8 Manfaat Penjualan Berbasis Online di Masa Kini

Siapa sangka masa pandemi Covid-19 membawa berkat bagi bisnis online? Ya, pebisnis tidak lagi meragukan manfaat penjualan berbasis online yang begitu masif. Perusahaan besar pun bahkan mengalami peningkatan revenue karena membuka ‘cabang online’ bagi konsumennya.

Apa itu Penjualan Berbasis Online?

apa itu penjualan berbasis online

Penjualan berbasis online tidak terbatas pada transaksi jual-beli. Di mata pelaku bisnis, penjualan online mencakup berbagai aktivitas bisnis lebih luas, termasuk pemasaran, promosi, penambahan stok barang, dan melayani pelanggan. Semua kegiatan tersebut dilakukan melalui internet.

Berbagai platform dapat dimanfaatkan untuk melakukan penjualan online, yakni media sosial, website, iklan digital, sampai situs jual-beli (e-commerce). Namun, platform paling sering digunakan adalah media sosial. Bisnis kini bisa membangun toko online di profil media sosial mereka. Jadi, media sosial saat ini tidak sekadar tempat beriklan atau promosi, tetapi juga memajang katalog online layaknya website e-commerce.

Baca Juga: Apa Manfaat Pemasaran Online Bagi Bisnis?

Peluang Berjualan Online pada Era Sekarang

Anda pasti sudah membayangkan peluang besar dari berjualan secara online, terutama pada masa kini. Pertanyaannya, seberapa besar peluang tersebut sehingga mampu meraih omzet besar?

Peluang bisnis online makin besar seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Apalagi masyarakat Indonesia makin banyak yang menggunakan gadget saat ini. Penggunaan gadget tersebut tidak terbatas pada sarana komunikasi dan hiburan. Mereka juga memenuhi kebutuhan atau keinginan dengan cara berbelanja secara online lewat berbagai platform.

Transaksi jual-beli secara online menawarkan banyak kemudahan dari sisi pelanggan. Tidak heran mereka lebih memilih berbelanja online karena beberapa alasan, terutama masalah kesibukan atau memang ingin praktis saat berbelanja. Kemudahan tersebut justru meningkatkan peluang keberhasilan bisnis online pada masa kini.

8 Manfaat Penjualan Berbasis Online

manfaat penjualan online

Peluang penjualan berbasis online yang besar tentunya membawa manfaat signifikan. Ya, bisnis akan merasakan lebih banyak keuntungan yang tidak bisa ditemukan dalam metode penjualan konvensional. Apa saja manfaat yang dirasakan dari metode penjualan mutakhir ini?

1. Proses Lebih Cepat

Tidak hanya konsumen, bisnis pun turut merasakan manfaat ini. Mereka bisa melayani pesanan pelanggan lebih mudah dan cepat hanya dengan melihat data pesanan yang masuk. Pesanan yang masuk ke daftar langsung diproses untuk pengemasan dan pengiriman hingga sampai ke tangan pelanggan.

2. Tampilan Produk Lebih Detail

Kepercayaan konsumen bertambah apabila informasi produknya disajikan lebih komplet. Anda dapat mencantumkan berbagai informasi produk terdiri dari gambar, variasi ukuran, warna, deskripsi, dan sebagainya. Pelanggan pun bisa melihat informasi tersebut kapan saja meski jam operasional bisnis Anda sudah berakhir.

3. Efisiensi Biaya

Sebagai pemain baru di dunia bisnis, Anda tidak perlu menyewa toko atau gudang jika ingin berjualan secara online. Biaya pembuatan website sendiri lebih murah daripada membangun toko fisik. Anda pun bisa memanfaatkan berbagai platform gratis seperti e-commerce atau media sosial untuk berjualan.

4. Biaya Iklan Lebih Terjangkau

Iklan digital di berbagai platform tergolong lebih terjangkau daripada metode pemasaran tradisional. Anda bisa menyesuaikan biaya iklan sesuai budget yang telah ditetapkan. Belum lagi, iklan Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens sehingga pembeliannya lebih banyak.

Jasa SEO

5. Konsumen Lebih Fleksibel saat Berbelanja

Pebisnis mana yang tidak bahagia ketika melihat konsumen yang puas? Fleksibilitas selama berbelanja pun menjadi salah satu alasan kepuasan mereka. Konsumen bisa membeli produk Anda tanpa mengenal batas ruang dan waktu, apalagi produk tersebut bersifat mendesak dan harus segera dipenuhi.

