Cara Iklan Google Adwords Dengan Menentukan Target Lokasi!

Pernahkah Anda bertanya tentang bagaimana Cara Menggunakan Google Adwords dengan menentukan target lokasi iklan, dan yang demikian ini adalah salah satu cara meningkatkan peringkat iklan Adwords Anda agar lebih efektif?

Dalam sebuah artikel yang membahas tentang ad extension, banyak dijelaskan tentang bagaimana cara meningkatkan peringkat iklan google Adwords agar lebih efektif dengan menggunakan fasilitas ad extention yang tersedia dalam sistem periklanan Google Adwords. pada artikel berikut kita akan belajar tentang salah satu ad extension, yaitu tentang menentukan target lokasi iklan.

cara menggunakan google adwords

Cara Menggunakan Google Adwords membutuhkan target lokasi yang jelas!

Benarkah Anda ingin menguasai pasar seluruh dunia? Benarkah calon pembeli produk atau layanan Anda berasal dari semua negara di dunia?

Lakukan riset tentang target pasar Anda. Misalkan Anda memiliki Toko Online yang hanya menyediakan layanan pengiriman dari dalam negeri saja, maka akan mubazir ketika Anda menampilkan iklan Anda di seluruh dunia. Toh, pembeli dari luar negeri tidak bisa Anda layani!

Dari hal tersebut diatas, Anda dapat menentukan target lokasi pasar Anda. Pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

Orang mana saja yang tertarik dan membutuhkan barang/layanan Anda
Daerah mana saja yang bisa Anda layani (terkait dengan prosedur pengiriman, daya tahan barang, dll
Orang dengan bahasa apa yang menjadi target pemasaran Anda

Menentukan bahasa yang digunakan target pengguna juga sangat penting, terutama bagi Anda pemilik usaha tertentu. Misalnya saja Anda adalah pengusaha bidang penerbitan buku berbahasa Indonesia, maka lebih tepat jika Anda menentukan bahwa target pasar Anda adalah orang-orang yag berbahasa Indonesia atau Melayu (Malaysia) saja. Karena orang yang tidak mengerti bahasa Indonesia tidak akan tertarik membeli buku terbit perusahaan Anda.

Setelah mempertimbangkan ketiga hal di atas, kita bisa mulai fokus untuk menggunakan target lokasi iklan Google Adwords.
Pada bagian pilihan Locations di atas, Anda bisa memasukkan daftar negara atau bahkan kota yang merupakan tempat para konsumen Anda tinggal. Contoh: misalnya Anda memiliki usaha pembuatan kerajinan yang bisa melayani konsumen seluruh Indonesia, Anda pilih country: Indonesia. Jika Anda memiliki café di Yogyakarta, Anda bisa pilih city: Yogyakarta.

Pilihan bahasa bisa Anda sesuaikan. Jika produk Anda banyak diminati pelanggan dari Australia, Anda bisa memilih bahasa Inggris. Namun jika target pelanggan Anda adalah orang Indonesia saja, pilih Bahasa Indonesia sebagai pilihan Anda.

Ada tiga pilihan Targeting Method:

1. Target menggunakan fisik maksud lokasi atau Cari

Pilihan yang pertama ini adalah yang paling direkomendasikan. Dengan memilih pilihan ini, maka iklan Anda muncul di area lokasi target pasar Anda berada secara fisik dan melalui kata kunci pencarian yang mereka masukkan.

Misalnya Anda memiliki usaha toko online menjual bakpia di Yogyakarta, Anda bisa memilih kota Yogyakarta sebagai target lokasi. Dengan memilih pilihan ini, iklan Anda bisa muncul pada pengguna internet di wilayah Yogyakarta dan pada para pengguna yang memasukkan kata Yogyakarta pada kolom pencarian di Google.

2. Target menggunakan lokasi fisik: perangkat berbasis lokasi sinyal

Dengan pilihan ini, iklan Anda hanya akan muncul pada calon pelanggan yang berada di lokasi yang telah Anda tentukan. Misalnya Anda memiliki usaha rental mobil di Jakarta, dan memilih pilihan ini, maka iklan Anda hanya akan muncul pada para calon pelanggan yang menggunakan internet dari wilayah Jakarta saja.

3. Target menggunakan Cari maksud: lokasi istilah dalam kueri pengguna

Pilihan ini, iklan Anda hanya akan muncul pada calon pelanggan yang menggunakan kata kunci lokasi pada pencarian. Contohnya, Anda memiliki hotel di kota Surabaya, dan Anda memilih menggunakan penargetan lokasi Location Terms in User Queries, maka iklan Anda hanya akan muncul pada para calon pelanggan yang memasukkan kata Surabaya dalam mesin pencari (browser).

Dengan penggunaan penargetan lokasi pada iklan Google Adwords, Anda iklan Anda bisa mencapai target pasar yang lebih spesifik dan sesuai dengan produk/layanan Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat biaya iklan Anda menjadi lebih efisien.

Demikian pembahasan tentang cara menggunakan google adwords untuk iklan Adwords Anda. Jika masih bingung dan tidak mau repot melakukan semua di atas, Anda bisa menggunakan Jasa Adwords untuk mempromosikan produk atau jasa Anda. Kami akan dengan senang hati membantu. Jika Anda masih bingung dan memerlukan penjelasan lebih lengkap, silahkan hubungi kami di Telp. 0361-4716060 atau WA: 081556651000!

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.