio berikut:
1. Create Post
Untuk mulai membuat konten Facebook lewat Creator Studio, gunakan tombol shortcut seperti pada gambar di bawah ini.

Dengan fitur ini Anda dapat membagikan beberapa jenis postingan berdasarkan opsi yang disediakan:
- Create post: untuk membuat postingan organik
- Create post test: melakukan eksperimen postingan organik
- Add story: membuat postingan Facebook Stories
- Upload video: membuat postingan dengan format video
- Multiple videos: mengupload lebih dari satu video sekaligus
- Go live: memulai Facebook Live
- Post video across Pages: membagikan postingan video pada beberap Facebook Page
2. Published
Tab Published merupakan koleksi dari seluruh postingan yang telah Anda bagikan di semua Facebook Page yang Anda kelola. Selain menemukan postingan sebelumnya, fitur ini memungkinkan Anda melihat performa dan performa setiap postingan Boost Post pada postingan tertentu.

3. Insights
Insights adalah fitur di mana Anda dapat melihat performa akun Facebook Anda secara realtime. Dengan fitur ini, Anda dapat menentukan jenis data kinerja yang ingin Anda lihat menggunakan beberapa filter seperti tanggal, metrik, tingkat data, tingkat konten, dan lainnya.

4. Monetization
Pada tab ini, Anda dapat mengatur strategi monetisasi konten Anda, dan memantau pendapatan yang dihasilkan dari monetisasi tersebut.
Fitur Creator Studio untuk Instagram
Meskipun Creator Studio dapat digunakan untuk mengelola baik akun Facebook maupun Instagram, namun fitur yang digunakan untuk kedua platform memiliki perbedaan.
Untuk mengakses Instagram Creator Studio, klik ikon Instagram di bagian atas layar Dasbor.

Berikut fitur-fitur dari Creator Studio untuk Instagram:
1. Create Post
Pada Creator Studio, Anda hanya bisa membuat 2 format postingan Instagram, yaitu:
Sayangnya saat ini Creator Studio belum dapat digunakan untuk membuat postingan Instagram Stories maupun Instagram Reels.

2. Content Library
Kegunaan fitur Content Library untuk Instagram kurang lebih sama dengan yang berada pada Creator Studio Facebook, namun dengan navigasi yang lebih sederhana.

3. Calendar
Seperti namanya, fitur ini berguna sebagai kalender untuk melihat jadwal postingan pada akun Instagram Anda.

4. Insights
Insights pada Creator Studio kurang lebih serupa dengan fitur Insights Instagram yang ada di aplikasi Instagram. Insights Instagram dibagi menjadi dua kategori yaitu:
- Activity: menampilkan interaksi dan data jangkauan postingan (impression dan reach).
- Audience: Tampilkan data demografi dari pengikut Anda, termasuk jenis kelamin, usia, waktu online, dan dari mana mereka berasal.

5. Monetization
Tab Monetization pada Creator Studio Instagram hanya menyediakan Brand Collabs Manager yang bisa digunakan untuk mengelola kampanye kolaborasi dengan brand.

Konklusi
Creator Studio merupakan tool yang sangat bermanfaat untuk digunakan dalam mengoptimasi maupun monetisasi konten Facebook dan Instagram Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi merek dan pembuat konten untuk memiliki keahlian tentang cara menggunakan studio kreasi.
Namun, jika Anda masih membutuhkan bantuan untuk mengelola akun Facebook atau Instagram merek Anda atau bisnis Anda, Meson siap membantu jasa social media marketing kami.
Meson adalah digital marketing agency di Jakarta dengan pengalaman luas dalam menangani strategi pemasaran Facebook dan Instagram untuk bisnis di berbagai industri.