6. Tidak Mengenal Batas Negara

Produk Anda makin dikenal luas berkat adanya penjualan online. Siapa sangka, Anda bisa mendapatkan konsumen lintas negara yang tertarik dengan produk atau bisnis. Anda pun bisa membangun brand awareness di daerah atau negara lain hanya karena penjualan online.

Baca Juga: Seluk Beluk Brand Awareness yang Wajib Anda Ketahui

7. Muncul Hubungan Dua Arah

Kesempatan membangun hubungan dua arah bersama konsumen hanya ditemukan di penjualan berbasis online. Jangan sia-siakan kesempatan ini karena Anda akan lebih mudah menawarkan produk atau mengajak mereka untuk kembali berbelanja. Selain itu, Anda mendapatkan testimoni yang berguna bagi pengembangan bisnis.

8. Banyak Pilihan Pembayaran

Anda bisa memilih dan mengatur metode pembayaran sesuai rekening atau akun yang dimiliki. Manfaat ini makin terasa apabila Anda menggunakan situs e-commerce yang menyediakan metode pembayaran Cash on Delivery (COD). Konsumen makin puas lantaran bisa langsung membayar dan mendapatkan produk impian mereka.

5 Tips Berjualan Berbasis Online Agar Sukses

tips berjualan online

Setelah mengetahui manfaatnya, Anda pasti ingin terjun dan mulai berjualan secara online, bukan? Pertanyaannya, apa saja yang harus dilakukan agar bisnis online Anda makin sukses? Simak tips dari Bali Web Design di bawah ini.

1. Bangun Strategi Penjualan Online

Kesalahan terbesar bagi pebisnis pemula adalah tidak adanya strategi yang matang. Akhirnya, bisnis pun kolaps padahal belum lama berdiri. Karena itu, Anda harus membangun dan merencanakan strategi penjualan online sematang mungkin sebelum mengeksekusinya.

Baca juga: Barisan Strategi Jualan Online Saat Pandemi

2. Gunakan Platform yang Tepat

Setiap platform memiliki karakteristik, kelebihan, serta kekurangannya masing-masing. Anda harus menggunakan platform yang tepat dan pastinya mampu menjangkau target konsumen. Pastikan Anda juga memahami cara kerja platform tersebut supaya penggunaannya lebih maksimal.

3. Jangan Malu untuk Belajar

Dunia bisnis online selalu berkembang sehingga melahirkan berbagai peluang dan ancaman bagi bisnis. Anda harus setia membekali diri dengan ilmu mengenai bisnis, teknologi, pemasaran, dan sebagainya. Jika tidak, bisnis Anda akan ketinggalan bahkan tidak bisa menyaingi kompetitor.

4. Ambil Momen yang Tepat

Promosi berupa diskon, cashback, dan giveaway memang menarik di mata konsumen. Namun, Anda tidak harus mengadakan promosi tersebut setiap saat supaya tidak mengalami kerugian. Gunakan saja momen yang tepat untuk berpromosi, contohnya hari raya, tanggal kembar, hari menjelang gajian, dan sebagainya.

\Baca juga: 4 Komponen Bisnis Online yang Penting Saat Ini

5. Terapkan Berbagai Opsi Pembayaran

Poin ini berkaitan dengan manfaat yang disebutkan sebelumnya. Anda harus menyediakan pilihan opsi pembayaran supaya konsumen lebih bebas saat membayar produk Anda. Jika kondisi belum memungkinkan, Anda bisa menggunakan e-commerce yang mampu melayani berbagai pilihan pembayaran bagi penggunanya.

Anda akan merasakan manfaat penjualan berbasis online yang begitu besar apabila menerapkan tips di atas. Namun, tips yang tidak boleh dilewatkan adalah memanfaatkan Facebook ads. Masalahnya, bagaimana jika saya belum memahami tekniknya? Jangan khawatir, Bali Web Design menyediakan jasa Facebook ads untuk mempromosikan bisnis Anda. Diskusikan konsep iklan impian Anda dan biarkan tim kami yang mengeksekusinya. Hubungi Bali Web Design segera untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *