Auto Reply WhatsApp

Cara Kreatif Auto Reply WhatsApp: Inovasi dalam Komunikasi

Bagaimana kita dapat secara kreatif memanfaatkan fitur Auto Reply di WhatsApp untuk meningkatkan efisiensi interaksi dan komunikasi bisnis? Pertanyaan ini muncul di tengah era digital di mana daya tanggap dan kreativitas menjadi kunci untuk menjaga keterlibatan pelanggan.

Fitur Balasan Otomatis WhatsApp menghadirkan peluang tanpa batas untuk merancang pengalaman pengguna yang interaktif dan efisien. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi cara-cara kreatif menggunakan Balasan Otomatis di WhatsApp, tidak hanya sebagai alat otomatis, namun juga sebagai elemen strategis yang dapat meningkatkan citra merek dan memberikan layanan yang lebih personal kepada pelanggan.

Sebagai penyedia jasa pembuatan website di bali yang berpengalaman, kami memahami bahwa kreativitas dalam memanfaatkan teknologi dapat membuka pintu peluang baru.

Melalui artikel ini, kami akan memberikan panduan praktis tentang cara menggunakan Auto Reply di WhatsApp secara kreatif, menggabungkan fungsionalitas teknis dengan inovasi dalam komunikasi bisnis.

Dengan layanan pembuatan website kami, kami dapat membantu Anda mengintegrasikan solusi Balasan Otomatis yang disesuaikan dengan kebutuhan merek dan bisnis Anda, menciptakan pengalaman pengguna yang menarik dan memberikan keunggulan kompetitif yang lebih tinggi di pasar yang semakin kompetitif.

Jenis Cara Kreatif Auto Reply WhatsApp

Ada banyak pesan yang bisa dikirim melalui auto reply, antara lain:

1. Pesan ucapan

Jangan sampai pelanggan Anda harus menunggu hanya untuk mendapat sambutan pembuka. Memberikan salam otomatis melalui fitur auto reply.

2. Pesan tandang

Pelanggan menghubungi perusahaan di luar jam operasional? Siapa Takut. Fitur balasan otomatis siap memberikan balasan pesan pergi otomatis untuk mereka.

3. Menjawab keluhan atau pertanyaan pelanggan

Sistem auto reply juga dapat dihubungkan dengan sistem lain, misalnya dengan halaman FAQ di website. Dengan cara ini, ketika pelanggan bertanya tentang produk dan layanan, mereka dapat secara otomatis diarahkan ke bagian FAQ di situs web.

4. Tanyakan tingkat kepuasan pelanggan

Cari tahu tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan yang ada dengan mengirimkan pesan otomatis mengenai hal tersebut. Kritik dan saran dari pelanggan tentunya akan berguna untuk membangun bisnis Anda kedepannya.

5. Pesan promosi

Fitur balasan otomatis ini juga dapat digunakan untuk mengirimkan pesan pemasaran. Misalnya, sebelum pelanggan menutup percakapan, Anda dapat mengirimkan pesan yang mengundang mereka untuk membuka katalog produk baru.

Namun penyusunan materi pemasaran menggunakan fitur ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Berikut cara kreatif memanfaatkan auto reply di WhatsApp untuk pemasaran bisnis.

Cara Kreatif Menggunakan Balasan Otomatis di WhatsApp untuk Pemasaran Bisnis

1. Sertakan tautan katalog

Seperti disebutkan di atas, Anda dapat menyertakan link katalog produk untuk dikirim secara otomatis ke pelanggan yang mengakhiri percakapan atau saat mereka mengirim pesan di luar jam kerja.

Tujuannya agar pelanggan tetap mengecek katalog padahal sebenarnya dia tidak membutuhkan barang atau jasa yang ada di katalog tersebut.

2. Sertakan nama media sosial

Tak hanya link katalog, Anda juga bisa mencantumkan nama media sosial Anda di fitur balasan otomatis. Misalnya dengan kata-kata seperti “Terima kasih telah menghubungi Blue Bird Shop. Silakan ikuti Instagram kami di @BlueBirdCake untuk informasi promosi dan menu terbaru.”

3. Atur balasan otomatis dengan kata-kata yang sesuai

Dalam menyusun materi pemasaran, kata-kata merupakan komponen penting. Pastikan kata-kata pada fitur auto reply disesuaikan dengan bahasa “khas” perusahaan. Selain itu, pastikan kata-kata tersebut dapat memicu indra pelanggan untuk melakukan pembelian berulang. Pemilihan kata-kata yang baik dapat membuat pelanggan merasa dihargai dan membeli kembali produk dan jasa Anda.

4. Rancang jawaban khusus untuk pelanggan tertentu

Fitur auto reply juga bisa diatur sedemikian rupa, sehingga tidak semua pelanggan bisa mendapatkan pesan yang sama. Anda dapat menggunakannya untuk mengirim pesan khusus melalui fitur ini.

Misalnya perusahaan Anda sedang mengadakan promosi dan menyebarkannya melalui pesan siaran yang berisi kode promo. Beberapa pelanggan membalas pesan tersebut dengan memasukkan kode promosi yang dimaksud.
Nah, setelah itu, Anda bisa menggunakan auto reply untuk mengirimkan pesan berisi jawaban khusus kepada pelanggan tersebut secara otomatis.

Cara Membuat Balasan Otomatis di WhatsApp Business

Di WhatsApp Business, Anda dapat mengatur balasan otomatis untuk 3 tujuan yaitu salam, balasan di luar jam kerja, dan balasan cepat. Cara membuatnya adalah:

  1. Klik ikon tiga titik di kanan atas.
  2. Pilih menu pengaturan.
  3. Pilih opsi fitur bisnis.
  4. Pilih opsi fitur perpesanan, lalu mulai mengedit pesan.

Gunakan cara-cara kreatif dalam memanfaatkan fitur auto reply untuk pemasaran di atas, agar pelanggan bisa lebih tertarik dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Manfaat Menggunakan Pesan Balasan Otomatis

Ada beberapa keuntungan menggunakan fitur balasan otomatis untuk bisnis, antara lain:

  • Pertama, pelanggan tidak perlu menunggu balasan dari tim admin untuk melakukan komplain atau bertanya mengenai produk tertentu, sehingga tingkat kepuasannya akan meningkat.
  • Kedua, otomatis beban kerja tim admin akan berkurang karena beberapa pesan dari pelanggan akan dijawab oleh sistem.
  • Ketiga, sistem balas otomatis di WhatsApp memungkinkan Anda lebih menghemat waktu karena tidak perlu mengetik pesan satu per satu.
  • Keempat, pesan akan tetap terkirim meskipun Anda offline.

Cara Membuat Balasan Otomatis di WhatsApp Business API

WhatsApp Business API atau WABA merupakan versi WhatsApp Business yang lebih kompleks dan ditujukan bagi perusahaan yang memiliki intensitas komunikasi tinggi dengan pelanggan. Misalnya saja dalam satu jam saja perusahaan harus melayani ribuan pelanggan.

Oleh karena itu, fitur auto reply di WhatsApp jenis ini juga lebih kompleks. Dengan menggunakan WhatsApp Business API, perusahaan Anda akan dilengkapi dengan chatbot sebagai alat auto reply.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan fitur auto reply di WhatsApp Business API? Pertama, Anda harus mendaftar ke WhatsApp Business Solution Partner (BSP) resmi di Indonesia yaitu ShopKey untuk membuat akun WhatsApp jenis ini terlebih dahulu. Setelah proses pembuatan akun selesai, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Pilih opsi setelan di sebelah kiri layar.
  2. Klik menu obrolan.
  3. Aktifkan balasan otomatis dan tulis balasan otomatis Anda.

Harap diperhatikan bahwa layar dasbor WhatsApp Business API mungkin berbeda antara supervisor dan staf. Sebab, supervisor berhak melakukan pengaturan pesan dan memantau jalannya komunikasi antara pelanggan dengan agen atau staf.

Selain menjadi partner sah WhatsApp, keuntungan menggunakan WhatsApp Business API dari ShopKey adalah Anda dapat mengakses fitur Hotkeys untuk mendukung pesan otomatis.

Dengan fitur ini, agen atau tim admin perusahaan Anda dapat mengirimkan perkiraan biaya pengiriman kepada pelanggan. Nantinya, Anda juga akan mendapatkan webstore yang dirancang khusus untuk menjadi katalog online Anda.

Keunggulan Fitur Balasan Otomatis di WhatsApp Business API

Dibandingkan WhatsApp Business biasa, kelebihan fitur auto reply di WABA adalah sebagai berikut:

1. Dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian mandiri

Tidak hanya pesan ucapan dan balasan cepat, chatbot di WhatsApp Business API juga dapat dirancang untuk mendorong pelanggan membeli produk secara mandiri.

2. Dilengkapi dengan sistem alokasi agen otomatis

Jika pelanggan ingin berkomunikasi langsung dengan tim CS atau agen, maka sistem chatbot di WABA akan langsung mengalokasikan pesan dari pelanggan secara otomatis ke tim admin atau agen dengan antrian terkecil.

3. Mendukung pesan siaran

Salah satu kelebihan WhatsApp Business API dibandingkan WhatsApp Business biasa adalah Anda dapat mengirim pesan ke pelanggan dalam jumlah banyak tanpa khawatir diblokir.

Sebaliknya, dengan fitur auto reply WhatsApp Business API, Anda dapat mengirimkan pesan balasan otomatis kepada pelanggan setelah mereka membalas pesan siaran. Sangat menarik bukan? Jadi tunggu apa lagi, ayo tingkatkan keuntungan bisnismu dengan ShopKey sekarang!

Kesimpulan : Cara Kreatif Auto Reply WhatsApp

Mengakhiri perbincangan ini, kami ingin menekankan bahwa kreativitas dalam penggunaan fitur Auto Reply di WhatsApp bukan sekedar efisiensi, namun juga merupakan investasi strategis dalam membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan.

Sebagai penyedia jasa pembuatan website berpengalaman di Bali, kami memahami bahwa setiap bisnis memiliki karakteristik unik dan kebutuhan yang berbeda-beda. Melalui layanan pembuatan situs web, kami tidak hanya menawarkan solusi teknis, tetapi juga kemitraan dalam merancang pengalaman pengguna yang unik.
Hubungi kami sekarang untuk berdiskusi bagaimana kami dapat membantu Anda menerapkan Auto Reply di WhatsApp secara kreatif dan efektif.

Dengan dukungan tim ahli kami, Anda dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, membangun citra merek yang kuat, dan mendapatkan keunggulan kompetitif. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengoptimalkan komunikasi bisnis Anda.

Bersama kami, ciptakan layanan website yang tidak hanya fungsional tetapi juga menciptakan pengalaman pelanggan yang tak terlupakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *