Acara Perusahaan Ingin Sukses? Lakukan 5 Hal Ini!

Jika Anda ingin memperkenalkan bisnis baru Anda, Anda perlu menyelenggarakan acara jaringan atau sekadar mengucapkan terima kasih kepada pelanggan yang sudah ada, pesta atau acara perusahaan adalah kesempatan sempurna untuk memamerkan bisnis Anda dan membangun merek Anda. Apa pun tujuannya, pasti Anda ingin acara tersebut diingat dibicarakan karena sukses dan tak terlupakan. Berikut ini adalah lima hal terbaik untuk menjalankan acara perusahaan yang sukses.

1. Targetkan Acara Anda

acara perusahaan target

Sebelum Anda menggelar acara, Anda harus memiliki target audiens yang jelas. Setelah Anda menentukan audiens Anda, kemudian Anda bisa membuat keputusan yang terbaik tentang acara tema, format, dan lokasinya. Menentukan target audiens akan membantu Anda fokus pada tujuan spesifik yang harus dicapai acara tersebut. Materi pemasaran dalam bentuk cetak, seperti selebaran, spanduk, dan x banner juga harus dirancang dengan sesuai agar konsisten dengan tema acara dan agar mampu menarik target audiens Anda.

2. Undang Tamu Anda di Waktu yang Tepat

acara perusahaan undang tamu

Semua orang selalu mempuyai kesibuknya dengan aktivitas masing-masing, jadi jangan berharap mereka datang ke acara hanya dengan pemberitahuan beberapa hari sebelumnya. Apakah undangan Anda dikirim melalui pos, email atau pada jenis materi cetak lainnya, pastikan juga Anda memberi waktu kepada tamu untuk merencanakan kehadirannya.

3. Perencanaan Terbaik adalah Awal Kesuksesan

acara perusahaan perencanaan matang

Pastikan setiap detail acara perusahaan terencana dengan baik dan pastikan Anda siap untuk setiap kemungkinan. Buat lah sebuah daftar yang berhubungan dengan acara tersebut. Konten acara, pencahayaan, makanan, minuman, bahkan parkir mobil perlu dipertimbangkan. Buatlah daftar apa saja yang harus dikerjakan, sehingga Anda tidak memiliki hal yang buruk pada hari acara. Anda juga perlu membuat rencana tindakan dan rencana cadangan jika ada kendala di hari acara. Tentukan tujuan Anda, kehadiran dan target penjualan. Mengatur untuk  liputan media pada waktu yang tepat. Pertimbangkan juga manajemen risiko sehingga Anda siap untuk bertindak jika ada yang salah.

4. Tentukan Anggaran Anda

acara perusahaan anggaran

Anda juga harus merancang anggaran biaya yang jelas seperti menyewa tempat, katering dan biaya pembicara. Anda juga harus menyiapkan biaya tambahan dan lain-lain yang berhubungan dengan acara Anda. Materi promosi dan iklan pra-acara, poster dan selebaran pada hari-hari promosi juga perlu dimasukkan pada saat menyusun anggaran Anda.

5. Pikirkan tentang Promosi dan Pemasaran Anda

acara perusahaan pemasaran

Jika Anda mengiingin acara perusahaan sukses, maka acara yang Anda buat perlu dihadiri oleh orang yang tepat, jadi pastikan pemasaran Anda bisa menjangkau mereka. Kampanye pemasaran online akan bekerja sangat efektif bila digunakan bersama dengan materi cetak Anda. Jika Anda menggunakan halaman web dan media sosial Anda dalam persiapan acara Anda, pastikan juga konten online tersebut memiliki pesan yang sama dengan undangan Anda, kartu pos dan iklan cetak. Tentu saja, pastikan juga Anda memiliki materi promosi yang cukup pada hari itu dan bahwa segala sesuatu di acara Anda bermerek, konsisten, profesional, dan memiliki pesan yang baik. Karena ini adalah acara Anda, jadi buatlah kehadiran perusahaan Anda terasa spesial dengan stan acara yang dirancang dengan baik dan spanduk yang membuat merek Anda diperhatikan. Pastikan Anda tidak pernah kehabisan kartu nama!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.